Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Tk Aisyiyah Xi

Authors

  • Andini Nur Oktami Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia
  • Ranny Fitria Imran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia
  • Syisva Nurwita Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1225

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Data didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah dan dua guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu yaitu kepala sekolah: sebagai educator guru mengikuti pelatihan atau seminar offline maupun online yang dapat diakses di PMM sebagai manajer memberikan arahan kepada guru untuk merencanakan dan menyusun modul ajar, sebagai administrator dapat memberdayakan guru dengan memberikan tugas dan tanggung jawab, sebagai supervisor melakukan pertemuan dengan guru untuk mencari solusi apabila terjadi kendala dalam penerapan kurikulum merdeka.sebagai leader memberikan arahan untuk mengikuti pelatihan, sebagai innovator melakukan musyarawarah untuk mencari inovasi baru,sebagai motivator memberi motivasi guru untuk mengikuti pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida Vitayala S. Hubeis, 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. IPB Press, Bogor

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291

Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314

Barinto. (2012). Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik Dengan KinerjaGuru SMP Negeri Se-Kecamatan PercutSei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.9 No.2, 201-214.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar di Tengah Covid-19. In Junalposmedia.com. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/

Faturohman, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Serang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 111-118.

Harahap, Irma Yani. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Dolok Sigopulon. Sumatera Utara Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64.

Kantor, S. A., Agama, K., &Jember, K. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jieman.Iain-Jember.Ac.Id, 2(1). Https://Doi.Org/10.35719/Jieman.V2i1.14

Kemendikbudristek. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, 2022.

Lisminia. A. (2020). “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.”Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1(1):13–28.

Mardianah. (2021). Strategi Kepala sekolah dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar di MTS Negeri 2 Musi Banyuasin‖, Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media journal of Innovation in Teaching and Instructional Media. Vol. 2 No. 1.

Moloeng, Lexy, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6).

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. 1, 65–72.

Munif Chatib. (2022). Pendapat Munif Chatib Tentang Kurikulum Merdeka.

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Center ,1(1),135.142.https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.

Purwanti, Sri. (2013). Peran KepemimpinanKepala Sekolah Dalam EningkatkanDisiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.

Purwanti, Sri. (2013). Peran KepemimpinanKepala Sekolah Dalam EningkatkanDisiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.

Sabirin. (2012) . PerencanaanKepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 9, Nomor 1

Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas

Scott, John. (2011). Sosiologi : The Key Concept. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardiman, B. (2010). Study Pengembangan Kepala Sekolah. Rineka Cipta.

Sunarto. (2011). Pengaruh Gaya KepemimpinanKepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMPdi Wilayah Sub Rayon 04 Kabupaten: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.PT. Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyu, Dyah Arifah. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Darul Ulum 2 Unggulan Jombang CIS ID 113. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan Daring Pendekaan Reggio Emilia Melalui Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Konteks Merdeka Belajar Bagi Pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 25– 34.

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135–152.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Oktami, A. N., Imran, R. F., & Nurwita, S. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Tk Aisyiyah Xi. Journal of Education Research, 5(3), 2704–2713. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1225

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check