Hubungan Interaksi Langsung dan Tidak Langsung (Media Gadget) terhadap Karakter Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.111Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan interaksi sosial pada remaja di Desa Kepung yang sering berkomunikasi menggunakan gadget daripada berinteraksi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menyeimbangkan interaksi sosial pelajar antara interaksi secara langsung maupun tidak langsung yakni melalui gadget agar tidak menghilangkan karakter jiwa Pancasila. Karakter ini diwujudkan dengan adanya interaksi sosial para pelajar Desa Kepung untuk mempersatukan remaja-remaja berdasarkan sila ke-3 Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan peran pelajar Desa Kepung dalam pembentukan karakter pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data berdasarkan angket dan observasi. Penelitian ini menghasilkan tumbuhnya jiwa pelajar Pancasila pada remaja desa kepung dengan seimbangnya interaksi secara langsung maupun melalui gadget. Pelajar mengerti pentingnya menyeimbangkan keduanya agar tidak mengganggu pembentukan karakter. Karakter jiwa pancasila ini penting bagi pendidikan pelajar.
Downloads
References
Suryatni, L. (2020). Komunikasi Media Sosial dan Nilai Nilai Budaya Pancasila Social Media Communications and Cultural Values of Pancasila. Sistem Informasi, 117-133.
Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Mimbar Ilmu, XXVI, 167-173.
Anshar, A., Nadjib, N., & Supratomo, S. (2017). Tingkat Aksesibilitas dan Pemanfaatan Media Baru dalam Proses Pembelajaran dan Interaksi Sosial di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Pertama. Ilmu Komunikasi, VI, 20-27.
Astuti, A. P., & Rps, A. N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Analisa Sosiologi, VI, 91-111.
Aziz, M., & Nurainiah, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Dayah Meunara Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara. Al-Ijtimaiyyah, 19-39.
Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Panduan Penulisan dan Penyusunan. Keperawatan, 38-43.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Pendidikan, VI, 213-320.
Meinarno, E. A., & Mashoedi, S. F. (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara Nilai Nilai Pancasila dan Kewarganegaraan. Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 12-22.
Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing, 12-18.
Utaminingsih, I. A. (2006). Pengaruh Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Institut Pertanian Bogor, 47-74.
Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi Teknologi Masyarakat. Komunika, VII, 94-99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fania Putri Aprelia, Hadyan Bintang Madarina, Ersa Tis'atul Fitria Mayasari, Ucik Nurmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).