Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Sumber di Sekolah

Authors

  • Sudiarto Sudiarto Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Deddy Ramdhani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1206

Keywords:

Sumber Belajar, Peran Kepala Sekolah, Sekolah

Abstract

Sekolah menjadi wadah dalam mengkaji keilmuan bagi peserta didik. Tentunya proses pembelajaran disekolah harus didukung dengan berbagai sumber belajar yang memadai, sehingga peserta didik dapat memanfaatkannya sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam peran kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, evaluasi, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran kepala sekolah dalam mengelola sumber berlajar diantaranya, meningkatkan kualifikasi guru dengan membuat seminar-seminar peningkatan kompetensi guru, menyediakan sarana-prasarasan di dalam ruang kelas sebagai pendukung proses pembelajaran, menciptakan lingkungan internal sekolah sebagai sumber belajar seperti taman baca atau komunitas belajar yang disebut sebagai Pena Mas (Pendidikan Masyarakat Sekolah) dan eksternal sekolah sebagai sumber belajar dengan membuat komunitas belajar yang diberi nama Pesan Mas (Pesantren Masyarakat Sekolah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A., Junaidi, I. A., & Fakhrudin, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas IV MIN 3 Lahat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9752%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/9752/7514

Alfiandrizal, Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386–14397.

Andesta, R., Lestari, N. D., & Pratiwi, N. (2021). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Di Smk Pembina 1 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 70. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5717

Azmy, B., Rita Fiantika, F., Yustitia, V., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165–170. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3856

Dwiputri, F. A., Kurniawati, F. N. A., & Febriyanti, N. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 198–205. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.178

Fadhlil Adhiim, Z., & Nur Mahmudah, F. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.572

Hadi, S., & Farida, F. S. (2013). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Ungaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VIII(1), 38–44.

Hamidah, H., Syahrani, S., & Dzaky, A. (2023). PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 8 HULU SUNGAI UTARA. Fikruna, 6(2), 98–114. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.126

Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792–811.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).

Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam (2020), 3, 1–16.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713

Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747

Miftah Kusuma Dewi. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1564

Muliana, G. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA-Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 1062–1071.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911

Mustari, M. (2022). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2296–2303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1963

Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064–2071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198

Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774

Nurhayati, N., & Imron Rosadi, K. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Putri Nazidah, M. D. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373

Qistiyah, E. M., & Karwanto. (2020). Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(03), 271–284.

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Sari Ayuningsih, F., & Fajrul Falah, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( Ipa ) Siswa Kelas Iv Sdn 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 14–21. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1637

Sepang, A., Muhammadiah, M., & Jainudin, J. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sdn 290 Inpres Kasisi` Tana Toraja. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 50–53. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2061

Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892

Susanti, S., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru Terhadap Nilai Siswa. Journal of Education Research, 1(2), 139–145. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.13

Vitamaya Oishi, I. R. (2020). PENTINGNYA BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 112.

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal on Education, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081

Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Sudiarto, S., & Ramdhani, D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Sumber di Sekolah. Journal of Education Research, 5(4), 4342–4348. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1206

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check