Validitas Media Digital Nearpod untuk Pembelajaran Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1134Keywords:
Validitas, Media Pembelajaran, NearpodAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA. Siswa kesulitan menyajikan pembacaan puisi dikarenakan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan media konvensional sehingga siswa bertindak sebagai penerima saja. Nearpod merupakan media pembelajaran digital yang bersifat interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Validitas media digital nearpod ditinjau dari aspek media, bahasa, dan materi. Setelah dilakukan pengembangan, media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA ini divalidasi oleh tiga validator yakni ahli media, bahasa, dan materi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi yang kemudian menghasilkan data skor validasi. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA valid untuk digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar sembilan puluh lima persen dan berkategori sangat valid.
Downloads
References
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187-1830187. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/19
Citraningsih, D., & Wiranata, R. R. S. (2022). Analisis SWOT Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 pada Sekolah Dasar. Humanika, 22(1), 21–40. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.47092
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Ismah, R., & Zuliarni. (2022). Pengembangan Desain Pesan Berbasis Platform Nearpod pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 33–39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.560
Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3724/2494
Mustika, T. P., Fajriani, S. W., Prasetio, M. B., & Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 901-906. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/509
Okra, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies, 4(2), 121-134. https://core.ac.uk/download/pdf/276285396.pdf
Permatasari, S., Zulhafizh, Z., Septyanti, E., Mustika, T. P., Rasdana, O., Pernantah, P. S., & Rizka, M. (2023). Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710-2714. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip /index.php/JIIP/article/view/1737
Permatasari, S., Darmawan, T. H., Rendy, R., Azzahra, N., Zulaika, L., Asomah, U., ... & Puspita, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Kahoot di SMA Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 274-279. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/915/897
Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIE. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Nearpod untuk Melatih Keterampilan Perakitan Komputer. UNILA. http://digilib.unila.ac.id/63251/
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1399
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo /article/view/5365
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fayza Marbella, Silvia Permatasari, Tria Putri Mustika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).