Efektivitas Program AI dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa di Orbit Future Academy

Authors

  • Muhammad Riyandi Universitas Lambung Mangkurat
  • Agus Salim Universitas Lambung Mangkurat
  • Qomario Qomario Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian penting dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penelitian ini mengevaluasi implementasi dan efektivitas program kecerdasan buatan di Orbit Future Academy dan dampaknya terhadap kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas program AI di Orbit Future Academy dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa menghadapi tantangan masa depan penelitian ini menemukan fakta bahwa integrasi AI dalam kurikulum pendidikan meningkatkan penggunaan teknologi pendidikan lainnya, seperti platform pembelajaran online dan sistem analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi signifikan AI terhadap efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang penggunaan AI yang efektif dalam pendidikan dan menyoroti pentingnya integrasi teknologi pendidikan lainnya untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang holistik dalam penggunaan teknologi dapat menghasilkan dampak positif yang lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rompton, H., Burke, D. Artificial Intelligence In Higher Education: The State Of The Field. Int J Educ Technol High Educ 20, 22 (2023). Https://Doi.Org/10.1186/S41239-023-00392-8

Bond, M., Khosravi, H., De Laat, M. Et Al. A Meta Systematic Review Of Artificial Intelligence In Higher Education: A Call For Increased Ethics, Collaboration, And Rigour. Int J Educ Technol High Educ 21, 4 (2024). Https://Doi.Org/10.1186/S41239-023-00436-Z

Bates, T., Cobo, C., Mariño, O. Et Al. Can Artificial Intelligence Transform Higher Education?. Int J Educ Technol High Educ 17, 42 (2020). Https://Doi.Org/10.1186/S41239-020-00218-X

Bond, M., Khosravi, H., De Laat, M. Et Al. A Meta Systematic Review Of Artificial Intelligence In Higher Education: A Call For Increased Ethics, Collaboration, And Rigour. Int J Educ Technol High Educ 21, 4 (2024). Https://Doi.Org/10.1186/S41239-023-00436-Z

Joost Vanreusel Et Al. "Esa Academy’s Orbit Your Thesis! Programme." 4th Symposium On Space Educational Activities (2022).

Https://Doi.Org/10.5821/Conference- 9788419184405.051.

Lestari, Cindy. (2018). Jaringan Saraf Tiruan: Teori Dan Implementasi. Surabaya: Penerbit Cerdas Mandiri.

Santoso, Budi. (2020). Dasar-Dasar Kecerdasan Buatan: Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Maju Jaya.

Santoso, Budi. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Pertanian: Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Maju Sejahtera.

Santoso, Budi., & Setiawan, Andi. (2023). "Penerapan Pembelajaran Mesin Dalam Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Padi." Jurnal Ilmiah Pertanian Indonesia, Volume 10, Nomor 3, Halaman 45-60. Jakarta: Penerbit Ilmiah Maju.

Utama, Agus Hadi, Rica Rahmah, And Qomario. "Penerapan Andragogi Dan Heutogogi Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Kontekstual Terpadu Pada Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat." Proceedings Series Of Educational Studies (2023): 418-429.

Arsana, I. N. A. (2021). Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Dan Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, 3, 195–201. Https://Prosiding.Iahntp.Ac.Id

Bellei, C., & Munoz, G. (2023). Models Of Regulation, Education Policies, And Changes In The Education System: A Long-Term Analysis Of The Chilean Case. Journal Of Educational Change, 24(1), 49–76. Https://Doi.Org/10.1007/S10833-021-09435-1

Br Sembiring, S. N., Winata, H., & Kusnasari, S. (2022). Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (Jursi Tgd), 1(1), 31. Https://Doi.Org/10.53513/Jursi.V1i1.4784

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 3(1), 116–137. Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i1.584

Crockett, K., Latham, A., & Whitton, N. (2017). On Predicting Learning Styles In Conversational Intelligent Tutoring Systems Using Fuzzy Decision Trees. International Journal Of Human Computer Studies, 97, 98–115. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijhcs.2016.08.005

Elidatul Mawadah, Amirul Mukminin Al Anwari, Kisno Kisno, A. H. S. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Usia Dini Di Tk Raden Intan Gunung Pelindung. Ijigaed: Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education, 3(1), 13–23. Https://E- Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Ijigaed/

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Helmi Akmal, H. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Helmi Akmal Heri

Susanto Abstrak Pendahuluan Era Abad Ke-21 Teknologi. Junal Historia, 6(2), 197–206.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Riyandi, M., Salim , A., & Qomario, Q. (2024). Efektivitas Program AI dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa di Orbit Future Academy. Journal of Education Research, 5(2), 2150–2154. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1101

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)