Upaya Pencegahan Potensi Radikalisme dengan Penanaman Ideologi Pancasila di Lingkup Sekolah

Authors

  • Muhammad Nizar alif Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Bima Satria Mukti Wibowo Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Raissa Bima Cahya Murtadho Putra Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Anggun Margaretha Sutomo Putri Bahasa Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.118

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Maraknya Tindakan Radikalisme di Indonesia. Radikalisme merupakan gerakan sosial yang menolak secara menyeluruh  tertib  sosial  yang  sedang  berlangsung dan ditandai oleh kejengkelan moral yang kuat untuk menentang dan bermusuhan dengan kaum yang memiliki hak-hak istimewa dan yang berkuasa. Radikalisme merupakan suatu ancaman yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, Salah satunya dalam lingkup sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan kepada pembaca terutama civitas Sekolah tentang upaya pencegahan radikalisme. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif Study literatur dengan Teknik pengumpulan data Observasi dan pengamatan. Subjek penelitian adalah siswa sma dan sederajat di kabupaten kediri. Teknik analisis data tekknik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penanaman ideologi pancasila berperan penting dalam pencegahan radikalisme di lingkup sekolah.  Pendidikan Ideologi pancasila banyak diterapkan pada pendidikan kewarganegaraan. Selain itu ada tindakan preventif dari pihak sekolah terhadap pencegahan Radikalisme seperti Mengedepankan dialog dalam pembelajaran Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.

Creswell W John. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design. Sage Publication Ltd.

Deti, S., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila untuk Mencegah Radikalisme di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 557–564. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1279

Fadlilah, V. M. (2019). Upaya sekolah dalam mencegah radikalisme bagi siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Universitas Negeri Malang.

Munggaran, E. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCEGAH BERKEMBANGKANYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung). FKIP UNPAS.

Rabba, N. A. (2019). Peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya mencegah radikalisme di SMA Khadijah Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rani, N. P. (2017). Reaktualisasi Pancasila Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme. Fikri (Jurnal Kajian Bahasa Dan Aagama, 2(2). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018a). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018b). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.

ZR, H. N., Fitriyah, F., Mardiana, M., & Rijal, M. K. (2018). Tindakan Preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Eksistensi Paham Radikal di Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–6.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Nizar alif, M., Wibowo, B. S. M., Putra, R. B. C. M., & Putri, A. M. S. (2023). Upaya Pencegahan Potensi Radikalisme dengan Penanaman Ideologi Pancasila di Lingkup Sekolah. Journal of Education Research, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.118

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)