Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153Keywords:
Kurikulum Merdeka, Inovasi model, Strategi pembelajaran, Blended Learning, Flipped Clasrom, BerdiffrensiasiAbstract
Kurikulum Merdeka adalah inisiatif transformatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih fleksibel, adaptif, dan berpusat pada siswa. Meskipun memiliki potensi besar, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam penerapan model dan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis untuk mengkaji inovasi model dan strategi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Beberapa model dan strategi yang sering digunakan adalah blended learning, flipped classroom, project-based learning, pembelajaran yang dipersonalisasi, dan gamifikasi. Temuan menunjukkan bahwa inovasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, dan persiapan menghadapi tantangan abad ke dua puluh satu. Namun, tantangan utama yang diidentifikasi termasuk perlunya dukungan berkelanjutan bagi guru, akses teknologi yang memadai, dan penyesuaian kurikulum agar inovasi dapat diimplementasikan secara efektif. Kesimpulannya, dukungan berkelanjutan dan penyesuaian kurikulum sangat penting untuk efektivitas implementasi inovasi-inovasi tersebut.
Downloads
References
Aji, Kuntoro.,Rahayu, Ega.(2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781785
Amalia,mila.(2022). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1-6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Aprima,Desi.,Sari,Sasmita.(2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia :Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960
Armeth Daud Al Kahar, A., & Anjani Putri, R. (2023). Project Base Learning dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 199–210. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.165
Assingkly, MS.,Sahlan.(2021). Blended Learning Di Uin Sumatera Utara Medan: Historisitas & Pengembangannya Di Era Covid-19. Mudabbir Journal Research and Education Studies. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i1.1
Astiantih, S., Maniarta Sari, T., Haidar, I., & Alonemarera, A. (2023). Pelatihan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 3 Kolaka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2866–2878. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6529
Bariroh, V. and Setiawan, A.C. (2021) ‘Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran’. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44682
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.11
Fajar B, M., Hastuti, Saputra, M. F., Syafdwi, W. I., Sari, P. N., & Fardan, M. (2023). eran Flipped ClassroomDalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 28-35.
Fakhrunnisa, N., Putri, R. H., Edy, M. R., Armiana, Zainab, & Juharman, M. (2023). GamificationSebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 63-68.
Fariq, WM. (2023). Analisis Deskriptif Inovasi Strategi dan Metode Pembelajaran dalam Kerangka Merdeka Belajar. Jurnal Kependidikan Didaktika. https://doi.org/10.58230/27454312.215
Gusteti,Mu.,Neviyarni.(2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,Matematika dan Statistika. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Handayani, Y., Asia, E., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 48–60. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.236
Isma, A., AdityahAlamsyahSyarif, AwaliahFitriNurAnanda, RadhaHasdaHalfis, Juharman, M., & Fakhri, M. M. (2023). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Danhasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11-16.
Jesika Dwi Putriani, Hudaidah Hudaidah. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. 2021. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407
Kartika, R. P., & Wahyuni, A. (2023). Impact of Flipped Classroom on Elementary Students’ Creative Thinking in the Merdeka Curriculum. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 15(1), 91–101. https://doi.org/10.37640/jip.v15i1.1800
Kedah,Zulkarnain.(2023). Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka. Jurnal Mentari. https://doi.org/10.33050/mentari.v1i2.259
Kurniati, Pat., Kelmaskouw,Andjela.,Deing. Ahmad, Bonin, Haryanto, Bambang,. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Loilatu1,SH., Mukadar,Suraya., Badu, Tri Kurnia., Hentihu,VR., Kasmawati. (2022). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning pada SMA Negeri 12 Buru. Edukasia Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.125
Manalu,juliati., Sitohang,pernando., Turnip, Netty. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar.https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Pitaloka,Haniza.,Arsanti,Meilan.(2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.Seminar nasional Pendidikan Sultan Agung. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283
Rusmiati,MN.,Ashifa,Riswati.,Herlambang,YT. (2023), Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistik Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Salassa,Alin.,Rombe,Risna.,Rani, Nurlita, Parinding,JF.(2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/61
Sarumaha, Y. A., Zarvianti, E., Bahar, C., Rukhmana, T., Pertiwi, W. A., & Purhanudin, M. V. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 328–338. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2946
Setiawan, Agus.,Ahla,sofi.,Husna,H.(2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan & Pemikiran Islam. https://doi.org/10.21092/ag.jippi.v1i1.xxxx
Suryaman,maman.(2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa & Sastra. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357
Wiwik.(2023). Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka Dengan Pendekatan Gamifikasi Kearifan Local. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/127
Yamin, Muhammad.,Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah mandala Education. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1121/1067
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.
Zidan, Muhammad. (2023). Inovasi Model, Strategi Atau Metode Pembelajaran Di Era 4.0 Yang Serba Digital. Conferences Of Elementry Studies (C.E.S 2023). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19766/6762
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Elisa Rosa, Rangga Destian, Andy Agustian, Wahyudin Wahyudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).