Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Tk Aisyiyah Xi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1225Keywords:
Peran Kepala Sekolah, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Data didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah dan dua guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu yaitu kepala sekolah: sebagai educator guru mengikuti pelatihan atau seminar offline maupun online yang dapat diakses di PMM sebagai manajer memberikan arahan kepada guru untuk merencanakan dan menyusun modul ajar, sebagai administrator dapat memberdayakan guru dengan memberikan tugas dan tanggung jawab, sebagai supervisor melakukan pertemuan dengan guru untuk mencari solusi apabila terjadi kendala dalam penerapan kurikulum merdeka.sebagai leader memberikan arahan untuk mengikuti pelatihan, sebagai innovator melakukan musyarawarah untuk mencari inovasi baru,sebagai motivator memberi motivasi guru untuk mengikuti pelatihan.
Downloads
References
Aida Vitayala S. Hubeis, 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. IPB Press, Bogor
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314
Barinto. (2012). Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik Dengan KinerjaGuru SMP Negeri Se-Kecamatan PercutSei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.9 No.2, 201-214.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar di Tengah Covid-19. In Junalposmedia.com. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/
Faturohman, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Serang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 111-118.
Harahap, Irma Yani. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Dolok Sigopulon. Sumatera Utara Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64.
Kantor, S. A., Agama, K., &Jember, K. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jieman.Iain-Jember.Ac.Id, 2(1). Https://Doi.Org/10.35719/Jieman.V2i1.14
Kemendikbudristek. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, 2022.
Lisminia. A. (2020). “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.”Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1(1):13–28.
Mardianah. (2021). Strategi Kepala sekolah dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar di MTS Negeri 2 Musi Banyuasin‖, Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media journal of Innovation in Teaching and Instructional Media. Vol. 2 No. 1.
Moloeng, Lexy, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6).
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. 1, 65–72.
Munif Chatib. (2022). Pendapat Munif Chatib Tentang Kurikulum Merdeka.
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Center ,1(1),135.142.https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Purwanti, Sri. (2013). Peran KepemimpinanKepala Sekolah Dalam EningkatkanDisiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.
Purwanti, Sri. (2013). Peran KepemimpinanKepala Sekolah Dalam EningkatkanDisiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.
Sabirin. (2012) . PerencanaanKepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 9, Nomor 1
Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas
Scott, John. (2011). Sosiologi : The Key Concept. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardiman, B. (2010). Study Pengembangan Kepala Sekolah. Rineka Cipta.
Sunarto. (2011). Pengaruh Gaya KepemimpinanKepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMPdi Wilayah Sub Rayon 04 Kabupaten: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.PT. Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyu, Dyah Arifah. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Darul Ulum 2 Unggulan Jombang CIS ID 113. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan Daring Pendekaan Reggio Emilia Melalui Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Konteks Merdeka Belajar Bagi Pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 25– 34.
Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135–152.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Andini Nur Oktami, Ranny Fitria Imran, Syisva Nurwita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).