Potret Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah

Authors

  • Johri Sabaryati Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadyah Mataram; Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Univeristas Negeri Yogyakarta
  • Delyanti Azzumarito Pulungan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Univeristas Negeri Yogyakarta; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Prima Indonesia
  • Edi Istiyono Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Univeristas Negeri Yogyakarta
  • Raden Rosna Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Penanaman karakter, Pembelajaran Fisika, Studi Fenomenologi

Abstract

Pendidikan karakter telah lama diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga penting untuk mengetahui bagaimana praktiknya, termasuk pada pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk memotret penanaman karakter dalam pembelajaran Fisika melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan merupakan guru bidang studi Fisika di sekolah menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan: yaitu 1) mereduksi; 2) memaparkan; 3) menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil studi menunjukkan bahwa penanaman karakter pada pembelajaran Fisika diintegrasikan melalui skala sekolah dan skala pembelajaran fisika di kelas. Hasil ini menunjukkan bahwa penanaman karakter tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas oleh guru mata pelajaran tetapi juga sekolah mengambil peran melalui komitmen kepala sekolah, fasilitas sekolah, dukungan orang tua bahkan masyarakat. Salah satu yang berpengaruh adalah komitmen kepala sekolah dan guru. Sehingga dalam penanaman karakter di sekolah menargetkan kepala sekolah dan guru sebagai kegiatan sosialisasi untuk memberikan dampak yang lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I., Hudayana, B., Setiadi, Kutanegara, P. M., & Indiyanto, A. (2019). Beyond School Reach: Character Education in Three Schools in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 9(3), 145–159. doi: 10.2478/jesr-2019-0032

Akbar, F., & S. Sulkifli. (2021). Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning. Jurnal Konsepsi, 10(1), 109. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/7.

Amri, M. S., Sudjimat, D. A., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajaran, 43(1), 41-50. doi:http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/16643

Bahri, A., Palennari, M., Hardianto, Muharni, A., & Arifuddin, M. (2021). Problem-based learning to develop students’ character in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 20(2), 1 - 15.

Care, E., Griffin, P., & Wilson, M. (2018). Assessment and teaching of 21st century skills. Springer.

Christen, M. (2018). Comparing cultural differences with domain-specific differences of appreciating and understanding values. Journal of Moral Education, 47(3), 333-345. doi:10.1080/03057240.2018.1469477.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan KarakterDi Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instructionvol. Jurnal Ilmian Pendidikan Fisika Al Biruni, 4(2), 243-255. doi:10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96.

Fadel, C., & Groff, J. S. (2018). Four-Dimensional Education for Sustainable. In C. F. Groff, Sustainability Human Well Being & the Future of Education (pp. 269-425). Helsinki, Finland: Sitra, The Finnish Innovation Fund.

Fuad, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 603-614. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Griffin, P., Care, E., & McGaw, B. (2015). Assessment and Teaching of 21stCentury Skills Method and Approach. Dordrecht: Springer Dordrecht. doi:doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7

Hidayat, R. K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas dengan Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 285–291.

Huda, I. N., & Usman, H. (2020). OVERVIEW OF THE AL-MUNAWWIR KOMPLEK L ISLAMIC BOARDING SCHOOL CURRICULUM IN SHAPING THE NATION'S CHARACTER. European Journal of Education Studies, 7(8), 148-165. doi:http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v7i8.3194

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1198

Khusniati, M. (2014). Pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(3), 204–210. doi:doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354

Liu, S., Ma, P., & Li, D. (2012). The Exploration and Practice of Gradually Industrialization Model in Software Engineering Education - A Factual Instance of the Excellent Engineer Plan of China. 2012 IEEE 25th Conference on Software Engineering Education and Training, 23-31. doi:10.1109/CSEET.2012.24.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Ogasawara, K. (2018). Health and education during industrialization: Evidence from early twentieth century Japan. Internationa Journal of Educational Development, 61, 40-45. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2017.10.025

Pabbajah, M., Abdullah, I., Widyanti, R. N., Jubba, H., Alim, N., & Fuller, C. (2020). Student demoralization in education:The industrialization of university curriculum in 4.0.Era Indonesia. Cogent Education, 7(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1779506

Putri, R. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media SiMach Land Berbasis Android di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63-82. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/view/44901/28338

Rahman, H., Thalib, S. B., & Mahmud, A. (2017). Integrated character education in social sciences with contextual teaching and learning approach. New Educational Review, 48, 53-64. doi:10.15804/tner.2017.48.2.04.

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 1 - 10.

Rogan, J. M., & Grayson, D. J. (2003). Towards a theory of curriculum implementation with particular reference to science education in developing countries. International Journalof Science Education, 25(10), 1171-1204. doi:http://dx.doi.org/10.1080/09500690210145819

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: PENGUATAN IDENTITAS NASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, pp. 44–50. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261

Rolina, N. (2014). Developing Responsibility Character for University Student in ECE through Project Method. Procedia - Social Behavior Science, 123, 170-174. doi:10.1016/j.sbspro.2014.01.1411.

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). “Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen,” . Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 87-103.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 266-280. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560

Sahlberg, P. (2007). Education policies for raising student learning: The Finnish approach . Jurnal Education Policy, 22(2), 147–171. doi:10.1080/02680930601158919.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). “Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal Education Learning Innovation, 2(1), 130–144. doi:10.46229/elia.v2i1.404.

Singh, B. (2019). Character education in the 21st Century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). doi:10.21831/jss.v15i1.25226.

Supriyad, E. (2010). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Seminar Nasional 2010 "Character Buildingfor Vocational Education". Jur. PTBB, FT UNY .

Taylor, R., Fadel, C., Kim, H., & Care, E. (2020). Competencies for the 21st century: Jurisdictional progress. Center for Curriculum Reddesign.

Temiz, N. (2016). An Example of ‘Character Education’ Course Design in the Light of ‘Experienced Centred’ Design for Higher Education. Journal of Education and Practice, 7(36), 144 - 155.

Thornberg, R., & Oǧuz, E. (2013). Teachers’ views on values education: A qualitative study in Sweden and Turkey. International Journal of Educational Research, 59, 49-56. doi:10.1016/j.ijer.2013.03.005

Triantoro, S., & Hadi, S. (2020). The role of parent-child relationship, school climate, happiness, and empathy to predict cyberbullying behavior. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(3), 548-557. doi: 10.11591/ijere.v9i3.20299

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 107 - 116. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/18378/pdf

Zurqoni, Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Apino, E. (2018). “Strategy and implementation of character education in senior high schools and vocational high schools,. Journal Social Study Education Research, 9(3), 370–397. doi:10.17499/jsser.01008.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Sabaryati, J., Pulungan, D. A., Istiyono, E., & Rosna, R. (2024). Potret Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah. Journal of Education Research, 5(2), 2103–2112. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1156

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)