Adaptasi Makeup Cleopatra pada Tata Rias Wajah Kesempatan Pesta Malam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1085Keywords:
Adaptasi, Cleopatra, MakeupAbstract
Cleopatra adalah ratu dari Kerajaan Ptolemeus di Mesir, dalam sejarah terkenal karena kecerdasannya dalam meningkatkan status dan ekonomi bangsa nya, selain itu Cleopatra juga dijadikan panutan oleh mayoritas wanita Mesir karena ciri riasan makeup dan kecantikannya. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap makeup karakter ratu Cleopatra dengan cara mengadaptasikannya pada tata rias wajah untuk kesempatan pesta malam. Pada hasil makeup Cleopatra dilengkapi dengan busana dan aksesoris sehingga menjadi kesatuan yang utuh. Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah mengaplikasikan ilmu pengetahuan tentang tata rias atau makeup terutama pada pembuatan makeup karakter dengan sumber ide tokoh ratu Cleopatra yang diadaptasikan pada tata rias wajah kesempatan pesta malam, mengembangkan ilmu dan juga keterampilan yang sudah diperoleh selama kegiatan perkuliahan terutama pada konsentrasi Tata Rias. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Metode ADDIE digunakan untuk membantu peneliti dalam menghasilkan hasil makeup yang indah dan menarik terutama makeup untuk kesempatan pesta malam, sehingga seseorang yang menggunakan riasan dari gaya tata rias Cleopatra bisa tampil cantik dan berwibawa seperti hal nya ratu Cleopatra.
Downloads
References
Haniifah, N., & Sakti, A.W. (2023). Adaptasi Dewi Nyx Pada Tata Rias Wajah Fantasi Untuk Pesta Hallowen. JTR UNJ 2-12.
Fadilah, H. N. (2023). Menguak Sosok Cleopatra Sebenarnya, Ratu Ikonik di Sejarah Mesir Kuno. Nationalgheographic.grid.id.
Yusnita. (2023). Rahasia Awet Muda Ratu Cleopatra: Kecantikan Abadi dari Zaman Kuno. Satujuang.com
Octaviany, E., & Prihatin, P. T. (2020). Adaptasi Burung Merak Biru pada Tata Rias Wajah Fantasi untuk Karnaval. JTR UNJ, 1-10.
Marliah, Siti. (2021). Cleopatra Philopator: Ratu Kerajaan Mesir Kuno yang Melegenda. Idntimes.com
Rayanto, Y. H, dkk. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Akademic and Research Institute.
Setyorini, Tantri. (2019). 8 Tips Cantik Alami Warisan Ratu Mesir Cleopatra. Merdeka.com.
Yunitari, M., Sudirtha, I.G., Agendari, M.D., (2018). Pengembangan Tata Rias Fantasi Dengan Sumber Ide
Mitologi China, Vol.9, No.3, November, 3-11.
Elianti, L. D., & Pinasti, V. I. S. (2018). Makna Penggunaan Make Up Sebagai Identitas Diri. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(3), 1–18.
Apriliyani, R.G., Juniastuti. E., Marliati, N., (2017). Tata Rias Karakter: Anala,1-3.
Budiarti, T.L. (2017). Konstribusi Pengetahuan Make Up Karakter Terhadap Hasil Rias Cosplay Anime, 38-45.
Yudo, A., (2016). Merias Wajah Foto/Film Karakter Dan Fantasi, level 4. Direktorat Pembinaan Kursus dan
Pelatihan, Jakarta.
Tugas Akhir Ta, Periode 51. Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UM Palembang Indaryani, Emy. (2016). Modul Paket Keahlian Tata Kecantikan Kulit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Marwiyah, M. (2014). Busana Panggung Ditinjaudari Tata Rias Karakter dan Tata Rias Fantasi, Jurnal Teknologi Busana dan Boga, Vol.1, No.1, 124-31.
Paningkiran, H. (2013). Make-up Karakter untuk Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Riska Nabila, Pipin Tresna Prihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).