Analisis Kebutuhan Pengembangan Ruang Baca Virtual Menggunakan G-Site untuk Keterampilan Membaca Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1177Keywords:
Ruang Baca, Virtual, Website, Google Site, LiterasiAbstract
Era digital saat ini, khususnya terhadap sumber bacaan yang relevan merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pembelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan ruang baca virtual berbasis website, seperti menggunakan platform Google Site. Tujuan penulisan artikel ini untuk menciptakan Ruang Baca Virtual berbasis website Google Site sebagai wadah interaktif bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap sumber bacaan yang dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan tujuan utama mengumpulkan hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan ruang baca virtual di Universitas Adzkia. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket analisis kebutuhan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia memiliki minat membaca yang cukup tinggi dan cenderung lebih menyukai penggunaan sumber bacaan dalam bentuk digital. Pengembangan ruang baca virtual diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran yang interaktif, mudah diakses, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas membaca.
Downloads
References
Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Sites. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53839
Belajar, G., Ruang, D. I., Virtual, B., Ginting, R. T., Udyana, G., Putu, P., Yokita, C., Sarjana, P., Informasi, S., Hukum, F., Sosial, I., & Terbuka, U. U. (2022). Mahasiswa Universitas Terbuka Denpasar. Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki koleksi-koleksi digital. 2(1), 120–127.
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979
Nurdiansyah, A., Cahyo, S. D., Dewiki, S., & Utami, H. D. (2021). Persepsi Pengguna Layanan Ruang Baca Virtual (RBV) pada Website Universtas Terbuka menggunakan Webqual 4.0 Aulia. 50(2), 121–127.
Rustiono, M. P. (2018). Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh Di Era Disrupsi: Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Terbuka. Jurnal Pustakawan Indonesia, 17(2), 64–70.
Utami, H. D., & Hermawati, Y. (2018). Virtual reading room and digital learning material as a learning media in distance education. Jurnal Pendidikan, 19(1), 21–30.
Waluyo, J. (2021). Persepsi Peserta Pelatihan Terhadap Pemanfaatan Google Sites Dalam Pembelajaran. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(2), 190–199. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i2.246
Agus Suprianto, F. A. (2019). Pengembangan Media Mobile Leraning Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 84-91.
Ariandra Evandian Bhagaskara, d. (2021). Perapan Media Webquest Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 104-119.
Emmanuel Tsekleves, J. C. (2016). Manfaat, Hambatan dan Rekomendasi Pedoman Pelaksanaan Permainan Serius di Bidang Pendidikan bagi Pemangku Kepentingan dan Pengambil Kebijakan. Jurnal Teknologi Pendidikan Inggris, 164-183.
Fadli, M. (2019). Upaya Pustakawan dalam Mengembangkan Fasilitas Ruang Baca Virtual: Studi Kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pustakaan Universitas Terbuka. BS thesis. Fakultas Adab dan Humaniora, 1-80.
Halat, E. (2013). Pengalaman Siswa Sekolah Dasar dengan Penggunaan WebQuests. Mevlana International Journal Of Education, 68-76.
Indarta, Y. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 3351-3363.
Irsyad Zamjani, d. (2020). Platfrom Pembelajaran Digital dan Strategi Inklusivitas Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penenlitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nuridayanti, d. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Teacher Education, 88-93.
Rahmad Firdaus, d. (2021). Pemanfaatan Google Sites untuk Penerimaan Peserta Didik Baru bagi Madrasah Se- Riau. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 69-73.
Reza febrina, d. (2023). Analisis Kebutuhan Modul Interaktif Materi Virus Berbasis Website Google Sites untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2131-2136.
Sutopo, A. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metaverse. Banten: TOPAZART.
Arief, M. M. (2024). Realisasi Konsep Dasar Belajar, Mengajar sebagai Penguatan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sd/mI. Ar-Raihan Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1-28.
Daga, A. T. (2022). Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. ELSE: Jurnal dan Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1-24.
Hariyadi, d. (2023). Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. Semarang: Badan Penerbit STIEPARI Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Winda Noprina, Dina Fitria Handayani, Lisa Yuniarti, Solah Amelia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).