Implementasi Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Keberhasilan di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1139Keywords:
Kepemimpinan, Adaptif, Kepala Sekolah, DisrupsiAbstract
Kepala sekolah memegang peranan krusial dalam pengembangan dan peningkatan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi prinsip kepemimpinan adaptif oleh kepala sekolah dalam menghadapi tantangan era disrupsi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif. Analisis dilakukan melalui content analysis terhadap berbagai referensi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan adaptif, yang melibatkan kemampuan untuk mengarahkan, mengelola, dan memberdayakan anggota organisasi, sangat penting dalam merespon perubahan yang cepat dan kompleks. Kepala sekolah yang efektif mampu berpikir visioner, berkomitmen terhadap perubahan berkelanjutan, dan mendorong kolaborasi tim untuk mencapai tujuan jangka panjang sekolah. Penerapan kepemimpinan adaptif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan prestasi siswa, serta mempersiapkan sekolah menghadapi revolusi industri empat titik nol.
Downloads
References
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data.
Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Global Media (PT.GM) Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2).
CENDEKIA Jaya, P. J., & Guntoro, M. (2020). Transformasi Kepemimpinan Adaptif Di Tengah Pandemi Covid-19. Cendekia Jaya, 2(2). https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v2i2.69
Fridayani, J. A. (2021). Kepemimpinan Adaptif Dalam Agilitas Organisasi Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Modus, 33(2). https://doi.org/10.24002/modus.v33i2.4654
Gulo, S., Nadeak, B., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Nias Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1).
Hamdani, B. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar Di Sekolah Dasar Zaha (Zainul Hasan). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.585
Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH ABAD 21: SEBUAH TINJAUAN TEORETIS. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394
Hieker, C., & Pringle, J. (2021). The History of Leadership Development. In The Future of Leadership Development. https://doi.org/10.1007/978-3-030-53544-5_2
Husaini, H., & Fitria, H. (2019). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474
Irfan, M., MP, A. D., Armyanto, N. G., Rifqi, R. M., Azka, S. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Disruptive Innovation Terhadap Pendidikan Di Akademi Militer Pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.157
Juhji, J., Syafe’, Z., & Gunawan, A. (2020). Kepemimpinan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Lasiyono, M. M. (2022). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu Pada PT. XYZ. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.6275
Maatuku, F. (2018). Merenungkan Suatu Kepemimpinan Yang Efektif Dan Implementasinya Dalam Organisasi. Tangkoleh Putai, 15(1).
Nahnudin, N., Fauji, A., & Firdaos, R. (2023). Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif Terhadap Solusi Konflik Organisasi. TADBIR MUWAHHID, 7(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8127
Nawanti, R, D. dkk. (2024). Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Era Disrupsi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.58230/27454312.603
Rachmawati, E., Rizaldi Hidayatullah, A., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Box, P., Kamal, K., & Jawa Timur, B. (2023). Gaya Kepemimpinan Adaptive Leadership Seorang Pemimpin; Studi Literatur. Journal of Management and Social Sciences (JMSC), 1(3).
Ramalingam, B., Nabarro, D., Oqubuy, A., Carnall, R., & Wild, L. (2020). 5 Principles to Guide Adaptive Leadership. Harvard Business Review Digital Articles.
Rohman, E. Syarifudin, Anis Zohriah, & Fauzi, A. (2024). Model Kepemimpinan Pendidikan Adaptif Dan Partisipatif Dalam Upaya Meningktkan Profesional Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1).
Syamsiyah, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Era Disrupsi Teknologi. Seminar Nasional, 1(1). http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4712
Yulizar & Farida. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Disrupsi. Seminar Nasional Pendidikan 2019. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2667
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Velnika Elmanisar, Batina Yulia Utami, Nurhizrah Gistituati, Anisah Anisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).