Pengaruh Dukungan Wali Murid, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1115Keywords:
Dukungan Wali Murid, Fasilitas Pembelajaran, Kompetensi Guru, Prestasi AkademikAbstract
Dukungan wali murid, fasilitas belajar dan kompetensi guru mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMP Negeri satu Magetan. Untuk itu, para orang tua dan guru perlu selalu memantau perkembangan siswa agar prestasi mereka di sekolah terus berkembang dengan baik. Penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian dengan jenis deskriptif yang menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri satu Magetan yang berjumlah tiga ratus tiga belas siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak tiga ratus tiga belas siswa kelas delapan. Metode pengambilan sampel di dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probability sampling. Bentuk pengambilan sampel ini didasarkan pada penyebaran kuesioner secara online melalui WhatsApp grup. Data dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian pada Variabel Dukungan Wali Murid menunjukkan berarti ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Sementara variabel Kompetensi Guru terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri satu Magetan.
Downloads
References
Al Faqih, M. J., Sudinadji, M. B., & Mumpuni, K. E. (2022). Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 276–291.
Aprilia, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs N 4 Lombok Timur.
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Hasibuan Irwitadia. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Peluang, 6(2), 156. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.1029
Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(2), 79–95.
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51.
Mustari, M. (2022). Manajemen pendidikan di era merdeka belajar. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ningsih, S. H. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar. Universitas Medan Area.
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma kompetensi guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 12–16.
Prasetiyo, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak. Bravo’s Jurnal, 6(3), 117–121.
Prasetiyo, R., & Yunarta, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Olahraga pada Atlet Kab Jombang. Porkes, 6(0707048901), 1–10. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.5713
Rahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Rusyadi, S. H. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar pada mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Dewie Tri Wijayati Wardoyo, Bambang Sigit Widodo, Amrozi Khamidi, Karwanto Karwanto, Nunuk Hariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).