The Flipped Classroom A Synergy of Pedagogy and Technology for Reading Comprehension

Authors

  • Fanisaskia Budunio IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Yuwin R Saleh IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Nur Wahidah Thayib Pido IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1199

Keywords:

Pemahaman Membaca, Model Pembelajaran Flipped Classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas model pembelajaran Flipped Classroom terhadap pemahaman membaca mahasiswa semester lima Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dengan  menggunakan desain kuasi-eksperimental, sampel terdiri dari 34 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Flipped Classroom dan kelompok kontrol  yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan bahwa model Flipped Classroom lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca dibandingkan metode konvensional. Kesimpulannya, penerapan Flipped Classroom mampu memberikan peningkatan yang lebih baik pada pemahaman mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisiIV,(Bandung:Graha

Ilmu).

Bargman, Jonathan dan Sams, Aaron. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student In Every Class

Every Day. USA: Courtney Burkholder.

Bishop, Jacob. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. Article.January 2013.

Basal, A. (2015).The Implementation Of Flipped Classroom In Foreign Language Teachers. Turkish

Online Journal Of Distance Education, Vol. 16, No. 4

Darmawan, Deni. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda

Desmita Wulandari, Desy, Feni Munifatullah, Dan Hery Yufrizal. (2021). “Flipped Classroom Model to

Enhance Students’ Reading Comprehension. Advances in Social Science, Education, and

Humanities Research, volume 624

Herreid, C. F dan N. A. Schiller, (2013). Case Studies and The Flipped Classroom. Journal of College

Science Teaching, Vol. 42, No. 5

Hamalik, Oemar,. (2001). Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Herreid, C. F dan N. A. Schiller, 2013. Case Studies and The Flipped Classroom.Journal of College

Science Teaching, Vol. 42, No. 5, 2013

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan BelajarKelompok. Bandung: CV.

Alfabeta.

Joyce, B dan Weil. (2013). Model-Model Pengajaran Edisi 8. Terjemahan A.Furwadi dan A. Mirza.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khalid, Abdul. (2018). Tingkat MembacaPemahamansiswa SMAN 1 BlulukLamongan. JurnalReforma.

Vol 7, No. 1

Lestyarini, Beniati. (2011). “Bahan Kuliah Membaca Komprehensi”,pada tanggal 2 November 2012

Lestari dan Yudhanegara. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca, (Jakarta: Bumi Aksara)

Nuttal, Christine. (1996).Teaching Reading Skills in a Foreign Language. Oxford: Heinemann.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: AswajaPressindo.

Oktaviani Ika Handarini, dan Siti Sri Wulandari . (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study

from home (SFH) Selama pandemic covid 19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran

(JPAP). Vol. 8, No.3, 2020. E-ISSN:2338-9621.

Patandean, Yulius Roma dan Richardus Eko Indrajat. (2021). Flipped Classroom.Yogyakarta: Andi.

Journal of Education Research, x(x), xxxx, Pages x-xx

Journal of Education Research

Rizal, Syamsul,. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Reading Comprehension BerbasisIslamic

Educational Studies (IES) Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam(PAI) Fakultas Tarbiyah

Institut Agama Islam Negeri(Iain) Bengkulu. DisertasiUniversitas Negeri Padang.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

Rajawali Pers

Rully, Indrawan dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian.Bandung: PT. Refika Aditama,

Ridwan, Abdullah dkk. (2018). Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tira Smart

Rizal,Syamsul(2017). Pengembangan Bahan Ajar Reading Comprehension BerbasisIslamic

Educational Studies (IES) Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah

Institut Agama Islam Negeri(Iain) Bengkulu. Disertasi Universitas Negeri Padang.

Sulikha, Utomo & Santoso,. (2020). Pengaruh teknik survey Question Read Reflect Recited Review

(SQ4R) Dan teknik skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia. KREDO : Journal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3 (2)

Samaraseka D.D, Gwee MCE, Long A, Lock B.Lectures and Large Group. In: Swanwick T, Forrest K,

O’Brien BC. (2019) Understanding Medical Education: Evidence, Theory, and Practice Third

Edition. Wiley Blackwell. ; p.113-12

Suriaman, Aminah Dan anjarkusuma Dewi Surya Agustina, (2019) “Peningkatan Keterampilan

Membaca Melalui Flipped Classroom Model” Jurnal Kreatif Online, Vol. 7 No. 4

Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. p.46

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarni, Sri. (2012). Metodologi Penilitian Pendidikan. Yogyakarta: Insan Madan

Ulfa, Nur Fitriani dan Budi Murtiyasa. (2014). Implementasi Strategi Flipped Classroom dalam

Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Keaktifan Belajar

Siswa. Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Walsh, Kelly. (2016). A Study of The Flipped Classroom and Its Effectiveness in Flipping Thirty Percent

of The Course Content. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 6,

No. 5

Zainal. (2011). Actional Functional Model (AFM): Teacher's Guide for Intermediate and Advanced

Students. Padang: Sukabina Press.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Budunio, F., Saleh, Y. R., & Pido, N. W. T. (2024). The Flipped Classroom A Synergy of Pedagogy and Technology for Reading Comprehension. Journal of Education Research, 5(4), 4973–4979. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1199

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check