Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa

Authors

  • Sus Jumiati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1116

Abstract

Pendidikan adalah suatu cara untuk mengangkat harkat serta martabat pada umat manusia dalam kehidupan yang berkesinambungan. Dalam dunia Pendidikan tentunya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas belajar siswa. Dari banyaknya faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa, faktor yang berpengaruh dan memiliki kontribusi bagi peningkatan hasil belajar siswa adalah motivasi belajar siswa dan fasilitas pemberlajaran yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik siswa. Metode yang diguanakan yaitu penelitian kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri satu Magetan dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak sembilan ratus tiga puluh dua orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling sebagai teknik penentuan sampel. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa, dan pada fasilitas pembelajaran  tidak terdapat pengaruh secara parsial fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1–6.

Darmawati, J. (2013). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.

Endrayanto, H. Y. S., & Harumurti, Y. W. (2014). Penilaian belajar siswa di sekolah. PT Kanisius.

Fadhila Sena, T., & Artikel, I. (2011). Jurnal Dinamika Manajemen Variabel Antiseden Organizational Citizenship Behavior (Ocb). Jdm, 2(1), 70–77. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm

Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Haryono, S. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Iqbal, R., Juliarti, R. R., & Dimyati, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) dalam Teknik Dribble Permainan Bola Basket. 2(2), 37–43.

Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada kompetensi mengelola dokumen transaksi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rahmawati, R., & Sultoni, M. R. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Karimah Tauhid, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.138

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Jumiati, S., Riyanto, Y., Izzati, U. A., Khamidi, A., Hariyati, N., & Rifqi, A. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2371–2378. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1116

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>