Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1147Keywords:
Kreativitas siswa, pembelajaran berdiferensiasi, sekolah dasarAbstract
Kreativitas merupakan salah satu faktor penting keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Kreativitas siswa sekolah dasar masih tergolong rendah hingga saat ini. Riset ini bertujuan untuk menguji tingkat kreativitas siswa sekolah dasar kelas enam setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian tindakan kelas diadopsi sebagai metode riset. Metode ini termasuk jenis riset kuantitatif. Subjek riset berjumlah empat puluh siswa dengan rincian dua puluh siswa laki-laki dan dua puluh siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kreativitas siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis perbandingan nilai rata-rata sederhana. Kreativitas siswa meningkat sebesar tiga puluh persen melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Peningkatan kreativitas siswa tersebut terjadi pada pra siklus ke siklus satu sebesar dua puluh persen, dan sepuluh persen peningkatan terjadi pada siklus satu ke siklus dua. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang saat ini banyak diterapkan di sekolah dasar memberikan dampak positif terhadap terlaksananya kurikulum Merdeka dengan baik. Guru-guru di sekolah dasar juga merasakan manfaatnya secara signifikan.
Downloads
References
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.
Astria, R., T., & Kusuma, A., B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647
Deswita, Hasnawati, & Yumiati. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Matematis Murid Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1207
Dista, D., X., Hermita, N., & Triani, R., A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 994–999.
Dorisno, Ayunis, Efendi, R., & Zulfahmi. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163–174. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/8307
Hasnawati, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Jurnal Educandum, 8(2), 229–241.
Isrotun, U., Sumarno, & Muhtarom. (2023). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kreatifitas Siswa melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.528
Kinanthi, S., Astuti, E., P., & Purwoko, R., Y. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 515–524. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6651
Lestari, Hadarah, & Soleha. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710
Muhlisah, U., Misdaliana, & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762
Nuriah, C., I., Silvia, O., Pratiwi, P., D., N., Sari, S., R., Rhomadoni, S., & Zad, T., F., K. (2024). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.172
Nuriyani, R., Waluyati, S., A., & Dahlia. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 4(2), 171–181. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i2.7900
Picasouw, T., E., Apituley, W., E., Pulung, R., Lilimau, R., & Saparuane, M. (2023). Kreativitas Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1), 524–535. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/757%0Ahttps://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/viewFile/757/332
Rukmi, D., A., & Khosiyono, B., H., C. (2023). Peningkatan Kreativitas dan Percaya Diri melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624–635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756
Sa’ida, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9400
Somadayo, S., Jamil, M., & Karim, K., H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Augmented Reality. Journal of Education Research, 5(1), 562–569.
Sulastini, R., Irnawati, R., Agustini, T., & Stefanie, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Journal of Education Research, 4(4), 2228–2235.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ramdhan Witarsa, Herlina Herlina, Evi Sofiarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).