Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an

Authors

  • Regina Aprillya S Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Asdi Wirman Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122

Keywords:

Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an, Anak Usia Dini

Abstract

Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini ialah bagaimana menerapkan metode Talaqqi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Lubuk Sikaping. Tujuan penelitian ini mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Talaqqi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Lubuk Sikaping. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru yang membimbing hafalan Al-Qur’an anak dan yang menjadi informan penelitian adalah guru kepala sekolah. Penelitian ini ditemukan hasil bahwa penerapan metode Talaqqi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Lubuk Sikaping terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) persiapan pembelajaran, 2) langkah-langkah pembelajaran, 3) evaluasi. Adapun kesulitan guru dalam menerapkan metode Talaqqi yaitu anak yang bermain, anak sering tidak masuk sekolah, dan kesibukan orang tua. Lalu upaya sekolah dalam mencapai keberhasilan adalah salah satunya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Makhtum, Saied dan Yadi Iryadi. (2016). Karantina Hafal Al-Qur’an Sebulan. Ponorogo: Alam Pena.

Islamiah, Fajriyatul, Lara Fridani & Asep Supena. (2019). “Quran Memorizing Education Concept in Early Childhood”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 Issue 1 2019. Hlm. 28.

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pena, Vol. 3, No. 1, Juli 2013, Hal. 84.

Nakita, I. T., Dianti Y. S., & Fadila R.. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Pernik Jurnal PAUD, Vol. 5, No. 2 April 2022, Hal. 26.

Lubis, A. M & Syahrul Ismet. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Journal on Early Childhood, 2019, 2(2), Pages 8-14.

Qomariah, Nurul & Mohammad Irsyad. (2016). Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Sahlini, Dina & Ismaniar. (2020). Pelaksanaan Program Tahfiz pada Anak Usia Dini di Markaz Tahfiz Balita Air Dingin Kota Padang. Journal of Multidisciplinary Research and Development. Volume 3, Issue 1, 273.

Sinyo & Nuraini. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini ala Luqman Al-Hakim. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV: Alfabeta.

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susianti, Cucu. (2016). Efektifitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi: Vol.2 No.1 April.

Wirman, Asdi. (2017). Introducing Foreign Language in Early Childhood. International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press: Vol. 169, Hal. 117.

Yayan, Masagus Fauzan. (2015). Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an). Jakarta: Emir.

Yustin, Intan Maulida. (2021). Implementasi Metode Tasmi’, Talaqqi, dan Muraja’ah (TTM) Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari Jember. Skripsi. Jember: Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Zawawie, Mukhlisoh. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

S, R. A., & Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an . Journal of Education Research, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122

Issue

Section

Articles

Citation Check