Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi para generasi muda di Indonesia. Dilansir dari laman kemendikbud.go.id, berdasarkan hasil tes PISA (The programme for International Student Assessment) yang dirilis oleh OECD (Organization for Economic Cooperation) tahun 2016 mengungkapkan bahwa kemampuan sains anak-anak Indonesia berada di bawah negara Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Selain itu, data persentase dari UNESCO menyatakan bahwa minat baca anak-anak di Indonesia berada pada angka 0,01 persen, yang berarti dari 10,000 anak hanya 1 anak saja yang gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensitas literasi bagi para remaja atau generasi muda yang biasa dipanggil dengan istilah Gen Z terutama untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, serta cara dan metode yang tepat untuk menekankan budaya literasi sesuai dengan karakteristik Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta kuesioner yang disebarkan melalui link google form kepada objek penelitian, yakni para remaja kisaran tahun lahir 1996-2012 sebagai bagian dari generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda di Indonesia kurang memiliki minat baca maupun minat menulis. Cara memberikan penekanan budaya literasi yang dapat digunakan untuk menarik minat generasi muda harus sesuai dengan zaman dan karakteristik generasi tersebut, yakni melalui promosi sosial media dan pemanfaatan teknologi internet. Salah satunya pemanfaatan konten short video dalam platform sosial media tik tok, instagram, dan youtube.
Downloads
References
Anonim. 2021. “Studi Literatur : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya.“
Badan Bahasa Sikapi Rendahnya Tingkat Literasi di Indonesia. Badan Pengembangan dan pembinaan bahasa.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.
Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Makalah. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat tanggal 2 Agustus 2018. Jakarta: LPPM Unindra.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Thousand Oaks: CA: Corwin.
Lukum, Astin. 2019. Pendidikan 4.0 di era Generasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.
Nugraha, Dipa dan Octavianah, Dian. 2020. Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukartono. 2020. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sladek, Sarah dan Grabinger, Alyx. 2014. Gen Z The first generation of the 21st Century has arrived!. California: Xyz University Of California.
Zdel, Hinkin, T. R., Tracey, J. B., Enz, C. a., Riris, R. H., Pixler, P. W., عامر, د. و. م., Treloar, C., Champness, S., Simpson, P. L., Higginbotham, N., Description, A., Outcome, E., Anderson, D. ., Krathwol, L. ., Maháthera, N., Geometry, R., Analysis, G., & Yin, R. K. (2001). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). https://doi.org/10.1177/109634809702100108
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Laili Nurin Nabila, Fahrizal Putra Utama, Alif Ahya Habibi, Ifa Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).