Proses Pembelajaran Paduan Suara di Lembaga Sanggar Melodious Magnificent Ensemble

Authors

  • Ruth Melody Misbow Siallagan Penciptaan dan Pengkajian Seni, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Mauly Purba Penciptaan dan Pengkajian Seni, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1159

Keywords:

Pembelajaran, Musik, Vokal

Abstract

Pendidikan musik bagi anak sangatlah perlu, karena manfaat pendidikan musik bagi anak merupakan bagian yang sangat menunjang dalam rangka mengisi proses kehidupan di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran paduan suara di Lembaga Sanggar Melodius Magnificnet . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian tentang pembelajaran paduan suara untuk anak-anak di Sanggar Melodious Magnificent  dapat disimpulkan sebagai berikut. Pembelajaran paduan suara  untuk  anak-anak  di  Sanggar Melodious Magnificent  menggunakan  metode  pembelajaran demonstrasi  dan  metode  pembelajaran  latihan.  Proses  pembelajaran  vokal untuk  anak-anak  berlangsung  selama  tiga  jam  setiap  satu  kali  pertemuan  di  hari Minggu. Sanggar Melodious Magnificent  ini sudah berjalan hampir satu tahun, dan sudah banyak sekali anak-anak yang dilahirkan karyanya. Salah satu program pembelajaran paduan suara di Sanggar Melodious Magnificent Esamble adalah Paduan suara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya.(2005.) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Djamarah, S., B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathur Rasyid. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Banguntapan Yogyakarta

Grafura, L., & Wijoyanti, A. (2014). Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Halimah, Lely (2016). Musik dalam Pembelajaran. Dosen dan peneliti pada UPI Kampus Cibiru. Penulis Alumni S-3 Pengembangan Kurikulum UPI.

Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., Sumarsono, P. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press

Jamalus. (1988). Panduan pengajaran buku pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga. Kepandidikan.

Joseph, Wagiman. (2004). Teori Musik II. Semarang : Sendratasik, FBS, UNNES

Lexy J., M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (R. Rosdakarya (ed.)).

Liturgi. Tambajong, Japi. (1992). Ensiklopedia Musik.Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Miller, H. (2001). Apresiasi Musik Terjemahan Teknik Vokal Paduan Suara. Bandung: PT Gramedia

Putri D. M. Rizki, (2013). Upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara melalui pelatihan solfegio pada siswa kelas VII smp negeri 2 pangkah kabupaten tegal. Jurnal. 32.

Rahardjo, Slamet. (1990). Teori Seni Vokal, Semarang; Media Pustaka.

Soewito. M. (1996). Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.

Suci, N., T. (2016). Pembelajaran Biola Untuk Anak Di Melodi Music School Surakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 0 (0), 1-13.

Triyono, M. Bruri. 2011. Student Centered Learning: Aplikasi di Laboratorium / Bengkel. Pelatihan SCL Politeknik Negeri Bali di Denpasar-Juni 2011. Diunduh tanggal 23 Mei 2024.

Utari, T. (2021). Belajar Drum Bagi Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music Studio Padang. e-jurnal Sendratasik, vol. 10(2), hal. 82-89. ISSN: 2302-320.

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian.

WendyFathur Rahman, Muhammad dan Trisakti. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Mmusik pada Materi Lagu Nusantara Kelas VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik” dalam Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol. 3 No. I (2015). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/13351/12255(diakses 15 Januari 2019)

Yudha pramayudha. (2010). Teknik olah vokal. Yogyakarta: Buku Biru Buku pintar.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Siallagan, R. M. M., & Purba, M. (2024). Proses Pembelajaran Paduan Suara di Lembaga Sanggar Melodious Magnificent Ensemble. Journal of Education Research, 5(3), 2754–2761. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1159

Issue

Section

Articles

Citation Check