Siapkah Sekolah Penggerak PAUD Menerapkan Kurikulum Nasional 2025?

Authors

  • Rosmiati Rosmiati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia
  • Ulfah Irani Zakaria Sistem Komputer, STMIK Indonesia Banda Aceh, Indonesia
  • Lia Mauliana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia
  • Suhartati Suhartati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1108

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kesiapan Sekolah, PAUD

Abstract

Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah penggerak merupakan pilot project yang dicanangkan oleh kemendikbudristek Indonesia. Namun, hanya kepemimpinan kepala sekolah yang menjadi poin penilaian dalam tahapan seleksi, sementara kesiapan sumber daya lainnya kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan sekolah dalam aspek sumber daya sekolah, partisipasi orang tua dan masyarakat, kurikulum, dan digitalisasi sekolah dan hambatan yang dihadapi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di TK Gemah Ripah, TKN Wajar Mutiara, dan TKN Pembina Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Subjek penelitian adalah tiga kepala sekolah, enam komite pembelajaran guru, dan tiga guru kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan sumber daya manusia masih rendah akibat minimnya pelatihan, keterbatasan teknologi, kompetensi guru dalam penyesuaian materi pembelajaran dan modul ajar dan kompetensi digital guru masih rendah, dan partisipasi orang tua dan masyarakat yang masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., & Rachmawati, I. (2021). Peran Stakeholder dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 70-80.

AR, M., Usman, N., & Irani Z, U. (2023). Teachers’ Continuing Professional Development (Cpd) in Aceh Province, Indonesia. Cognizance Journal of Multidisciplinary Studies, 3(9), 51–68. https://doi.org/10.47760/cognizance.2023.v03i09.004

Arifin, M., & Maulana, A. (2023). Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 95-104.

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Fitria, R., et al. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 75-84.

Haris, S., et al. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka dan Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 12(4), 140-150.

Huda, M. (2018). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kesiapan Sekolah. Jurnal Pendidikan, 12(1), 15-29.

Huda, S. M. (2018). Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1–84.

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kahfi, A. (2022). Kesiapan Sekolah dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 25-34.

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R. dan T. (2021). Konsep Dasar Program Sekolah Penggerak. 38–58.

Lestari, E., et al. (2022). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 115-123.

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Murniati, A. R., Nasir, U., & Irani, U. (2022). Who Wants to Be A teacher? Menyiapkan Guru Profesional di Era Global Society 5 . 0.

Murniati, S., et al. (2022). Kompetensi Teknologi bagi Guru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 90-100.

Ningsih, H., et al. (2023). Pelatihan Teknologi untuk Pendidik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 105-115.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Prabowo, H. (2019). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(1), 1–10. file:///E:/File Ridho/File Kuliah/File Semester 6/Kajian Kurikulum/Artikel Peranan Kurikulum.pdf

Prasetyo, E. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 60-70.

Priyanto, R., & Yuliana, S. (2020). Partisipasi Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 8(1), 40-50.

Putra, R. M., et al. (2021). Kolaborasi dalam Pendidikan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 55-62.

Rahardja, U., Tiara, K., & Rosalinda, I. A. (2016). Pemanfaatan Google Scholar Dan Citation Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 1(1), 95–113. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.28

Ramadhani, R. (2023). Tantangan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 125-135.

Saraswati, N. (2022). Kesiapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(2), 85-92.

Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.

Usman, N., Abdurrahman, M., Niswanto, Zakaria, U. I., & Yusuf, Y. Q. (2023). Did quality of education exist during the COVID-19 pandemic? A study of integrated total quality management of high schools in Aceh, Indonesia. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2282222

Wati, S., & Sari, D. (2022). Keterlibatan Komunitas dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 7(2), 40-50.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Yulianti, N., & Ardianto, R. (2023). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 8(4), 130-139.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Rosmiati, R., Zakaria, U. I., Mauliana, L., & Suhartati, S. (2024). Siapkah Sekolah Penggerak PAUD Menerapkan Kurikulum Nasional 2025?. Journal of Education Research, 5(3), 3772–3782. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1108

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check