Buku Panduan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1125Keywords:
Buku Panduan, Teknik Self Management, Prokrastinasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku panduan teknik self management. Metode penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development dengan menggunakan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Evaluation. Asesmen yang dilakukan peneliti pada studi pendahuluan berupa wawancara guru bimbingan dan konseling serta penyebaran angket prokrastinasi akademik kepada delapan puluh siswa kelas VIII. Hasilnya diketahui terdapat siswa yang melakukan prokrastinasi akademik setiap tahunnya, hasil angket menunjukkan terdapat enam belas persen siswa mengalami prokrastinasi kategori tinggi, tujuh puluh satu persen kategori sedang, dan tiga belas persen kategori rendah. Maka dari itu peneliti memiliki ide untuk mengembangkan produk yang ditujukan kepada guru bk sebagai media penunjang dalam menyelesaikan permasalahan prokrastinasi akademik. Produk yang dikembangkan telah mendapat nilai kelayakan sebesar sembilan puluh empat koma tujuh persen dengan kategori sangat layak. Pada uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar sembilan puluh satu persen, uji ahli media sebesar sembilan puluh tujuh koma dua, dan praktisi sebesar sembilan puluh lima koma delapan. Hasil uji terbatas yang dilakukan kepada enam siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media buku panduan teknik self management sebagai media guru bk untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa.
Downloads
References
Aprilianti, W. A. (2022). Pengembangan Modul Keterampilan Manajemen Waktu Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 711-724.
Apriliani, M. D., Hestiningrum, E., Rosada, U. D., & Santosa, H. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Fgd Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMP N 1 Madukara. Jurnal Konseling Gusjigang, 9(1), 25-33.
Agustina, F. F., Rahmawati, R., & Khairun, D. Y. (2023). Profil Prokrastinasi akademik Siswa SMK Negeri di Kota Serang. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 20(01), 83-92.
Antariyani, K. N. W., Suarni, N. K., & Sudarsana, G. N. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meminimalisasi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(3).
Astuti, A. I. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.
Abidin, Z. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literatur, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi pendidikan dasar, 7(1), 37– 52.
Ayuningtyas, D. (2020). Pengembangan Panduan Pelaksanaan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMP. Skripsi.
BSNP. 2014. Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Kelayakan Kegrafikan. Jakarta: BSNP.
Danim. (2011). Pengembangan profesi guru. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2008). Peraturan pemerintah RI no.19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dhion, F. T., Saputra, W. N. E., & Handayani, N. (2022). Keberhasilan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 57-66.
Erlangga, (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018.
Febrianti, E. A., & Setyawati, S. P. (2022). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 1-6.
Ferrari, J.R., Johnson, J. L., & Mc Cown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research and treatment. New York: Plenum Press.
Ghufron & Risnawita. (2022). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.
Islamiyah, W., Putri, R. D., & Sari, S. P. (2022). Pedekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 1 Lais. Journal on Teacher Education, 4(2), 172-181.
Komalasari, G., Wahyuni, E., Karsih, (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
Khopipah, N. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Mengenai Usia Ideal Perkawinan. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 680-692.
Khoiriyah, A. (2017). Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Belajar bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Liling, E. R., Firmanto, A. N., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Humanitas, 10(2), 59.
Maryuni, (2011). Pembelajaran Sejarah dengan Media Komik. FIS Universitas Negeri Yogyakarta. Jilid 10
Ni’am, N. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nisa, F. S., Muhari, Pratiwi, T. L, Chiristiana, E. (2013). Penerapan Strategi Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukomono Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal BK UNESA. Vol. 1: 36-42.
Popowiranta, A., Widiastuti, R., & Mahfud, A. (2019). Penggunaan Solution Focused Brief Counseling (Sfbc) Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(2).
Salawane, H. (2020). Pengembangan panduan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan kerja keras siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Saka, A. D., & Wirastania, A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 38(2), 59-68.
Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1-5.
Siregar, M., Fitria, S., & Damayanti, E. (2022). Pengaruh self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 403-409.
Solichah, N. (2020). Konseling Pendekatan Terapi Realitas Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 8-15.
Wardana, A. Y., Rahman, D. H., & Multisari, W. (2023). Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Buletin Konseling Inovatif, 3(1).
Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Konseling, 16(2).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Maharani Lilhawaditsi, Arga Satrio Prabowo, Rahmawati Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).