Upaya Pencegahan Potensi Radikalisme dengan Penanaman Ideologi Pancasila di Lingkup Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.118Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Maraknya Tindakan Radikalisme di Indonesia. Radikalisme merupakan gerakan sosial yang menolak secara menyeluruh tertib sosial yang sedang berlangsung dan ditandai oleh kejengkelan moral yang kuat untuk menentang dan bermusuhan dengan kaum yang memiliki hak-hak istimewa dan yang berkuasa. Radikalisme merupakan suatu ancaman yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, Salah satunya dalam lingkup sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan kepada pembaca terutama civitas Sekolah tentang upaya pencegahan radikalisme. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif Study literatur dengan Teknik pengumpulan data Observasi dan pengamatan. Subjek penelitian adalah siswa sma dan sederajat di kabupaten kediri. Teknik analisis data tekknik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penanaman ideologi pancasila berperan penting dalam pencegahan radikalisme di lingkup sekolah. Pendidikan Ideologi pancasila banyak diterapkan pada pendidikan kewarganegaraan. Selain itu ada tindakan preventif dari pihak sekolah terhadap pencegahan Radikalisme seperti Mengedepankan dialog dalam pembelajaran Agama Islam.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.
Creswell W John. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design. Sage Publication Ltd.
Deti, S., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila untuk Mencegah Radikalisme di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 557–564. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1279
Fadlilah, V. M. (2019). Upaya sekolah dalam mencegah radikalisme bagi siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Universitas Negeri Malang.
Munggaran, E. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCEGAH BERKEMBANGKANYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung). FKIP UNPAS.
Rabba, N. A. (2019). Peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya mencegah radikalisme di SMA Khadijah Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Rani, N. P. (2017). Reaktualisasi Pancasila Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme. Fikri (Jurnal Kajian Bahasa Dan Aagama, 2(2). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018a). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.
Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018b). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.
ZR, H. N., Fitriyah, F., Mardiana, M., & Rijal, M. K. (2018). Tindakan Preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Eksistensi Paham Radikal di Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Nizar alif, Bima satria mukti wibowo, Raissa Bima Cahya Murtadho Putra, Anggun margaretha sutomo putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).