Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1116Abstract
Pendidikan adalah suatu cara untuk mengangkat harkat serta martabat pada umat manusia dalam kehidupan yang berkesinambungan. Dalam dunia Pendidikan tentunya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas belajar siswa. Dari banyaknya faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa, faktor yang berpengaruh dan memiliki kontribusi bagi peningkatan hasil belajar siswa adalah motivasi belajar siswa dan fasilitas pemberlajaran yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik siswa. Metode yang diguanakan yaitu penelitian kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri satu Magetan dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak sembilan ratus tiga puluh dua orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling sebagai teknik penentuan sampel. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa, dan pada fasilitas pembelajaran tidak terdapat pengaruh secara parsial fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik siswa.
Downloads
References
Annisa, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1–6.
Darmawati, J. (2013). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.
Endrayanto, H. Y. S., & Harumurti, Y. W. (2014). Penilaian belajar siswa di sekolah. PT Kanisius.
Fadhila Sena, T., & Artikel, I. (2011). Jurnal Dinamika Manajemen Variabel Antiseden Organizational Citizenship Behavior (Ocb). Jdm, 2(1), 70–77. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm
Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Haryono, S. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.
Iqbal, R., Juliarti, R. R., & Dimyati, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) dalam Teknik Dribble Permainan Bola Basket. 2(2), 37–43.
Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada kompetensi mengelola dokumen transaksi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, R., & Sultoni, M. R. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Karimah Tauhid, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.138
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sus Jumiati, Yatim Riyanto, Umi Anugerah Izzati, Amrozi Khamidi, Nunuk Hariyati, Ainur Rifqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).