Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi: Tinjauan Problematika di Sekolah

Authors

  • Febby Risthia Viara Universitas Islam Negeri Mataram
  • Supardi Supardi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Lubna Lubna Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1203

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Globalisasi, Problematika

Abstract

Di era globalisasi saat ini semua elemen masyarakat, tak terkeceuali elemen pendidikan dituntut untuk mampu mengimbangi perkembembangan zaman yang ada. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya banyak tantangan yang akan dilalui. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji secara mendalam problematika pendidikan agama Islam di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Artinya data yang diperoleh akan di deskripsikan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini melalui beberapa tahapan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika yang dihadapi guru ialah, kurangnya kompetensi guru, kurangnya peran guru, dan proses pembelajaran masih konvensional. Sedangkan problematika yang dihadapi siswa ialah krisis moral dan digital amnesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Anggraini, Y. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Azizah, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Ulangan Harian melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Dan Riset Pendidikan, I(2), 418–430.

Dahniar. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi. Jurnal PEndidikan Guru, 2(2), 71–79. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3272545&val=28735&title=Kover Dewan Redaksi Daftar Isi Vol 2 No 3 September 2022

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 4–5.

Dewi, E., Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). Learning in Primary Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 214–222.

Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483

Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 767–773. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391

Latifah, N. (2022). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Education Jurnal, 1(1), 196–208. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i1.80

Musa, N., & Ishak, M. S. (2021). the Phenomenon of Google Effect, Digital Amnesia and Nomophobia in Academic Perspective. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.22373/cj.v5i1.8219

Mutiani, M., Jumriani, J., Putro, H. P. N., Abbas, E. W., & Rusmaniah, R. (2022). Kajian Empirik Pendidikan dalam Latar Peristiwa Masyarakat Tradisional, Modern, dan Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2275–2282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2478

Pihar, A. (2022). Modernization of Islamic Religious Education in the Era of Society 5.0. Journey-Liasion Academia and Society, 1(1), 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS

Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Safira, S., Solihah, F., Syiffa, D. A. N., & H.E, S. (2023). Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1–13. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3280

Salim, N. Z., Siregar, M., & Mulyo, M. T. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 28–39. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9468

Salsabila, U. H., Ariyanto, A., Wijaya, A. ’Alim, Aziz, H. F., & Ma’arif, A. M. S. (2022). Implikasi Teknologi Terhadap Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Wardah, 23(2), 308–329. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.15093

Selviana, A., Nababan, S. A., Sumantri, P., Nugraha, M. A., Azis, A., & Darma, A. (2023). Peran Guru Sejarah Dalam Mengatasi Krisis Moral Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Dengan Pendidikan Karakter di Madrsah Aliyah Tahfizhil Quran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3), 74–79. https://doi.org/10.57251/hij.v2i3.1020

Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.

Wulandari, S. S., Irdamurni, I., & Neviyarni, N. (2020). Upaya Penanaman Nilai dan Norma Sebagai Pembentuk Karekter Siswa di SDN 09 Parak Gadang. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(1), 64–70. https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.597

Zahra, A. (2023). Implikasi teori koginitif dalam mencegah digital amnesia syndrome mahasiswa. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(6), 508–518. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4700%0Ahttp://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/download/4700/2073

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Viara, F. R., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi: Tinjauan Problematika di Sekolah. Journal of Education Research, 5(4), 6288–6293. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1203

Issue

Section

Articles

Categories