Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap Serta Praktik Keagamaan Siswa MA

Authors

  • Mustafa Mustafa Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • H.M. Taufik Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Fathurrahman Muhtar Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1165

Keywords:

Strategi Guru, Pembinaan Akhlak Siswa

Abstract

Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap serta praktik keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Strategi Pembinaan Akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagaimana Pemahaman siswa terhadap Materi Akhlak di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagimana sikap dan Praktik keagamaan siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Diantaranya dengan: menjalin kerjasama dengan aparat sekolah, menjalin kerja sama dengan orang tua murid, memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, melalui pendekatan pembiasaan, melalui pendekatan emosional dan personal, melalui pendekatan ketauladanan. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: budaya senyum, sapa, salam, membaca doa, asmaul husna dan salatunnahdlatain di pagi hari, pembinaan saat upacara bendera, budaya sholat dzuhur dan sholat duha berjamaah, budaya pundi amal atau shodaqoh. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2010). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali Mustafa. (2019). METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5.

Ansori al-mansur. (2000). Cara Mendekatkan diri pada Allah. Jakarta: Grafindo Persada.

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Busairi, S.Pd. (2023, Spetmebr). Wawancara.

Chabib Thoha, Saifudin Zuhri, & dkk. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen RI. (2005). Departemen RI,Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.

Faridah Alawiyah. (2014). PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA. Aspirasi, 5. Retrieved from https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449/346

Krida Salsabila. (2018). Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, (1).

Lampiran Permendikbud nomor 22 tahun 2016. (n.d.). Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

M. Mustafa. (2023, September 13). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.

M. Saekhan Munchit. (2008). Pembelajaran Konstekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, California: Sage.

Moh. Bayu. (2023, September 15). Siswa Kelas IX, Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslim. (2023, September 13). Wawancara.

Mustafa. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka setia.

Nasrin, S.Pd. (2023a, September 15). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.

Nasrin, S.Pd. (2023b, September 15). Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.

Nasution, K. (2015). Pendidikan Islam dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Observasi, 10-12 September 2023. (2023).

Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. (n.d.). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud.

Sahal Mahfudh. (2013). Indeks Hadist & Syarah (IX). Bekasi: CV. Alfonso Pratama.

Sri Wahyuni. (2019). Qualitative Research 3rd Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Subagyo, P. J. (1997). Metode penelitian: Dalam teori dan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistia Agustina,. (2023, September 15). Siswa Kelas XI, Wawancara di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang.

Supardi. (2006). Metodologi penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.

Tohri. (2023, September 13). Wawancara dengan guru Akhlak.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2007).

Xia, B. S & Gong. P. (2015). Review of business intelligence through data analysis. Benchmarking.

Yatimi Abdullah. (2007). Studi Akhlak Dalam Persepektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Mustafa, M., Taufik, H., & Muhtar, F. (2024). Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap Serta Praktik Keagamaan Siswa MA . Journal of Education Research, 5(3), 2618–2630. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1165

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check