Pengaruh Penerapan Relaksasi Progresif dalam Mengatasi Stres Akademik Siswa di SMKS

Authors

  • Okta Savira Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Evi Afiati Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Seni Rupa, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1128

Keywords:

Relaksasi Progresif, Stres Akademik, Konseling Kelompok

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat stres akademik yang dialami siswa kelas XII di SMKS Yuppentek lima Curug Tangerang akibat berbagai faktor serta keterbatasan layanan bimbingan dan konseling. Untuk mengatasi masalah ini, layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi progresif dipilih sebagai metode intervensi. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain satu kelompok yang diuji sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi progresif berpengaruh dalam mengatasi stres akademik siswa. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil menunjukkan bahwa teknik relaksasi progresif berpengaruh dalam mengatasi stres akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwitama, Tinutur Restu. (2021). Efektivitas Teknik Relaksasi Otot Untuk Membantu Siswa Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa Kelas XI di SMA 1 Sewon. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 7, No. 1.

Fayzun, F., & Cahyanti, L. (2019). Terapi relaksasi otot progresif untuk menurunkan tingkat stres pada mahiswa tingkat akhir Keperawatan Krida Husada Kudus. Jurnal Profesi Keperawatan, 6(2), 121–133.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriani, T (2021). Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, scholar.archive.org.

Kasiram, Mohammad. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Konadi, H., Mudjiran., & Yeni, K. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor. Vol, 6. No, 4. Hal 120-131.

Latipun. (2015). Psikologi Konseling. Malang: UMM PRESS.

Rahmawati, W.K. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia. Volume 1, Nomor 1.

Resti, I. B. (2014). Teknik relaksasi otot progfresif untuk mengurangi stres pada penderita asma. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 1–20.

Robotham, D. (2008). Stres Among Higher Education Students: Towards a Research Agenda. Springer Science Business Media B.V., 26 (3) 735-746.

Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa-Siswi Kelas XI pada SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. IKRAITH-Humanira: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(3), 87–95.

Singgih, Santoso. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia Computindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tibr, T. U. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMK Sahid Jakarta pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pandemi Covid-19 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tori Rihiantoro, Ririn Sri Handayani, Niluh Made Wahyuningrat & Suratminah. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. Volume 14, Nomor 2. hal. 129 – 135.

Zulis Noor Rafik Rustam, Suhermi & Rizqy Iftitah Alam. (2020). Relaksasi Otot Progresif Berpengaruh Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir DiProgram Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muslim Indonesia. Window of Nursing Journal, Vol.01No.02: 123 -132

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Savira, O., Afiati, E., & Rahmawati, R. (2024). Pengaruh Penerapan Relaksasi Progresif dalam Mengatasi Stres Akademik Siswa di SMKS . Journal of Education Research, 5(3), 2595–2599. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1128

Issue

Section

Articles

Citation Check