Peran PPKn sebagai pendidikan Multikultur dalam Meningkatkan Toleransi Siswa

Authors

  • Ogi Haryono Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yudi Firmansyah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Keywords:

PPKn, Pendidikan Multikultur, Toleransi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan toleransi siswa di sekolah menengah atas. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Klari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan metode deskriptif. Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dan siswa kelas X berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPKn memiliki peran besar dalam meningkatkan pemahaman dan sikap siswa tentang toleransi. Siswa mengembangkan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya toleransi ketika menghadapi keragaman masyarakat dengan mempelajari cita-cita Pancasila seperti Bhinneka Tunggal Ika, Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Persatuan Indonesia. Pendidikan multikultural melalui mata pelajaran PPKn merupakan teknik yang berhasil untuk menumbuhkan generasi yang toleran dan menghargai perbedaan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., & Rosyadi, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap Peningkatan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Kudus, 7(1), 1-14. https://journal.actual-insight.com/index.php/educare/article/view/1697

Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 10(2), 315-330. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/5020

Alzanaa, A. W. Y. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 1-17. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index

Banks, J. A. (2006). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching. Boston: Allyn & Bacon.

Banks, J. A. (2019). An introduction to multicultural education (5th ed.). New York: Routledge.

Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship. Oxford University.

Magdalena, I. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418-430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995

Melendez, S. J., & Beck, E. T. (2013). Multicultural competence in the context of counseling and psychotherapy. Routledge.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Sipuan, I. W. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 1-17. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/

Sofian Abdulatif, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 227-238. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/

Sugiyono, P. D. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. bandung: alfabeta.

Taylor, Charles. (1992). Multiculturalism and the Politics of Recognition. Princeton: Princeton University Press.

Tilaar, H. A. (2018). Pendidikan multikultural dalam perspektif global. Jakarta: Grasindo.

Tillman, D. (2004). Pendidikan nilai untuk kaum muda dewasa. Jakarta: Grasindo

Westheimer, J., & Kahne, J. (2023). Civic education for a divided America: A research agenda. New York: The Century Foundation.

Winarno, S. (2019). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daiman, Y. M. D. I. (2019). Penanaman Toleransi Pada Mahasiswa PPKn Dari Berbagai Budaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen. https://proceedings.ums.ac.id/

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Haryono , O., Firmansyah, Y., & Repelita, T. (2024). Peran PPKn sebagai pendidikan Multikultur dalam Meningkatkan Toleransi Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2144. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1095

Issue

Section

Articles

Categories