Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Elisa Rosa Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rangga Destian Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Andy Agustian Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Wahyudin Wahyudin Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Inovasi model, Strategi pembelajaran, Blended Learning, Flipped Clasrom, Berdiffrensiasi

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah inisiatif transformatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih fleksibel, adaptif, dan berpusat pada siswa. Meskipun memiliki potensi besar, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam penerapan model dan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis untuk mengkaji inovasi model dan strategi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Beberapa model dan strategi yang sering digunakan adalah blended learning, flipped classroom, project-based learning, pembelajaran yang dipersonalisasi, dan gamifikasi. Temuan menunjukkan bahwa inovasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, dan persiapan menghadapi tantangan abad ke dua puluh satu. Namun, tantangan utama yang diidentifikasi termasuk perlunya dukungan berkelanjutan bagi guru, akses teknologi yang memadai, dan penyesuaian kurikulum agar inovasi dapat diimplementasikan secara efektif. Kesimpulannya, dukungan berkelanjutan dan penyesuaian kurikulum sangat penting untuk efektivitas implementasi inovasi-inovasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Kuntoro.,Rahayu, Ega.(2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781785

Amalia,mila.(2022). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1-6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Aprima,Desi.,Sari,Sasmita.(2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia :Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Armeth Daud Al Kahar, A., & Anjani Putri, R. (2023). Project Base Learning dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 199–210. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.165

Assingkly, MS.,Sahlan.(2021). Blended Learning Di Uin Sumatera Utara Medan: Historisitas & Pengembangannya Di Era Covid-19. Mudabbir Journal Research and Education Studies. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i1.1

Astiantih, S., Maniarta Sari, T., Haidar, I., & Alonemarera, A. (2023). Pelatihan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 3 Kolaka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2866–2878. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6529

Bariroh, V. and Setiawan, A.C. (2021) ‘Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran’. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44682

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.11

Fajar B, M., Hastuti, Saputra, M. F., Syafdwi, W. I., Sari, P. N., & Fardan, M. (2023). eran Flipped ClassroomDalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 28-35.

Fakhrunnisa, N., Putri, R. H., Edy, M. R., Armiana, Zainab, & Juharman, M. (2023). GamificationSebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 63-68.

Fariq, WM. (2023). Analisis Deskriptif Inovasi Strategi dan Metode Pembelajaran dalam Kerangka Merdeka Belajar. Jurnal Kependidikan Didaktika. https://doi.org/10.58230/27454312.215

Gusteti,Mu.,Neviyarni.(2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,Matematika dan Statistika. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Handayani, Y., Asia, E., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 48–60. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.236

Isma, A., AdityahAlamsyahSyarif, AwaliahFitriNurAnanda, RadhaHasdaHalfis, Juharman, M., & Fakhri, M. M. (2023). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Danhasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11-16.

Jesika Dwi Putriani, Hudaidah Hudaidah. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. 2021. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Kartika, R. P., & Wahyuni, A. (2023). Impact of Flipped Classroom on Elementary Students’ Creative Thinking in the Merdeka Curriculum. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 15(1), 91–101. https://doi.org/10.37640/jip.v15i1.1800

Kedah,Zulkarnain.(2023). Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka. Jurnal Mentari. https://doi.org/10.33050/mentari.v1i2.259

Kurniati, Pat., Kelmaskouw,Andjela.,Deing. Ahmad, Bonin, Haryanto, Bambang,. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Loilatu1,SH., Mukadar,Suraya., Badu, Tri Kurnia., Hentihu,VR., Kasmawati. (2022). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning pada SMA Negeri 12 Buru. Edukasia Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.125

Manalu,juliati., Sitohang,pernando., Turnip, Netty. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar.https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Pitaloka,Haniza.,Arsanti,Meilan.(2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.Seminar nasional Pendidikan Sultan Agung. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Rusmiati,MN.,Ashifa,Riswati.,Herlambang,YT. (2023), Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistik Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Salassa,Alin.,Rombe,Risna.,Rani, Nurlita, Parinding,JF.(2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/61

Sarumaha, Y. A., Zarvianti, E., Bahar, C., Rukhmana, T., Pertiwi, W. A., & Purhanudin, M. V. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 328–338. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2946

Setiawan, Agus.,Ahla,sofi.,Husna,H.(2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan & Pemikiran Islam. https://doi.org/10.21092/ag.jippi.v1i1.xxxx

Suryaman,maman.(2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa & Sastra. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Wiwik.(2023). Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka Dengan Pendekatan Gamifikasi Kearifan Local. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/127

Yamin, Muhammad.,Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah mandala Education. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1121/1067

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.

Zidan, Muhammad. (2023). Inovasi Model, Strategi Atau Metode Pembelajaran Di Era 4.0 Yang Serba Digital. Conferences Of Elementry Studies (C.E.S 2023). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19766/6762

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)