Analisis Penggunaan Media Kahoot dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1207Keywords:
IPAS, Media Kahoot, Sekolah DasarAbstract
IPAS adalah bidang studi yang meneliti tentang entitas hidup dan non-hidup serta interaksi mereka di alam semesta, termasuk bagaimana manusia berperan sebagai individu dan bagian dari masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. IPAS mengintegrasikan pengetahuan alam dan sosial dalam kerangka yang logis dan sistematis untuk menggugah rasa ingin tahu siswa tentang berbagai fenomena di sekitar mereka. Rasa ingin tahu ini mendorong siswa untuk mempelajari cara kerja alam semesta dan interaksinya dengan kehidupan manusia, dengan menggunakan platform edukatif seperti Kahoot. Studi ini dijalankan di Sekolah Dasar Negeri Pancawati II yang terletak di Jalan Raya Kosambi, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dan akan dilakukan pada Februari di semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam proses reduksi data, data disederhanakan dengan cara merangkum, menonjolkan yang esensial, memfokuskan pada aspek penting, dan mengeliminasi data yang tidak relevan. Hasilnya adalah data yang lebih ringkas yang memudahkan peneliti dalam mengumpulkan informasi yang diperlukan.
Downloads
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT Kahoot Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 6(2), 208–216.
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5501–7663.
Asyhar, R. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta.
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektivitas KAHOOT bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.
Christiani, N., Adrianto, H., & Anggraini, L. D. (n.d.). Modul Teknologi Pembelajaran: KAHOOT. CV Jejak.
Fadli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156.
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan.
Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
Pratama O. A, & Widodo H. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam, Kemuhamma.diyahan Dan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Khazanah Pendidikan.
Rahayu, S., Ningsih, T., & Kurniawan, H. (2022). Penguatan Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Society 5.0. International Conference on Islam, Law, and Society, 1(2020), 55–61.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Warsidah, Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Ashari, A. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233–246.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Neng Windi Prihatini, Sinta Maria Dewi, Yulistina Nur DS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).