Implementasi Aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Marwiyah Marwiyah SMK Negeri 10 Samarinda, Indonesia
  • M. Bahri Arifin Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1143

Keywords:

Implementasi, Google Classroom, Menulis Teks Eksplanasi

Abstract

SMK Negeri sepuluh Samarinda menerapkan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom selama pandemi covid sembilan belas. Proses pembelajaran di masa pandemi covid sembilan belas menjadi permasalahan bagi guru dan siswa. Pada awal pembelajaran daring siswa terbilang aktif mengikuti proses pembelajaran. Setelah beberapa bulan berlangsung keaktifan siswa mengikuti pembelajaran menurun. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan implementasi aplikasi google classroom, Mendeskripsikan keterampilan guru bahasa Indonesia,  Mendeskripsikan kendala yang dialami guru bahasa Indonesia, dan Mendeskripsikan upaya guru bahasa Indonesia mengatasi kendala dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi masa pandemi covid sembilan belas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November dua ribu dua puluh satu di kelas XI TKJ SMK Negeri sepuluh Samarinda. Teknik pengambilan data penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu; pengumpilan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah: Implementasi aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi masa pandemi covid sembilan belas di kelas XI TKJ telah dilakukan dengan baik oleh guru bahasa Indonesia. Keterampilan mengajar guru bahasa Indonesia adalah; a. keterampilan dalam menyiapkan pembelajaran, b. keterampilan dalam memberikan pemahaman yang mendalam tentang materi, c. menumbuhkan antusias siswa dalam mengerjakan tugas. Kendala yang dialami guru bahasa Indonesia ialah kurang bisa memberi pemahaman yang mendalam disebabkan oleh sinyal tempat tinggal siswa, tidak ada kuota, HP rusak, maupun rasa bosan siswa terhadap tugas-tugas yang menumpuk. Upaya yang dilakukan guru bahasa Indonesia untuk mengatasi kendala yang disebabkan oleh sinyal tempat tinggal siswa, tidak ada kuota, HP rusak, maupun rasa bosan siswa ialah dengan memanggil siswa ke sekolah, menyediakan komputer, wifi, dan belajar tatap muka meskipun tidak lama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyol, H., & Aktaş, N. (2018). The Relationship between Fourth-Grade Primary School Students ’ Story-writing Skills and Their Motivation to Write. 6(12), 2772–2779. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.061211

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid- 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Ashadi, F., Haris, M., Cahyono, D., Prameswari, Y., & Wikandari, Y. D. (2023). MANAGEMENT OF GAME MEDIA DEVELOPMENT FOR EARLY CHILDHOOD. Jurnal Scientia, 12(03), 3668-3674. https://doi.org/10.58471/scientia.v12i03.1761

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish, 1(1), 131. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU- Journal-3642-ari pambudi.pdf%0Ahttp://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jst/article/view/842%0 Ahttp://ilmukomputer.org

Cahyaningrum, G. K., & Cahyono, D. (2024). Application of Literacy and Numeracy in Junior High School Learning. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(02), 313-321.

Campbell, Y. C., & Filimon, C. (2018). Supporting the Argumentative Writing of Students in Linguistically Diverse Classrooms: An Action Research Study. RMLE Online,41(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/19404476.2017.1402408

Cer, E. (2019). The Instruction of Writing Strategies: The Effect of the Metacognitive Strategy on the Writing Skills of Pupils in Secondary Education. SAGE Open, 9(2). https://doi.org/10.1177/2158244019842681

Darmawati.R, Prayitno, M. A., Solehuddin, M., Sappaile, B. I., & Cahyono, D. (2023). A Comparison of John Dewey and E. D. Hirsch’s Thoughts on Determining Quality Educational Goals. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 156–168. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.35

Dhaniswara, E., Zani, B. N., Iswahyudi, M. S., Syafral, M., Cahyono, D., & Zulaekah, Z. (2023). Utilizing Artificial Intelligence to Improve Adaptive Learning. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 10(1), 151-158. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v10i1.214

Didik Cahyono, Gyta Krisdiana Cahyaningrum, Muhammad Sukron Fauzi, & Naheria Naheria. (2024). Pendampingan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Kegiatan Kampus Mengajar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(2), 81–87. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i2.466

Dolfina Costansah Koirewoa, Didik Cahyono, & Erwin. (2024). EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING AND FACE-TO-FACE LEARNING ON STUDENTS. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 249–264. Retrieved from https://www.injoe.org/index.php/INJOE/article/view/118

Efendi, M., Cahyono, D., Arief, I., Prastawa, S., & Supriatna, D. (2023). The Relationship Between Physical Activities, Consumption Pattern, Body Image and Nutritional Status of High School Students. Journal on Education, 5(4), 15852-15858. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2705

Hidayat, W. G. P. A. (2023). Analysis Of Community Satisfaction Index On Public Services In Dealing With Industrial Revolution 4.0 In BBTKLP Surabaya. JSSBS (Journal of Social Science and Business Studies), 1(1), 21–26.

Kamaruddin, I., Tannady, H., & Aina, M. (2023). The efforts to improve children’s motoric ability by utilizing the role of traditional games. Journal on Education, 5(3), 9736-9740.

Nugraha, M. A. P., Sinolungan, J. S., Nur, R., Nuridah, S., Nofirman, N., & Cahyono, D. (2023). Conceptual Analysis of Problem-Based Learning Model in Improving Students Critical Thinking Skill. Journal of Education Research, 4(2), 466–473. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.185

Nuryana, A., Cahyono, D., Centeury, M. T. R., Mahmudin, T., & Heriyanto, H. (2023). Sportainment And Sport Tourism Strategy In The Development Of Indonesian Tourism During The 2023 U-17 World Cup Event . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5055–5066. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6316

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR DI SMP NEGERI 3 TENGGARONG SEBERANG KUTAI KARTANEGARA. (2024). MAJU : Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(3), 111-122. https://doi.org/10.62335/wryd8423

Sudyana, I. N., Kurniawati, H., Susanto, R., Dulame, I. M., & Vanchapo, A. R. (2023). The Effectiveness Analysis of Using Angle Puzzle Tools on the Achievement of Students’ Learning Outcomes. Journal on Education, 6(1), 1743-1748.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Marwiyah, M., Arifin, M. B., & Azainil, A. (2024). Implementasi Aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 5(3), 3181–3186. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1143

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check