Kajian Penataan Ruang dan Display Produk Kerajinan Batik pada Galeri Batik Danar Hadi Surabaya

Authors

  • Febriska Alya Putri Pambagus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1136

Abstract

Galeri batik Danar Hadi Surabaya merupakan salah satu produsen kerajinan kain batik ternama di Indonesia. Beragam produk yang dihasilkan oleh batik Danar Hadi menuntut suatu penataan dan penyajian produk yang menarik agar memudahkan dan mendorong keinginan pembeli untuk datang ke toko dan membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai tata ruang dan display produk pada gakeri batik Danar Hadi. Metode yang digunakan pada studi penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dari hasil pengamatan langsung, digital imaging, street view Google Maps, buku, jurnal, dan laporan ilmiah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa obyek studi menggunakan pola boutique layout dalam penataan ruang serta mengaplikasikan window display, interior display dan store sign and decorations dalam penyajian produk.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. 2009. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. CV Alvabeta, Bandung.

Anggraini, N. 2006. Peranan Gaya Desain Interior Dalam Membentuk Citra Perusahaan. Jurnal Rekayasa Perencanaan, 3(1).

Ardiansyah, M. I. 2023. Evaluasi Ruang Display Koleksi Dalam Perancangan Museum Sejarah Sunan Kudus.

Bitner, Mary Jo. 1992. Serviscapes The Impact of Physical Surrounding of Customers and Employes. Journal Marketing (56,57-71).

Danar Hadi Batik (n.d.). Perjalanan Danar Hadi. Retrieved May 22, 2024, from https://www.danarhadibatik.com/id/danar-hadi-world

Fatmawati, N. I., & Zaini, A. 2023. Pengaruh Visual Merchandising dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada Miniso Mall Olympic Garden Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 91-96. kwaru Kota Malang. Pawon, 2(2).

Isana, Allan Dwi Dan Nugraeni, Rini., 2013. Analisis Pengaruh Display Produk Below The Line Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Pada Sri Ratu Pemuda Departement Store. Skripsi.

Kusumasari, D., & Rahmi, A. N. 2019. Business preservation of batik Indonesia (heritage), challenges and the solution. Jurnal Ilmu Manajemen dan Ekonomika, 12(1), 9-14.

Narbuko, Cholid Dan Achmadi, Abu., 2013. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Ngadiman. 2008. Marketing jilid 2. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Ningsih, J. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Produk dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Di Mirota Kampus Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 461408.

Pramudyasari, H. (2011). Pusat Mode Batik Yogyakarta Transformasi Layout Rumah Jawa menjadi Fungsi Komersial.

Putri. 2008. Evaluasi Penataan Atau Display Produk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ravel, J., & Darmayanti, T. E. 2023. Kajian Pengalaman Ruang Interior Pet Shop Kota Bandung. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1179-1188.

Retnani, T. O. D. 2019. Pusat Mode Busana Urban Etnik di Surabaya. (Skripsi Sarjana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur).

Ridwan, M. 2016. Pengaruh Tata Letak dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Mubarokfood Cipta Delicia (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Siregar, F. O., Rondonuwu, D. M., & Poli, H. 2017. Kajian Hubungan Ketertarikan Pengunjung dengan Atmosphere Ruang Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Manado Town Square). Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 6(3), 160-165.

Soeharjanto, D., Widyarthara, A., & Hamka, H. 2018. Penerapan Perancangan pada Penataan Ruang Pamer Kerajinan Keramik di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowo

Sopiah, Syihabudhin, 2017. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Ofsset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supariyani, E., & Marpaung, B. S. 2013. Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 13-22.

Tinarbuko, S. 2009. Semiotika Komunikasi Visual, cetakan 3. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

Trisna, S. N. C., & Agustin, D. 2021. Kajian Penataan Ruang dan Display Produk Kerajinan Tas Dan Koper Intako Tanggulangin. WIDYASTANA Jurnal Mahasiswa Arsitektur, 2(02), 510-520.

Triyono, S. 2006. Sukses terpadu bisnis ritel. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yunisa, C. P. 2022. Tinjauan Tata Letak Area Kerja Berdasarkan Alur Produksi di Rumah Batik Komar (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Pambagus, F. A. P. (2024). Kajian Penataan Ruang dan Display Produk Kerajinan Batik pada Galeri Batik Danar Hadi Surabaya. Journal of Education Research, 5(2), 2035–2043. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1136

Issue

Section

Articles

Categories