Implementasi Multiple Intelligences Research (MIR) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1089Keywords:
Multiple Intelligences Research, Mutu Pembelajaran, School Of HumanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Multiple Intelligences Research untuk meningkatkan mutu pembelajaran di School of Human Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan observasi, serta data dari studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah direktur, kepala sekolah dan guru BK di School of Human Bekasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah diantaranya member-cek, triangulasi, memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan analisis kasus negative. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi MIR di School of Human dilaksanakan secara komprehensif sejak dari penerimaan siswa baru, pembagian kelas, penerapan pada sistem pengajaran, kegiatan pengembangan, perancangan karir bagi siswa, hingga penerapan sistem penilaian yang otentik. School of Human menerapkan MIR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui jalan pencapaian akademis, penguatan karakter, dan pengembangan karir siswa. School of Human meyakini bahwa setiap anak itu cerdas, dan melalui sebuah Manajemen Talenta Sekolah yang baik sekolah dapat mengelola, mengembangkan, dan mengatasi hambatan belajar dengan memberikan rangsangan yang tepat untuk setiap jenis kecerdasan yang berbeda.
Downloads
References
Ambarwati, R., Febriani, R., & Prasetyo, W. E. (2023). Manajemen Talenta dan Implementasinya di Industri. Umsida Press, 1–333.
Amin, A. (2020). Manajemen Pendidikan Berbasis Kecerdasan Majemuk Terhadap Pengembangan Potensi Peserta Didik Di School Of Human (Soh), Kranggan Bekasi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arifin, H. (2017). Konsep multiple intelligences system pada sekolah menengah pertama al washliyah 8 medan dalam perspektif islam. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Chatib, M. (2019). Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.
Hakim, A. A., Lathifah, S. S., & Kurniasih, S. (2019). Implementasi pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence di SMA Inkusi School of Human Jatisampurna-Bekasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 23–32.
Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54.
Nurhikmah, C. (2023). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 30–39.
Pajulla, S., Wellener, P., & Dollar, B. (2018). Skills Gap in Manufacturing Study. Deloitte.
Penprase, B. E. (2019). Accelerating Workforce Reskilling for the Fourth Industrial Revolution an Agenda for Leaders to Shape the Future of Education, Gender and Work. World Economic Forum: Geneva.
Sihotang, H., & Simorangkir, S. T. (2020). Buku pedoman praktik microteaching. UKI Press.
Sumartik, S., & Ambarwati, R. (2023). Manajemen Talenta dan Implementasinya di Industri. Manajemen Talenta Dan Implementasinya Di Industri. Https://Doi. Org/10.21070/2023/978-623-464-074-8.
Tessa, A., & Humaedi, M. A. (2023). Upaya Menguatkan Link And Match Melalui Program Smk Pusat Keunggulan: Studi Kasus SMKN 1 Bantul. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(2).
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alip Purnomo, Diana Rahmasari, Yatim Riyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).