Buku Panduan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik

Authors

  • Maharani Lilhawaditsi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Arga Satrio Prabowo Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Seni Rupa, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Meilla Dwi Nurmala Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1125

Keywords:

Buku Panduan, Teknik Self Management, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku panduan teknik self management. Metode penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development dengan menggunakan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Evaluation. Asesmen yang dilakukan peneliti pada studi pendahuluan berupa wawancara guru bimbingan dan konseling serta penyebaran angket prokrastinasi akademik kepada delapan puluh siswa kelas VIII. Hasilnya diketahui terdapat siswa yang melakukan prokrastinasi akademik setiap tahunnya, hasil angket menunjukkan terdapat enam belas persen siswa mengalami prokrastinasi kategori tinggi, tujuh puluh satu persen kategori sedang, dan tiga belas persen kategori rendah. Maka dari itu peneliti memiliki ide untuk mengembangkan produk yang ditujukan kepada guru bk sebagai media penunjang dalam menyelesaikan permasalahan prokrastinasi akademik. Produk yang dikembangkan telah mendapat nilai kelayakan sebesar sembilan puluh empat koma tujuh persen dengan kategori sangat layak. Pada uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar sembilan puluh satu persen, uji ahli media sebesar sembilan puluh tujuh koma dua, dan praktisi sebesar sembilan puluh lima koma delapan. Hasil uji terbatas yang dilakukan kepada enam siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media buku panduan teknik self management sebagai media guru bk untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti, W. A. (2022). Pengembangan Modul Keterampilan Manajemen Waktu Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 711-724.

Apriliani, M. D., Hestiningrum, E., Rosada, U. D., & Santosa, H. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Fgd Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMP N 1 Madukara. Jurnal Konseling Gusjigang, 9(1), 25-33.

Agustina, F. F., Rahmawati, R., & Khairun, D. Y. (2023). Profil Prokrastinasi akademik Siswa SMK Negeri di Kota Serang. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 20(01), 83-92.

Antariyani, K. N. W., Suarni, N. K., & Sudarsana, G. N. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meminimalisasi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(3).

Astuti, A. I. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.

Abidin, Z. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literatur, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi pendidikan dasar, 7(1), 37– 52.

Ayuningtyas, D. (2020). Pengembangan Panduan Pelaksanaan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMP. Skripsi.

BSNP. 2014. Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Kelayakan Kegrafikan. Jakarta: BSNP.

Danim. (2011). Pengembangan profesi guru. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2008). Peraturan pemerintah RI no.19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dhion, F. T., Saputra, W. N. E., & Handayani, N. (2022). Keberhasilan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 57-66.

Erlangga, (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018.

Febrianti, E. A., & Setyawati, S. P. (2022). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 1-6.

Ferrari, J.R., Johnson, J. L., & Mc Cown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research and treatment. New York: Plenum Press.

Ghufron & Risnawita. (2022). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Islamiyah, W., Putri, R. D., & Sari, S. P. (2022). Pedekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 1 Lais. Journal on Teacher Education, 4(2), 172-181.

Komalasari, G., Wahyuni, E., Karsih, (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

Khopipah, N. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Mengenai Usia Ideal Perkawinan. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 680-692.

Khoiriyah, A. (2017). Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Belajar bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Liling, E. R., Firmanto, A. N., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Humanitas, 10(2), 59.

Maryuni, (2011). Pembelajaran Sejarah dengan Media Komik. FIS Universitas Negeri Yogyakarta. Jilid 10

Ni’am, N. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nisa, F. S., Muhari, Pratiwi, T. L, Chiristiana, E. (2013). Penerapan Strategi Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukomono Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal BK UNESA. Vol. 1: 36-42.

Popowiranta, A., Widiastuti, R., & Mahfud, A. (2019). Penggunaan Solution Focused Brief Counseling (Sfbc) Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(2).

Salawane, H. (2020). Pengembangan panduan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan kerja keras siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Saka, A. D., & Wirastania, A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 38(2), 59-68.

Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1-5.

Siregar, M., Fitria, S., & Damayanti, E. (2022). Pengaruh self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 403-409.

Solichah, N. (2020). Konseling Pendekatan Terapi Realitas Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 8-15.

Wardana, A. Y., Rahman, D. H., & Multisari, W. (2023). Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Buletin Konseling Inovatif, 3(1).

Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Konseling, 16(2).

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Lilhawaditsi, M., Prabowo, A. S., Rahmawati , R., & Nurmala, M. D. (2024). Buku Panduan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Journal of Education Research, 5(2), 1947–1955. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1125

Issue

Section

Articles

Citation Check