Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap Serta Praktik Keagamaan Siswa MA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1165Keywords:
Strategi Guru, Pembinaan Akhlak SiswaAbstract
Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap serta praktik keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Strategi Pembinaan Akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagaimana Pemahaman siswa terhadap Materi Akhlak di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagimana sikap dan Praktik keagamaan siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Diantaranya dengan: menjalin kerjasama dengan aparat sekolah, menjalin kerja sama dengan orang tua murid, memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, melalui pendekatan pembiasaan, melalui pendekatan emosional dan personal, melalui pendekatan ketauladanan. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: budaya senyum, sapa, salam, membaca doa, asmaul husna dan salatunnahdlatain di pagi hari, pembinaan saat upacara bendera, budaya sholat dzuhur dan sholat duha berjamaah, budaya pundi amal atau shodaqoh.
Downloads
References
Abdul Majid. (2010). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ali Mustafa. (2019). METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5.
Ansori al-mansur. (2000). Cara Mendekatkan diri pada Allah. Jakarta: Grafindo Persada.
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Busairi, S.Pd. (2023, Spetmebr). Wawancara.
Chabib Thoha, Saifudin Zuhri, & dkk. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen RI. (2005). Departemen RI,Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Faridah Alawiyah. (2014). PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA. Aspirasi, 5. Retrieved from https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449/346
Krida Salsabila. (2018). Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, (1).
Lampiran Permendikbud nomor 22 tahun 2016. (n.d.). Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
M. Mustafa. (2023, September 13). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.
M. Saekhan Munchit. (2008). Pembelajaran Konstekstual. Semarang: Rasail Media Group.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, California: Sage.
Moh. Bayu. (2023, September 15). Siswa Kelas IX, Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslim. (2023, September 13). Wawancara.
Mustafa. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka setia.
Nasrin, S.Pd. (2023a, September 15). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.
Nasrin, S.Pd. (2023b, September 15). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.
Nasution, K. (2015). Pendidikan Islam dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Observasi, 10-12 September 2023. (2023).
Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. (n.d.). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud.
Sahal Mahfudh. (2013). Indeks Hadist & Syarah (IX). Bekasi: CV. Alfonso Pratama.
Sri Wahyuni. (2019). Qualitative Research 3rd Edition. Jakarta: Salemba Empat.
Subagyo, P. J. (1997). Metode penelitian: Dalam teori dan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistia Agustina,. (2023, September 15). Siswa Kelas XI, Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.
Supardi. (2006). Metodologi penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.
Tohri. (2023, September 13). Wawancara dengan guru Akhlak.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2007).
Xia, B. S & Gong. P. (2015). Review of business intelligence through data analysis. Benchmarking.
Yatimi Abdullah. (2007). Studi Akhlak Dalam Persepektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Mustafa Mustafa, H.M. Taufik, Fathurrahman Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).