Hubungan Interaksi Langsung dan Tidak Langsung (Media Gadget) terhadap Karakter Pelajar Pancasila

Authors

  • Fania Putri Aprelia Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Hadyan Bintang Madarina Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Ersa Tis'atul Fitria Mayasari Ilmu Pengetahuan Sosial, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Ucik Nurmawati Bahasa Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.111

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan interaksi sosial pada remaja di Desa Kepung yang sering berkomunikasi menggunakan gadget daripada berinteraksi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menyeimbangkan interaksi sosial pelajar antara interaksi secara langsung maupun tidak langsung yakni melalui gadget agar tidak menghilangkan karakter jiwa Pancasila. Karakter ini diwujudkan dengan adanya interaksi sosial para pelajar Desa Kepung untuk mempersatukan remaja-remaja berdasarkan sila ke-3 Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan peran pelajar Desa Kepung dalam pembentukan karakter pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data berdasarkan angket dan observasi. Penelitian ini menghasilkan tumbuhnya jiwa pelajar Pancasila pada remaja desa kepung dengan seimbangnya interaksi secara langsung maupun melalui gadget. Pelajar mengerti pentingnya menyeimbangkan keduanya agar tidak mengganggu pembentukan karakter.  Karakter jiwa pancasila ini penting bagi pendidikan pelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suryatni, L. (2020). Komunikasi Media Sosial dan Nilai Nilai Budaya Pancasila Social Media Communications and Cultural Values of Pancasila. Sistem Informasi, 117-133.

Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Mimbar Ilmu, XXVI, 167-173.

Anshar, A., Nadjib, N., & Supratomo, S. (2017). Tingkat Aksesibilitas dan Pemanfaatan Media Baru dalam Proses Pembelajaran dan Interaksi Sosial di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Pertama. Ilmu Komunikasi, VI, 20-27.

Astuti, A. P., & Rps, A. N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Analisa Sosiologi, VI, 91-111.

Aziz, M., & Nurainiah, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Dayah Meunara Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara. Al-Ijtimaiyyah, 19-39.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Panduan Penulisan dan Penyusunan. Keperawatan, 38-43.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Pendidikan, VI, 213-320.

Meinarno, E. A., & Mashoedi, S. F. (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara Nilai Nilai Pancasila dan Kewarganegaraan. Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 12-22.

Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing, 12-18.

Utaminingsih, I. A. (2006). Pengaruh Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Institut Pertanian Bogor, 47-74.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi Teknologi Masyarakat. Komunika, VII, 94-99.

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Aprelia, F. P., Madarina, H. B., Mayasari, E. T. F., & Nurmawati, U. (2023). Hubungan Interaksi Langsung dan Tidak Langsung (Media Gadget) terhadap Karakter Pelajar Pancasila. Journal of Education Research, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.111

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)