Implementasi Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Keberhasilan di Era Disrupsi

Authors

  • Velnika Elmanisar Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Batina Yulia Utami Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Anisah Anisah Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1139

Keywords:

Kepemimpinan, Adaptif, Kepala Sekolah, Disrupsi

Abstract

Kepala sekolah memegang peranan krusial dalam pengembangan dan peningkatan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi prinsip kepemimpinan adaptif oleh kepala sekolah dalam menghadapi tantangan era disrupsi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif. Analisis dilakukan melalui content analysis terhadap berbagai referensi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan adaptif, yang melibatkan kemampuan untuk mengarahkan, mengelola, dan memberdayakan anggota organisasi, sangat penting dalam merespon perubahan yang cepat dan kompleks. Kepala sekolah yang efektif mampu berpikir visioner, berkomitmen terhadap perubahan berkelanjutan, dan mendorong kolaborasi tim untuk mencapai tujuan jangka panjang sekolah. Penerapan kepemimpinan adaptif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan prestasi siswa, serta mempersiapkan sekolah menghadapi revolusi industri empat titik nol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data.

Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Global Media (PT.GM) Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2).

CENDEKIA Jaya, P. J., & Guntoro, M. (2020). Transformasi Kepemimpinan Adaptif Di Tengah Pandemi Covid-19. Cendekia Jaya, 2(2). https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v2i2.69

Fridayani, J. A. (2021). Kepemimpinan Adaptif Dalam Agilitas Organisasi Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Modus, 33(2). https://doi.org/10.24002/modus.v33i2.4654

Gulo, S., Nadeak, B., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Nias Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1).

Hamdani, B. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar Di Sekolah Dasar Zaha (Zainul Hasan). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.585

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH ABAD 21: SEBUAH TINJAUAN TEORETIS. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Hieker, C., & Pringle, J. (2021). The History of Leadership Development. In The Future of Leadership Development. https://doi.org/10.1007/978-3-030-53544-5_2

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474

Irfan, M., MP, A. D., Armyanto, N. G., Rifqi, R. M., Azka, S. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Disruptive Innovation Terhadap Pendidikan Di Akademi Militer Pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.157

Juhji, J., Syafe’, Z., & Gunawan, A. (2020). Kepemimpinan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).

Lasiyono, M. M. (2022). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu Pada PT. XYZ. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.6275

Maatuku, F. (2018). Merenungkan Suatu Kepemimpinan Yang Efektif Dan Implementasinya Dalam Organisasi. Tangkoleh Putai, 15(1).

Nahnudin, N., Fauji, A., & Firdaos, R. (2023). Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif Terhadap Solusi Konflik Organisasi. TADBIR MUWAHHID, 7(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8127

Nawanti, R, D. dkk. (2024). Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Era Disrupsi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.58230/27454312.603

Rachmawati, E., Rizaldi Hidayatullah, A., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Box, P., Kamal, K., & Jawa Timur, B. (2023). Gaya Kepemimpinan Adaptive Leadership Seorang Pemimpin; Studi Literatur. Journal of Management and Social Sciences (JMSC), 1(3).

Ramalingam, B., Nabarro, D., Oqubuy, A., Carnall, R., & Wild, L. (2020). 5 Principles to Guide Adaptive Leadership. Harvard Business Review Digital Articles.

Rohman, E. Syarifudin, Anis Zohriah, & Fauzi, A. (2024). Model Kepemimpinan Pendidikan Adaptif Dan Partisipatif Dalam Upaya Meningktkan Profesional Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1).

Syamsiyah, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Era Disrupsi Teknologi. Seminar Nasional, 1(1). http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4712

Yulizar & Farida. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Disrupsi. Seminar Nasional Pendidikan 2019. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2667

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Elmanisar, V., Utami, B. Y., Gistituati, N., & Anisah, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Keberhasilan di Era Disrupsi . Journal of Education Research, 5(2), 2239–2246. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1139

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check