Validitas Media Digital Nearpod untuk Pembelajaran Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Fayza Marbella Universitas Riau, Indonesia
  • Silvia Permatasari Universitas Riau , Indonesia
  • Tria Putri Mustika Universitas Riau , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1134

Keywords:

Validitas, Media Pembelajaran, Nearpod

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA. Siswa kesulitan menyajikan pembacaan puisi dikarenakan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan media konvensional sehingga siswa bertindak sebagai penerima saja. Nearpod merupakan media pembelajaran digital yang bersifat interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Validitas media digital nearpod ditinjau dari aspek media, bahasa, dan materi. Setelah dilakukan pengembangan, media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA ini divalidasi oleh tiga validator yakni ahli media, bahasa, dan materi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi yang kemudian menghasilkan data skor validasi. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berbasis nearpod pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas X SMA valid untuk digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar sembilan puluh lima persen dan berkategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187-1830187. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/19

Citraningsih, D., & Wiranata, R. R. S. (2022). Analisis SWOT Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 pada Sekolah Dasar. Humanika, 22(1), 21–40. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.47092

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652

Ismah, R., & Zuliarni. (2022). Pengembangan Desain Pesan Berbasis Platform Nearpod pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 33–39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.560

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3724/2494

Mustika, T. P., Fajriani, S. W., Prasetio, M. B., & Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 901-906. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/509

Okra, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies, 4(2), 121-134. https://core.ac.uk/download/pdf/276285396.pdf

Permatasari, S., Zulhafizh, Z., Septyanti, E., Mustika, T. P., Rasdana, O., Pernantah, P. S., & Rizka, M. (2023). Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710-2714. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip /index.php/JIIP/article/view/1737

Permatasari, S., Darmawan, T. H., Rendy, R., Azzahra, N., Zulaika, L., Asomah, U., ... & Puspita, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Kahoot di SMA Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 274-279. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/915/897

Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIE. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Nearpod untuk Melatih Keterampilan Perakitan Komputer. UNILA. http://digilib.unila.ac.id/63251/

Rangkuti, A. N. (2016). Metode Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1399

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo /article/view/5365

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Marbella, F., Permatasari, S., & Mustika , T. P. (2024). Validitas Media Digital Nearpod untuk Pembelajaran Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA. Journal of Education Research, 5(3), 2600–2607. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1134

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check