Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Sumber di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1206Keywords:
Sumber Belajar, Peran Kepala Sekolah, SekolahAbstract
Sekolah menjadi wadah dalam mengkaji keilmuan bagi peserta didik. Tentunya proses pembelajaran disekolah harus didukung dengan berbagai sumber belajar yang memadai, sehingga peserta didik dapat memanfaatkannya sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam peran kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, evaluasi, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran kepala sekolah dalam mengelola sumber berlajar diantaranya, meningkatkan kualifikasi guru dengan membuat seminar-seminar peningkatan kompetensi guru, menyediakan sarana-prasarasan di dalam ruang kelas sebagai pendukung proses pembelajaran, menciptakan lingkungan internal sekolah sebagai sumber belajar seperti taman baca atau komunitas belajar yang disebut sebagai Pena Mas (Pendidikan Masyarakat Sekolah) dan eksternal sekolah sebagai sumber belajar dengan membuat komunitas belajar yang diberi nama Pesan Mas (Pesantren Masyarakat Sekolah).
Downloads
References
Agustina, A., Junaidi, I. A., & Fakhrudin, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas IV MIN 3 Lahat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9752%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/9752/7514
Alfiandrizal, Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386–14397.
Andesta, R., Lestari, N. D., & Pratiwi, N. (2021). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Di Smk Pembina 1 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 70. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5717
Azmy, B., Rita Fiantika, F., Yustitia, V., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165–170. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3856
Dwiputri, F. A., Kurniawati, F. N. A., & Febriyanti, N. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 198–205. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.178
Fadhlil Adhiim, Z., & Nur Mahmudah, F. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.572
Hadi, S., & Farida, F. S. (2013). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Ungaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VIII(1), 38–44.
Hamidah, H., Syahrani, S., & Dzaky, A. (2023). PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 8 HULU SUNGAI UTARA. Fikruna, 6(2), 98–114. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.126
Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792–811.
Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam (2020), 3, 1–16.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747
Miftah Kusuma Dewi. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1564
Muliana, G. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA-Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 1062–1071.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911
Mustari, M. (2022). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2296–2303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1963
Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064–2071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774
Nurhayati, N., & Imron Rosadi, K. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Putri Nazidah, M. D. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373
Qistiyah, E. M., & Karwanto. (2020). Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(03), 271–284.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Sari Ayuningsih, F., & Fajrul Falah, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( Ipa ) Siswa Kelas Iv Sdn 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 14–21. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1637
Sepang, A., Muhammadiah, M., & Jainudin, J. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sdn 290 Inpres Kasisi` Tana Toraja. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 50–53. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2061
Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892
Susanti, S., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru Terhadap Nilai Siswa. Journal of Education Research, 1(2), 139–145. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.13
Vitamaya Oishi, I. R. (2020). PENTINGNYA BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 112.
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal on Education, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081
Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sudiarto Sudiarto, Deddy Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).