Proses Pembelajaran Paduan Suara di Lembaga Sanggar Melodious Magnificent Ensemble
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1159Keywords:
Pembelajaran, Musik, VokalAbstract
Pendidikan musik bagi anak sangatlah perlu, karena manfaat pendidikan musik bagi anak merupakan bagian yang sangat menunjang dalam rangka mengisi proses kehidupan di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran paduan suara di Lembaga Sanggar Melodius Magnificnet . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian tentang pembelajaran paduan suara untuk anak-anak di Sanggar Melodious Magnificent dapat disimpulkan sebagai berikut. Pembelajaran paduan suara untuk anak-anak di Sanggar Melodious Magnificent menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran latihan. Proses pembelajaran vokal untuk anak-anak berlangsung selama tiga jam setiap satu kali pertemuan di hari Minggu. Sanggar Melodious Magnificent ini sudah berjalan hampir satu tahun, dan sudah banyak sekali anak-anak yang dilahirkan karyanya. Salah satu program pembelajaran paduan suara di Sanggar Melodious Magnificent Esamble adalah Paduan suara.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya.(2005.) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Djamarah, S., B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathur Rasyid. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Banguntapan Yogyakarta
Grafura, L., & Wijoyanti, A. (2014). Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Halimah, Lely (2016). Musik dalam Pembelajaran. Dosen dan peneliti pada UPI Kampus Cibiru. Penulis Alumni S-3 Pengembangan Kurikulum UPI.
Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., Sumarsono, P. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press
Jamalus. (1988). Panduan pengajaran buku pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga. Kepandidikan.
Joseph, Wagiman. (2004). Teori Musik II. Semarang : Sendratasik, FBS, UNNES
Lexy J., M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (R. Rosdakarya (ed.)).
Liturgi. Tambajong, Japi. (1992). Ensiklopedia Musik.Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.
Miller, H. (2001). Apresiasi Musik Terjemahan Teknik Vokal Paduan Suara. Bandung: PT Gramedia
Putri D. M. Rizki, (2013). Upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara melalui pelatihan solfegio pada siswa kelas VII smp negeri 2 pangkah kabupaten tegal. Jurnal. 32.
Rahardjo, Slamet. (1990). Teori Seni Vokal, Semarang; Media Pustaka.
Soewito. M. (1996). Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.
Suci, N., T. (2016). Pembelajaran Biola Untuk Anak Di Melodi Music School Surakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 0 (0), 1-13.
Triyono, M. Bruri. 2011. Student Centered Learning: Aplikasi di Laboratorium / Bengkel. Pelatihan SCL Politeknik Negeri Bali di Denpasar-Juni 2011. Diunduh tanggal 23 Mei 2024.
Utari, T. (2021). Belajar Drum Bagi Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music Studio Padang. e-jurnal Sendratasik, vol. 10(2), hal. 82-89. ISSN: 2302-320.
Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian.
WendyFathur Rahman, Muhammad dan Trisakti. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Mmusik pada Materi Lagu Nusantara Kelas VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik” dalam Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol. 3 No. I (2015). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/13351/12255(diakses 15 Januari 2019)
Yudha pramayudha. (2010). Teknik olah vokal. Yogyakarta: Buku Biru Buku pintar.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ruth Melody Misbow Siallagan, Mauly Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).