Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Laili Nurin Nabila Bahasa dan Budaya, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Fahrizal Putra Utama Bahasa dan Budaya, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Alif Ahya Habibi Bahasa dan Budaya, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Ifa Hidayah Fisika, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi para generasi muda di Indonesia. Dilansir dari laman kemendikbud.go.id, berdasarkan hasil tes PISA (The programme for International Student Assessment) yang dirilis oleh OECD (Organization for Economic Cooperation) tahun 2016 mengungkapkan bahwa kemampuan sains anak-anak Indonesia berada di bawah negara Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Selain itu, data persentase dari UNESCO menyatakan bahwa minat baca anak-anak di Indonesia berada pada angka 0,01 persen, yang berarti dari 10,000 anak hanya 1 anak saja yang gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensitas literasi bagi para remaja atau generasi muda yang biasa dipanggil dengan istilah Gen Z terutama untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, serta cara dan metode yang tepat untuk menekankan budaya literasi sesuai dengan karakteristik Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta kuesioner yang disebarkan melalui link google form kepada objek penelitian, yakni para remaja kisaran tahun lahir 1996-2012 sebagai bagian dari generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda di Indonesia kurang memiliki minat baca maupun minat menulis. Cara memberikan penekanan budaya literasi yang dapat digunakan untuk menarik minat generasi muda harus sesuai dengan zaman dan karakteristik generasi tersebut, yakni melalui promosi sosial media dan pemanfaatan teknologi internet. Salah satunya pemanfaatan konten short video dalam platform sosial media tik tok, instagram, dan youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2021. “Studi Literatur : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya.“

Badan Bahasa Sikapi Rendahnya Tingkat Literasi di Indonesia. Badan Pengembangan dan pembinaan bahasa.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.

Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Makalah. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat tanggal 2 Agustus 2018. Jakarta: LPPM Unindra.

Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Thousand Oaks: CA: Corwin.

Lukum, Astin. 2019. Pendidikan 4.0 di era Generasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Nugraha, Dipa dan Octavianah, Dian. 2020. Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukartono. 2020. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sladek, Sarah dan Grabinger, Alyx. 2014. Gen Z The first generation of the 21st Century has arrived!. California: Xyz University Of California.

Zdel, Hinkin, T. R., Tracey, J. B., Enz, C. a., Riris, R. H., Pixler, P. W., عامر, د. و. م., Treloar, C., Champness, S., Simpson, P. L., Higginbotham, N., Description, A., Outcome, E., Anderson, D. ., Krathwol, L. ., Maháthera, N., Geometry, R., Analysis, G., & Yin, R. K. (2001). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). https://doi.org/10.1177/109634809702100108

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah , I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)