Implementasi Multiple Intelligences Research (MIR) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Authors

  • Alip Purnomo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1089

Keywords:

Multiple Intelligences Research, Mutu Pembelajaran, School Of Human

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Multiple Intelligences Research untuk meningkatkan mutu pembelajaran di School of Human Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan observasi, serta data dari studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah direktur, kepala sekolah dan guru BK di School of Human Bekasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah diantaranya member-cek, triangulasi, memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan analisis kasus negative. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi MIR di School of Human dilaksanakan secara komprehensif sejak dari penerimaan siswa baru, pembagian kelas, penerapan pada sistem pengajaran, kegiatan pengembangan, perancangan karir bagi siswa, hingga penerapan sistem penilaian yang otentik.  School of Human menerapkan MIR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui jalan pencapaian akademis, penguatan karakter, dan pengembangan karir siswa. School of Human meyakini bahwa setiap anak itu cerdas, dan melalui sebuah Manajemen Talenta Sekolah yang baik sekolah dapat mengelola, mengembangkan, dan mengatasi hambatan belajar dengan memberikan rangsangan yang tepat untuk setiap jenis kecerdasan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, R., Febriani, R., & Prasetyo, W. E. (2023). Manajemen Talenta dan Implementasinya di Industri. Umsida Press, 1–333.

Amin, A. (2020). Manajemen Pendidikan Berbasis Kecerdasan Majemuk Terhadap Pengembangan Potensi Peserta Didik Di School Of Human (Soh), Kranggan Bekasi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arifin, H. (2017). Konsep multiple intelligences system pada sekolah menengah pertama al washliyah 8 medan dalam perspektif islam. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Chatib, M. (2019). Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.

Hakim, A. A., Lathifah, S. S., & Kurniasih, S. (2019). Implementasi pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence di SMA Inkusi School of Human Jatisampurna-Bekasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 23–32.

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54.

Nurhikmah, C. (2023). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 30–39.

Pajulla, S., Wellener, P., & Dollar, B. (2018). Skills Gap in Manufacturing Study. Deloitte.

Penprase, B. E. (2019). Accelerating Workforce Reskilling for the Fourth Industrial Revolution an Agenda for Leaders to Shape the Future of Education, Gender and Work. World Economic Forum: Geneva.

Sihotang, H., & Simorangkir, S. T. (2020). Buku pedoman praktik microteaching. UKI Press.

Sumartik, S., & Ambarwati, R. (2023). Manajemen Talenta dan Implementasinya di Industri. Manajemen Talenta Dan Implementasinya Di Industri. Https://Doi. Org/10.21070/2023/978-623-464-074-8.

Tessa, A., & Humaedi, M. A. (2023). Upaya Menguatkan Link And Match Melalui Program Smk Pusat Keunggulan: Studi Kasus SMKN 1 Bantul. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(2).

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Purnomo, A., Rahmasari, D., & Riyanto, Y. (2024). Implementasi Multiple Intelligences Research (MIR) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(3), 2660–2670. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1089

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check