Enhancing Teacher Professionalism through Character Education as an Effort to Combat Demoralization

Authors

  • Fransisca Dwi Harjanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Roely Ardiansyah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1211

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi peran pendidikan karakter di LPTK dalam menciptakan guru profesional sesuai dengan Undang-Undang Guru dan Dosen. Penelitian ini juga mengidentifikasi karakteristik guru profesional dan nilai-nilai yang dapat ditanamkan melalui pendidikan karakter di LPTK. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka komprehensif dari artikel ilmiah, makalah penelitian, laporan pemerintah, dan kebijakan pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan karakter di LPTK dapat membentuk karakter guru profesional dengan menanamkan sikap dan nilai yang sesuai dengan standar kompetensi. Nilai-nilai penting yang ditemukan termasuk keimanan, keterbukaan, kejujuran, semangat belajar sepanjang hayat, disiplin, dan tanggung jawab. Kesimpulannya, pendidikan karakter di LPTK efektif dalam menciptakan guru yang kompeten secara akademik dan berkarakter baik, mampu menularkan nilai-nilai positif kepada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhyka, B. (2023). Internalization of pancasila: an overview economic and political stability in an effort to strengthen national resilience. Jurnal Aktualisasi Pancasila, 1(1), 1-8.

Baan, J., Gaikhorst, L., & Volman, M. (2020). Stimulating teachers’ inquiring attitude in academic and professional teacher education programmes. European Journal of Teacher Education, 43(3), 352-367.

Danijela, M. (2018). The teacher’s role and professional development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education (IJCRSEE), 6(2), 33-45.

Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228-1237.

Ibeng, Parta. 2024. Pengertian Guru Profesional. https://pendidikan.co.id/pengertian-guru-profesional-kriterianya-menurut-para-ahli/

Indrawati, S. M., & Kuncoro, A. (2021). Improving competitiveness through vocational and higher education: Indonesia’s vision for human capital development in 2019–2024. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 57(1), 29-59.

Kasiya, Fadhila Kabsya. 2023. Sikap dan Profesional Etika Guru: Mewujudkan Pembelajaran yang Berkualitas dengan Kelembutan dan Keanekaragaman. https://takterlihat.com/sikap-dan-etika-profesional-guru/

Malik, R. S. (2018). Educational challenges in 21st century and sustainable development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9-20.

Mawardi, Rafi Aufa. 2022. Pendidikan Karakter: Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Nilainya. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6139560/pendidikan-karakter-pengertian-tujuan-unsur-dan-nilainya

Mustofa. 2007. Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/619/476

Niazov, A. (2018). Preparing for a global society: lessons from successful education systems across the world. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(1), 64-82.

Pinker, S. (2017). The moral instinct. In Understanding Moral Sentiments (pp. 59-80). Routledge.

Samani, Muklas. 2006. Menjadi Guru yang Profesional dalam Kaitannya dengan UUGD. Makalakah disampaikan dalam kuliah umum Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Suarno, D. T., & Suryono, Y. (2021). Equalization Access to Education as an Effort to Foster the Nationalism of Indonesian Migrant Workers' Children in Border Areas. European Journal of Educational Research, 10(4), 1825-1837.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: CV Laksana Mandiri.

Thabroni, Gamal. 2020. Pendidikan Karakter: Pengertian, Sistem, Tujuan, dan Strategi. https://serupa.id/pendidikan-karakter/

Westheimer, J. (2019). Civic education and the rise of populist nationalism. Peabody Journal of Education, 94(1), 4-16.

Yandri. 2022. Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/pendidikan-karakter-:-peranan-dalam-menciptakan-peserta-didik-yang-berkualitas

Junaedi, M., & Syukur, F. (2017). Moral education in Japanese schools a model for improving character education in Indonesia. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 2(1), 23-40.

Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180-188.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Harjanti, F. D., & Ardiansyah, R. (2024). Enhancing Teacher Professionalism through Character Education as an Effort to Combat Demoralization. Journal of Education Research, 5(2), 2292–2300. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1211

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)