Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan

Authors

  • Indriya Nur Rokhmah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1082

Abstract

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, kebebasan dalam mengembangkan kurikulum menjadi penting, terutama untuk mata pelajaran Informatika yang menjadi wajib. Lingkungan kelas yang mendukung dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi kunci dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk  Melalui metode penelitian kualitatif, temuan menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan belajar siswa, penataan lingkungan kelas yang kondusif, dan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kontribusi penting dalam mencapai tujuan Kurikulum Merdeka. Kesimpulannya, pendekatan yang memperhatikan keragaman siswa dan lingkungan pembelajaran yang mendukung akan membantu mencapai pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna di SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assyakurohim,Dina., Ikhram,Dewa., A Siradj, Rusdy.,Afgani,M Win (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidik Sains dan Komputer, Vol 3 no 1.

Audina Z.____ BAB III Metode Penelitian. (online) (https: //repository.uir.ac.id diunduh pada tanggal 26 Desember 2023

Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media.

Fatmawati E .(2013). BAB III Metode Penelitian 3.1 Metode dan Teknik Analisis Data. (online) (https://eprints.undip.ac.id. diunduh pada tanggal 26 desember 2023).

Halimah, N. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk implementasi kebijakan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5019.

Hidayat, T., & Purwokerto, U.M. (2019). “Pembahasan Studi Kasus Sebagai bagian Metodologi Penelitian”. Jurnal Studi Kasus 3(1), 1-13.

Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308-317.

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas vii smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270-282.

Ramdhani, R. S., Sarifudin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1044-1049.

Setiawan, H., & Mudjiran, M. (2022). Pentingnya Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7517-7522.

Sugiyono .(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.(2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi , Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75.

Wahidmurni, Wahidmurni (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif Disampaikan Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Jurusan Pendidikan IPS Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Semester Ganjil 2017/2018. Unpublished

Wati,F.W. (2020). BAB III Metode Penelitian. (online) (https://etheses.iainkediri.ac.id diunduh pada 26 Desember 2023).

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Rokhmah, I. N., Hariyati, N., Mustaji, M., Roesminingsih, E., & Setyowati, S. (2024). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan. Journal of Education Research, 5(3), 2540–2545. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1082

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>