Analisis Penggunaan Media Kahoot dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Neng Windi Prihatini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Sinta Maria Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Yulistina Nur DS Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1207

Keywords:

IPAS, Media Kahoot, Sekolah Dasar

Abstract

IPAS adalah bidang studi yang meneliti tentang entitas hidup dan non-hidup serta interaksi mereka di alam semesta, termasuk bagaimana manusia berperan sebagai individu dan bagian dari masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. IPAS mengintegrasikan pengetahuan alam dan sosial dalam kerangka yang logis dan sistematis untuk menggugah rasa ingin tahu siswa tentang berbagai fenomena di sekitar mereka. Rasa ingin tahu ini mendorong siswa untuk mempelajari cara kerja alam semesta dan interaksinya dengan kehidupan manusia, dengan menggunakan platform edukatif seperti Kahoot. Studi ini dijalankan di Sekolah Dasar Negeri Pancawati II yang terletak di Jalan Raya Kosambi, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dan akan dilakukan pada Februari di semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam proses reduksi data, data disederhanakan dengan cara merangkum, menonjolkan yang esensial, memfokuskan pada aspek penting, dan mengeliminasi data yang tidak relevan. Hasilnya adalah data yang lebih ringkas yang memudahkan peneliti dalam mengumpulkan informasi yang diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT Kahoot Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 6(2), 208–216.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5501–7663.

Asyhar, R. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektivitas KAHOOT bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.

Christiani, N., Adrianto, H., & Anggraini, L. D. (n.d.). Modul Teknologi Pembelajaran: KAHOOT. CV Jejak.

Fadli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Pratama O. A, & Widodo H. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam, Kemuhamma.diyahan Dan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Khazanah Pendidikan.

Rahayu, S., Ningsih, T., & Kurniawan, H. (2022). Penguatan Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Society 5.0. International Conference on Islam, Law, and Society, 1(2020), 55–61.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Warsidah, Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Ashari, A. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233–246.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Prihatini, N. W., Dewi, S. M., & DS, Y. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Kahoot dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 4429–4435. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1207

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check