Peran PPKn sebagai pendidikan Multikultur dalam Meningkatkan Toleransi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1095Keywords:
PPKn, Pendidikan Multikultur, ToleransiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan toleransi siswa di sekolah menengah atas. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas X SMA Negeri dua Klari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan metode deskriptif. Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan atau PPKn dan siswa kelas X berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPKn memiliki peran besar dalam meningkatkan pemahaman dan sikap siswa tentang toleransi. Siswa mengembangkan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya toleransi ketika menghadapi keragaman masyarakat dengan mempelajari cita-cita Pancasila seperti Bhinneka Tunggal Ika, Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Persatuan Indonesia. Pendidikan multikultural melalui mata pelajaran PPKn merupakan teknik yang berhasil untuk menumbuhkan generasi yang toleran dan menghargai perbedaan masyarakat.
Downloads
References
Aini, N., & Rosyadi, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap Peningkatan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Kudus, 7(1), 1-14. https://journal.actual-insight.com/index.php/educare/article/view/1697
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 10(2), 315-330. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/5020
Alzanaa, A. W. Y. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 1-17. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index
Banks, J. A. (2006). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching. Boston: Allyn & Bacon.
Banks, J. A. (2019). An introduction to multicultural education (5th ed.). New York: Routledge.
Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship. Oxford University.
Magdalena, I. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418-430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995
Melendez, S. J., & Beck, E. T. (2013). Multicultural competence in the context of counseling and psychotherapy. Routledge.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Sipuan, I. W. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 1-17. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/
Sofian Abdulatif, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 227-238. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/
Sugiyono, P. D. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. bandung: alfabeta.
Taylor, Charles. (1992). Multiculturalism and the Politics of Recognition. Princeton: Princeton University Press.
Tilaar, H. A. (2018). Pendidikan multikultural dalam perspektif global. Jakarta: Grasindo.
Tillman, D. (2004). Pendidikan nilai untuk kaum muda dewasa. Jakarta: Grasindo
Westheimer, J., & Kahne, J. (2023). Civic education for a divided America: A research agenda. New York: The Century Foundation.
Winarno, S. (2019). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daiman, Y. M. D. I. (2019). Penanaman Toleransi Pada Mahasiswa PPKn Dari Berbagai Budaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen. https://proceedings.ums.ac.id/
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ogi Haryono , Yudi Firmansyah, Tridays Repelita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).