Pengaruh Sarana Prasarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1093Keywords:
Kualitas Pendidikan Rendah, Pengelolaan Sarana PrsaranaAbstract
Pendidikan tidak dapat dilaksanakan tanpa kurikulum, bahwa kurikulum menjadi bagian integral dari proses pendidikan. Sederhananya, kurikulum menjadi pedoman dalam pelaksanaan sekolah, karena kurikulum menjadi dasar pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah hail ini salah satu faktor penyebab.kualitas pendidikan d Indonesia,sehingga mengakibatkan kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah dikarenakan juga disebabkan beberapa hal yang lainnya pertama, kurangnya sarana dan prasarana yang menjadi penunjang pembelajaran Misalnya kurangnya gedung kelas pada suatu sekolah menyebabkan jumlah murid disetiap melebihi kapasitas Kedua,tenaga pendidik yang kurang profesional. Fasilitas pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik.dimaksud meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pengadaan, (3) Inventarisasi, (4) Penyimpanan, (5) Penataan, (6) Penggunaan, (7) Pemeliharaan, dan (8) Penghapusan. Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolok ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta dilapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik untuk itu diperlukan pemahaman dan pengaplikasian manajemen sarana dan prasarana pendidikan persekolahan berbasis sekolah Secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia.Peneliti menggunakan metode Kualitatif. ,teknik pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah,sumber data primer ,dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara mendalam ,dan dokumentasi.Langkah langkag tang dilakukan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal adalah Pengelolaan sarana prasarana di SD Negeri Kecamatan suradadi Kabupaten Tegal, Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri kecamatan suradadi kabupaten tegal
Downloads
References
Abdilah Fuad (2020) Manajemen Organisasi Pendidikan Kejuruan Jember Cerdas Ulet Kreatif
Budiyanto, 2005, hlm. 11) Parola (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Indonesia) vol 1 Nomor 3 Maret 2018..
Dinar dan Viky [2012 :2} Jurnal mimbar ilmu,vo.24 No 1 2020;Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dengsn menggunsksn permainan
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kontruktivisme,Vol.15 No.1 Januari 2023
Nasser, A. A (2021) . Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1) ,100-109.
Nurmadiati’Manajemen Sarana Prasarana ‘Jurnal Al-Athur 6,No 1 (2020-25-5)
Prastyawan ,Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidkan AL Hikmah vo. 6 No.1 Maret 2016.33. Sarana pendidikan merupakan segala rencana peralatan untuk mempermudah penyampaian materi pelaksanan.
Rusdi dan Odi Bunaren ,Manajemen dan Prasarana([Media :Widya Puspita ] 2017 ,36. Dan Amirudin Tumanggar James([Jogyakarta 2021 ;101) Penghapusan barang dipertanggungjawabkan.
Sulistyorini,Manajemen Pendidikan Islam ,123 vo. 2 No.2 th. 2022 . Inventarisasi merupak kegiatan pencatatan .
Sugiyono.(2018) . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D., Bandung:Alfabeta..
Sugiyini (2020:213) Tujuan penggunaan Metode Kualitatif penelitian.
Sugiyono (2019) Metodologi Penelitian kuantitatif dan kualitatif R& D Bandung Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Akhmad Rudin, Tity Kusrina, Dewi Apriani Fr
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).