Analysis of Islamic Counselling and Learning Motivation: Keys to Successful Student Academic Achievement
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1141Keywords:
Konseling Islami, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik, Pendidikan Agama IslamAbstract
Prestasi akademik pada siswa pendidikan agama Islam merupakan ukuran keberhasilan dalam proses pendidikan yang mencakup pencapaian hasil belajar siswa dalam konteks mata pelajaran agama Islam. Konsep diri akademik siswa memiliki peran penting dalam menentukan prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak layanan konseling Islami terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara statistik untuk menguji efektivitas konseling Islami dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang menerima layanan konseling Islami menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dan prestasi akademik.Konseling Islami yang mengintegrasikan nilai-nilai agama terbukti efektif dalam membantu siswa pendidikan agama Islam meningkatkan kinerja akademik mereka.Simpulan penelitian ini adalah layanan konseling Islami efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa pendidikan agama Islam.
Downloads
References
Afrizawati. (2024). Pengaruh layanan bimbingan konseling islam terhadap perubahan perilaku negatif siswa. Al-Mutharahah Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(2), 335-346. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.825
Andayana, I., Margunayasa, I., & Yudiana, K. (2021). Pengembangan instrumen pengukuran motivasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 173-179. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37262
Ariani, K., Sukadi, S., & Kertih, I. (2021). Kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar ips siswa smp n 1 mengwi. Media Komunikasi Fpips, 20(2), 139. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37537
Arini, N. and Wiguna, I. (2021). Hambatan dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring pasca covid-19. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343-357. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1356
Astuti, E. and Zakaria, R. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik. Journal Health & Science Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222-228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276
Bruce, A., Getch, Y., & Ziomek-Daigle, J. (2009). Closing the gap: a group counseling approach to improve test performance of african-american students. Professional School Counseling, 12(6), 450-457. https://doi.org/10.5330/psc.n.2010-12.450
Cahdriyana, R. and Richardo, R. (2021). Apakah konsep prosper dapat membangun kesejahteran siswa (student wellbeing) di era pandemi covid-19?. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 13-23. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.38230
Chairunisa, M. (2021). Hubungan motivasi belajar siswa semester iii dengan hasil belajar mata kuliah askeb ii program studi d-iii kebidanan universitas prima indonesia. Jurnal Persepsi Psikologi, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.33085/persepsi.v1i1.4860
Damayanti, E., Muchlisah, M., Muthmainnah, M., Sudirman, S., Rasyid, M., & Ismail, W. (2021). Enhancing motivation of students completion of study using rebt counseling based on islam. Psikis Jurnal Psikologi Islami, 7(2), 196-210. https://doi.org/10.19109/psikis.v7i2.8349
Dewita, E., Maiseptian, F., Murisal, M., & Zuwirda, Z. (2022). Tinjauan pendidikan dan konseling islam dalam al-qur’an surat an-nahl ayat 125. Menara Ilmu, 16(1). https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3407
Fitriyah, F., Chuma, M., Sodikin, M., Romdloni, M., & Lutfauziah, A. (2022). A new approach to counseling relations in islamic boarding schools based on the ta'limul muta'alim book: an emansipatory hermeneutical study. Journal of Islamic Civilization, 4(2), 186-195. https://doi.org/10.33086/jic.v4i2.3634
Isnaini, R. L. (2018). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35-52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03
Khalaila, R. (2015). The relationship between academic self-concept, intrinsic motivation, test anxiety, and academic achievement among nursing students: mediating and moderating effects. Nurse Education Today, 35(3), 432-438. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.11.001
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan prestasi akademik pada siswa. Analitika, 12(1), 22-33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
Monika, M. and Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Nursaid, N. (2016). Propesionalisme dosen dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di jurusan pendidikan agama islam fakultas tarbiyah iain ambon. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 186-203. https://doi.org/10.33477/alt.v1i2.198
Nurzaman, A. (2018). Feminist therapy islam sebagai alternatif menangani korban kekerasan dalam rumah tangga. Komunika Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(1), 20-31. https://doi.org/10.24090/kom.v11i1.1277
Perdana, A. and Daulay, A. (2023). Efektivitas bimbingan konseling islam dalam membentuk karakter siswa dengan menggunakan teknik hypnocounseling. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2902-2909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1959
Perdana, A. and Daulay, A. (2023). Efektivitas bimbingan konseling islam dalam membentuk karakter siswa dengan menggunakan teknik hypnocounseling. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2902-2909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1959
Perianto, E. and Purwaningrum, S. (2022). Pemahaman konsep konseling dan keterampilan dasar konseling pada siswa kelas konseling traumatik. Konseling Edukasi Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/konseling.v6i1.15711
Prameswari, S. and Suryani, I. (2023). The effectiveness of group guidance based on the value of islamic education in reducing academic procrastination behavior in madrasah aliyah. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 226-239. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3178
Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi nilai moderasi melalui pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
Puthree, A., Rahayu, D., Ibrahim, M., & Djazilan, M. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101-3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279
Putri, S. and Rahmi, A. (2022). Peranan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pembelajaran daring. Educativo Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.100
Qonita, I., Dahlan, T., & Damaianti, L. (2021). Stres akademik sebagai mediator kontribusi konsep diri akademik terhadap keterlibatan siswa dalam perkuliahan daring. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 119-132. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4531
Rostini, R., Ruhyadi, S. S. A., Miftahurrazikin, M., & Fauzi, W. N. A. (2022). Konseling lintas budaya dan agama dalam penanggulangan radikalisme di lingkungan sekolah. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(2), 155-169. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4577
Saifullah, S. (2015). Hubungan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Lisan Al-Hal Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 249-258. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.99
Setyawan, I. and Dewi, K. (2015). Kesejahteraan sekolah ditinjau dari orientasi belajar mencari makna dan kemampuan empati siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi, 14(1). https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.9-20
Sholihah, A. and Maulida, W. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 12(01), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Sidik, R. and Gandi, M. (2021). Pengaruh self-concept terhadap prestasi akademik siswa dimoderasi oleh self-efficacy. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1219-1232. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.226
Suhendar, W. (2023). Strategi pengembangan karakter kepemimpinan siswa melalui pembelajaran pendidikan agama islam di politeknik. Humanika, 23(1), 73-80. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.53509
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Suryati, N. and Salehudin, M. (2021). Program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578-588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349
Thuryrajah, V., Ahmed, E., & Nathan, R. (2019). Do public universities have more effective counselling services than private universities in melaka?. Counselling and Psychotherapy Research, 20(2), 300-308. https://doi.org/10.1002/capr.12265
Triyono. (2021). Penguatan karakter religius siswa melalui pendidikan al islam kemuhammadiyahan (studi kasus di universitas muhammadiyah palopo). Ed-Humanistics Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759-765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458
Yuliana, Y., Triyono, T., Haryono, P., & Retnawati, H. (2022). Pemodelan persamaan struktural : motivasi prestasi belajar matematika siswa terhadap aspek-aspek berpengaruh pada pembelajaran daring. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1194. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5004
Zhang, J. (2022). Sustainable engagement and academic achievement under impact of academic self-efficacy through mediation of learning agility—evidence from music education students. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.899706
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sri Haryanto, Nurul Mawaddah, Rahman Rahman, Fatmawati Fatmawati, Era Octafiona

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).