Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1082Abstract
Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, kebebasan dalam mengembangkan kurikulum menjadi penting, terutama untuk mata pelajaran Informatika yang menjadi wajib. Lingkungan kelas yang mendukung dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi kunci dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk Melalui metode penelitian kualitatif, temuan menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan belajar siswa, penataan lingkungan kelas yang kondusif, dan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kontribusi penting dalam mencapai tujuan Kurikulum Merdeka. Kesimpulannya, pendekatan yang memperhatikan keragaman siswa dan lingkungan pembelajaran yang mendukung akan membantu mencapai pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna di SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan.
Downloads
References
Assyakurohim,Dina., Ikhram,Dewa., A Siradj, Rusdy.,Afgani,M Win (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidik Sains dan Komputer, Vol 3 no 1.
Audina Z.____ BAB III Metode Penelitian. (online) (https: //repository.uir.ac.id diunduh pada tanggal 26 Desember 2023
Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media.
Fatmawati E .(2013). BAB III Metode Penelitian 3.1 Metode dan Teknik Analisis Data. (online) (https://eprints.undip.ac.id. diunduh pada tanggal 26 desember 2023).
Halimah, N. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk implementasi kebijakan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5019.
Hidayat, T., & Purwokerto, U.M. (2019). “Pembahasan Studi Kasus Sebagai bagian Metodologi Penelitian”. Jurnal Studi Kasus 3(1), 1-13.
Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308-317.
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas vii smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270-282.
Ramdhani, R. S., Sarifudin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1044-1049.
Setiawan, H., & Mudjiran, M. (2022). Pentingnya Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7517-7522.
Sugiyono .(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.(2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi , Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75.
Wahidmurni, Wahidmurni (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif Disampaikan Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Jurusan Pendidikan IPS Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Semester Ganjil 2017/2018. Unpublished
Wati,F.W. (2020). BAB III Metode Penelitian. (online) (https://etheses.iainkediri.ac.id diunduh pada 26 Desember 2023).
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Indriya Nur Rokhmah, Nunuk Hariyati, Mustaji Mustaji, Erny Roesminingsih, Sri Setyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).