Analysis of Islamic Counselling and Learning Motivation: Keys to Successful Student Academic Achievement

Authors

  • Sri Haryanto Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Indonesia
  • Nurul Mawaddah Tarbiyah, IAI As’adiyah Sengkang, Indonesia
  • Rahman Rahman Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Fatmawati Fatmawati Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Era Octafiona Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1141

Keywords:

Konseling Islami, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Prestasi akademik pada siswa pendidikan agama Islam merupakan ukuran keberhasilan dalam proses pendidikan yang mencakup pencapaian hasil belajar siswa dalam konteks mata pelajaran agama Islam. Konsep diri akademik siswa memiliki peran penting dalam menentukan prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak layanan konseling Islami terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara statistik untuk menguji efektivitas konseling Islami dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang menerima layanan konseling Islami menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dan prestasi akademik.Konseling Islami yang mengintegrasikan nilai-nilai agama terbukti efektif dalam membantu siswa pendidikan agama Islam meningkatkan kinerja akademik mereka.Simpulan penelitian ini adalah layanan konseling Islami efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa pendidikan agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizawati. (2024). Pengaruh layanan bimbingan konseling islam terhadap perubahan perilaku negatif siswa. Al-Mutharahah Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(2), 335-346. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.825

Andayana, I., Margunayasa, I., & Yudiana, K. (2021). Pengembangan instrumen pengukuran motivasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 173-179. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37262

Ariani, K., Sukadi, S., & Kertih, I. (2021). Kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar ips siswa smp n 1 mengwi. Media Komunikasi Fpips, 20(2), 139. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37537

Arini, N. and Wiguna, I. (2021). Hambatan dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring pasca covid-19. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343-357. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1356

Astuti, E. and Zakaria, R. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik. Journal Health & Science Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222-228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276

Bruce, A., Getch, Y., & Ziomek-Daigle, J. (2009). Closing the gap: a group counseling approach to improve test performance of african-american students. Professional School Counseling, 12(6), 450-457. https://doi.org/10.5330/psc.n.2010-12.450

Cahdriyana, R. and Richardo, R. (2021). Apakah konsep prosper dapat membangun kesejahteran siswa (student wellbeing) di era pandemi covid-19?. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 13-23. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.38230

Chairunisa, M. (2021). Hubungan motivasi belajar siswa semester iii dengan hasil belajar mata kuliah askeb ii program studi d-iii kebidanan universitas prima indonesia. Jurnal Persepsi Psikologi, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.33085/persepsi.v1i1.4860

Damayanti, E., Muchlisah, M., Muthmainnah, M., Sudirman, S., Rasyid, M., & Ismail, W. (2021). Enhancing motivation of students completion of study using rebt counseling based on islam. Psikis Jurnal Psikologi Islami, 7(2), 196-210. https://doi.org/10.19109/psikis.v7i2.8349

Dewita, E., Maiseptian, F., Murisal, M., & Zuwirda, Z. (2022). Tinjauan pendidikan dan konseling islam dalam al-qur’an surat an-nahl ayat 125. Menara Ilmu, 16(1). https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3407

Fitriyah, F., Chuma, M., Sodikin, M., Romdloni, M., & Lutfauziah, A. (2022). A new approach to counseling relations in islamic boarding schools based on the ta'limul muta'alim book: an emansipatory hermeneutical study. Journal of Islamic Civilization, 4(2), 186-195. https://doi.org/10.33086/jic.v4i2.3634

Isnaini, R. L. (2018). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35-52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03

Khalaila, R. (2015). The relationship between academic self-concept, intrinsic motivation, test anxiety, and academic achievement among nursing students: mediating and moderating effects. Nurse Education Today, 35(3), 432-438. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.11.001

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan prestasi akademik pada siswa. Analitika, 12(1), 22-33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110

Monika, M. and Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Nursaid, N. (2016). Propesionalisme dosen dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di jurusan pendidikan agama islam fakultas tarbiyah iain ambon. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 186-203. https://doi.org/10.33477/alt.v1i2.198

Nurzaman, A. (2018). Feminist therapy islam sebagai alternatif menangani korban kekerasan dalam rumah tangga. Komunika Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(1), 20-31. https://doi.org/10.24090/kom.v11i1.1277

Perdana, A. and Daulay, A. (2023). Efektivitas bimbingan konseling islam dalam membentuk karakter siswa dengan menggunakan teknik hypnocounseling. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2902-2909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1959

Perdana, A. and Daulay, A. (2023). Efektivitas bimbingan konseling islam dalam membentuk karakter siswa dengan menggunakan teknik hypnocounseling. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2902-2909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1959

Perianto, E. and Purwaningrum, S. (2022). Pemahaman konsep konseling dan keterampilan dasar konseling pada siswa kelas konseling traumatik. Konseling Edukasi Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/konseling.v6i1.15711

Prameswari, S. and Suryani, I. (2023). The effectiveness of group guidance based on the value of islamic education in reducing academic procrastination behavior in madrasah aliyah. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 226-239. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3178

Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi nilai moderasi melalui pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605

Puthree, A., Rahayu, D., Ibrahim, M., & Djazilan, M. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101-3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279

Putri, S. and Rahmi, A. (2022). Peranan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pembelajaran daring. Educativo Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.100

Qonita, I., Dahlan, T., & Damaianti, L. (2021). Stres akademik sebagai mediator kontribusi konsep diri akademik terhadap keterlibatan siswa dalam perkuliahan daring. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 119-132. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4531

Rostini, R., Ruhyadi, S. S. A., Miftahurrazikin, M., & Fauzi, W. N. A. (2022). Konseling lintas budaya dan agama dalam penanggulangan radikalisme di lingkungan sekolah. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(2), 155-169. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4577

Saifullah, S. (2015). Hubungan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Lisan Al-Hal Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 249-258. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.99

Setyawan, I. and Dewi, K. (2015). Kesejahteraan sekolah ditinjau dari orientasi belajar mencari makna dan kemampuan empati siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi, 14(1). https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.9-20

Sholihah, A. and Maulida, W. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 12(01), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sidik, R. and Gandi, M. (2021). Pengaruh self-concept terhadap prestasi akademik siswa dimoderasi oleh self-efficacy. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1219-1232. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.226

Suhendar, W. (2023). Strategi pengembangan karakter kepemimpinan siswa melalui pembelajaran pendidikan agama islam di politeknik. Humanika, 23(1), 73-80. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.53509

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Suryati, N. and Salehudin, M. (2021). Program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578-588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Thuryrajah, V., Ahmed, E., & Nathan, R. (2019). Do public universities have more effective counselling services than private universities in melaka?. Counselling and Psychotherapy Research, 20(2), 300-308. https://doi.org/10.1002/capr.12265

Triyono. (2021). Penguatan karakter religius siswa melalui pendidikan al islam kemuhammadiyahan (studi kasus di universitas muhammadiyah palopo). Ed-Humanistics Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759-765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458

Yuliana, Y., Triyono, T., Haryono, P., & Retnawati, H. (2022). Pemodelan persamaan struktural : motivasi prestasi belajar matematika siswa terhadap aspek-aspek berpengaruh pada pembelajaran daring. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1194. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5004

Zhang, J. (2022). Sustainable engagement and academic achievement under impact of academic self-efficacy through mediation of learning agility—evidence from music education students. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.899706

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Haryanto, S., Mawaddah, N., Rahman, R., Fatmawati, F., & Octafiona, E. (2024). Analysis of Islamic Counselling and Learning Motivation: Keys to Successful Student Academic Achievement . Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1141

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)