Kajian Determinan Perfeksionisme Siswa Gifted di Kota Sorong

Authors

  • Evie Syalviana Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia
  • Dwi iin Kahinah Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1209

Keywords:

Determinan, Perfeksionisme, Remaja, Gifted

Abstract

Kompleksitas perfeksionisme pada siswa Gifted di SMA Kota Sorong, menunjukkan dinamika yang menarik antara motivasi atau dorongan untuk mencapai kesempurnaan dengan tantangan mengelola ekspektasi yang tinggi. Syarat seorang siswa dapat dinyatakan sebagai anak gifted adalah harus memiliki skor IQ > 130 skala Weschler atau skala TIKI (Tes Inteligensi Kolektif Indonesia) serta menunjukkan keunggulan pada tiga area perkembangan. Area perkembangan tersebut yaitu kemampuan umum, kreativitas dan komitmen terhadap tugas Sifat perfeksionisme ini merupakan ketidakseimbangan perkembangan yang secara umum dapat ditemui pada anak gifted dengan beragam factor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat factor determinan perfeksionisme pada siswa Gifted. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi berdasarkan Multidimensional Perfectionism Scale (MPS) dan wawancara. Skrining subjek penelitian dilakukan dengan melakukan tes inteligensi untuk mendapatkan siswa dengan kriteria gifted. Dari 50 siswa yang dites, terdapat 10 siswa yang memiliki IQ di atas 120. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor determinan perfeksionisme gifted pada siswa SMA di Kota Sorong di kelompokkan dalam tiga bagian, yaitu: perfeksionisme berorientasi dari diri sendiri, perfeksionisme terhadap orang lain, dan perfeksionisme yang berorientasi pada sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayadi, N., Pireinaladin, S., Shokri, M., Dargahi, S., & Zarein, F. (2021). Investigating the Mediating Role of Procrastination in the Relationship between Positive and Negative Perfectionism and Mobile Phone Addiction in Gifted Students. Iranian Journal of Psychiatry, 16(1), 30–55. https://doi.org/10.18502/ijps.v16i1.5375

Braun, V. & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2),77-101

Clark, B. (1988). Growing Up Gifted: Developing the Potential of Children at Home and at School (third edition). Ohio: Merill Publishing Company

Codd, M. (2001). Perfectionism and Gifted Adolescent: Recognizing and helping Gifted Adolescent Deal with their Perfectionism Tendencies. http://www.riage.org/perfectionism2.html. Diakses tanggal 10 November 2022

Creswell, J.W. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. USA: SAGE Publications

Margot, K. C., & Rinn, A. N. (2016). Perfectionism in Gifted Adolescents: A Replication and Extension. Journal of Advanced Academics, 27(3), 190–209. https://doi.org/10.1177/1932202X16656452

Mofield, E., Parker Peters, M., & Chakraborti-Ghosh, S. (2016). Perfectionism, Coping, and Underachievement in Gifted Adolescents: Avoidance vs. Approach Orientations. Education Sciences, 6(3). https://doi.org/10.3390/educsci6030021

Hawadi, R. (2002). Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non-tes dengan Pendekatan Konsep Keberbakatan Renzulli. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Lexy, J.M, (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja : Rosdakarya

Nugroho. (2005). Self Regulated Learning Anak Berbakat. http://www.ditplb.or.id. (online), diakses tanggal 2 Juli 2021

Olton-Weber, S., Hess, R., & Ritchotte, J. A. (2020). Reducing Levels of Perfectionism in Gifted and Talented Youth Through a Mindfulness Intervention. Gifted Child Quarterly, 64(4), 319–330. https://doi.org/10.1177/0016986220953392

Silverman, L. (1999). Perfectionism. Gifted Education International Vol. 13, pp 216-225 A B Academic Publishers

Stake, R.E. (1995). The Art of Case Study Research. New York: Sage Publications, Inc

Syam., R.A., Nurjan, S., Sumaryanti, L. (2021) Analysis of development of gifted student ini elementary school. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 08(1);2021;91-98

Zi, Fei. (2003). The Pattern of Perfectionism in Chinese Graduate Students and Their Relationship with Educational Environment, Personality Encouragement, and Creativity. Athens, Georia; University of Georgia, Philosophy

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Syalviana, E., & Kahinah, D. iin. (2024). Kajian Determinan Perfeksionisme Siswa Gifted di Kota Sorong. Journal of Education Research, 5(4), 6727–6733. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1209

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check