Pengaruh Sarana Prasarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal

Authors

  • Akhmad Rudin Magister Pedagogi Universitas panca Sakti Tegal, Indonesia
  • Tity Kusrina Magister Pedagogi Universitas panca Sakti Tegal, Indonesia
  • Dewi Apriani Fr Magister Pedagogi Universitas panca Sakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1093

Keywords:

Kualitas Pendidikan Rendah, Pengelolaan Sarana Prsarana

Abstract

Pendidikan tidak dapat dilaksanakan tanpa kurikulum, bahwa kurikulum menjadi bagian integral dari proses pendidikan. Sederhananya, kurikulum menjadi pedoman dalam pelaksanaan sekolah, karena kurikulum menjadi dasar pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah hail ini salah satu faktor penyebab.kualitas pendidikan d Indonesia,sehingga mengakibatkan kualitas pendidikan di Indonesia  masih tergolong rendah dikarenakan juga disebabkan  beberapa hal  yang lainnya  pertama, kurangnya sarana dan prasarana yang menjadi penunjang pembelajaran Misalnya  kurangnya gedung kelas pada  suatu sekolah menyebabkan jumlah murid disetiap melebihi kapasitas  Kedua,tenaga pendidik yang kurang profesional. Fasilitas pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik.dimaksud meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pengadaan, (3) Inventarisasi, (4) Penyimpanan, (5) Penataan, (6) Penggunaan, (7) Pemeliharaan, dan (8) Penghapusan. Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolok ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta dilapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik untuk itu diperlukan pemahaman dan pengaplikasian  manajemen sarana dan prasarana pendidikan persekolahan berbasis sekolah Secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia.Peneliti menggunakan metode Kualitatif. ,teknik pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah,sumber data primer ,dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara mendalam ,dan dokumentasi.Langkah langkag tang dilakukan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal adalah Pengelolaan sarana prasarana di SD Negeri Kecamatan suradadi Kabupaten Tegal, Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri kecamatan suradadi kabupaten tegal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdilah Fuad (2020) Manajemen Organisasi Pendidikan Kejuruan Jember Cerdas Ulet Kreatif

Budiyanto, 2005, hlm. 11) Parola (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Indonesia) vol 1 Nomor 3 Maret 2018..

Dinar dan Viky [2012 :2} Jurnal mimbar ilmu,vo.24 No 1 2020;Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dengsn menggunsksn permainan

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kontruktivisme,Vol.15 No.1 Januari 2023

Nasser, A. A (2021) . Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1) ,100-109.

Nurmadiati’Manajemen Sarana Prasarana ‘Jurnal Al-Athur 6,No 1 (2020-25-5)

Prastyawan ,Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidkan AL Hikmah vo. 6 No.1 Maret 2016.33. Sarana pendidikan merupakan segala rencana peralatan untuk mempermudah penyampaian materi pelaksanan.

Rusdi dan Odi Bunaren ,Manajemen dan Prasarana([Media :Widya Puspita ] 2017 ,36. Dan Amirudin Tumanggar James([Jogyakarta 2021 ;101) Penghapusan barang dipertanggungjawabkan.

Sulistyorini,Manajemen Pendidikan Islam ,123 vo. 2 No.2 th. 2022 . Inventarisasi merupak kegiatan pencatatan .

Sugiyono.(2018) . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D., Bandung:Alfabeta..

Sugiyini (2020:213) Tujuan penggunaan Metode Kualitatif penelitian.

Sugiyono (2019) Metodologi Penelitian kuantitatif dan kualitatif R& D Bandung Alfabet

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Rudin, A., Kusrina, T., & Apriani Fr, D. (2024). Pengaruh Sarana Prasarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(2), 1925–1930. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1093

Issue

Section

Articles

Citation Check