Manajemen Sumber Daya Manusia yang Efektif dan efisien dalam pendidikan di era 5.0

Authors

  • Agus Suherman Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Yudi Firmansyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Suherman Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

SDM, Efektif, Efisien, Produktif, Era 5.0

Abstract

Pendidikan di era 5.0 menuntut manajemen sumber daya manusia (SDM) yang efektif dan efisien guna menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan dinamis. Artikel ini menyelidiki konsep-konsep kunci dalam manajemen SDM yang relevan dengan era pendidikan 5.0. Kami mempertimbangkan faktor-faktor seperti perkembangan teknologi, tuntutan kebutuhan pasar kerja, dan perubahan paradigma pendidikan. Pendekatan yang inklusif dan adaptif diperlukan untuk memastikan SDM di lembaga pendidikan dapat berinovasi dan beradaptasi dengan cepat. Kami menyajikan tinjauan tentang prinsip-prinsip manajemen SDM yang efektif, termasuk rekrutmen dan seleksi yang tepat, pengembangan karyawan yang berkelanjutan, manajemen kinerja yang terarah pada hasil, dan promosi kebudayaan organisasi yang inklusif. Selain itu, kami menyoroti pentingnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam memperkuat manajemen SDM di era digital. Melalui analisis ini, kami menggarisbawahi perlunya pendekatan holistik dalam manajemen SDM pendidikan untuk memfasilitasi pencapaian tujuan strategis lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang era 5.0. Dengan memprioritaskan pengembangan dan pemberdayaan SDM, lembaga pendidikan dapat menjadi pusat inovasi dan transformasi dalam masyarakat yang terus berubah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyyah, N. (2023). Peran Etika Profesi Dalam Upaya Penegakkan Profesionalisme Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5779–5783.

Akbar, R., Rahmawati, T., & . A. (2015). Implementasi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Aplikasi Jibas pada SMA Negeri 9 Padang. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.25077/teknosi.v1i1.2015.36

Anis Zohriah. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 5, 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4081

Djawa, M. K., & Durinta, P. (2015). Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Untuk Mendukung E-Government Pada Badan Kepegawaian Daerah (Bkd) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1–15.

Fatmi, N., & Fauzan, F. (2022). Kajian Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pendidikan Melalui Kearifan Lokal Aceh. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(2), 31–41. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.98

Gergely, S. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Pada Lembaga Pendidikan Sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. 09(February), 4–6.

Guan, Y., Chu, C., Shao, C., Ju, M., Dai, E., Chagas, C. da S., Pinheiro, H. S. K., Carvalho Junior, W. de, Anjos, L. H. C. dos, Pereira, N. R., Bhering, S. B., Pabum, D. M., Uthbah, Z., Sudiana, E., Yani, E., Garut, K., Barat, J., Suryaningtyas, I. S. D. T., Dengan, B., … Zhang, Z. (2016). Gaya kepeminpinan efektif. Media Konservasi, 2(1), 11–40. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecoenv.2017.03.002

Halofa Haqqi, H. W. (2019). Revolusi Industri 4.0. Anak Hebat Indonesia.

Iqra, J., Uin, M., Kalijaga, S., & Email, Y. (2019). Jurnal Iqra’ Volume 1 3 No.2 Oktober 2019. 1(2), 178–206.

James A.F. Stoner. (2009). Management Education for Global Sustainability. IAP.

Kartono, Hairida, & Bujang, G. (2010). Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolah Dasar. FKIP Universitas Tanjungpura, 343–368.

Mardianti, S., Studi, P., Pendidikan, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Saifuddin, S. T. (2020). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah As ’ Ad Kota Jambi Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah As ’ Ad.

Mclarney, C., & Rhyno, S. R. (2000). International Joint Venture Negotiations : Using Reciprocating Agency Theory to Examine Behaviour and Relationship Outcomes. Journal of Global Business, 11(21), 37–46.

Rohana, I. N., Rusilowati, A., & ... (2018). Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang. UPEJ Unnes Physics ….

Sulistyowati, & Rachman, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), 37–44.

Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916

Waraulia, M. A. (2020). Bahan Ajar ; Teori dan Prosedur Penyusunan. Madiun: UNIPMA Press.

Wekke, I. S. (2019). KAJUAN LITERATUR. In Gawe Buku (Issue December 2019).

Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.105

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.58

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Suherman, A., Firmansyah, Y., & Suherman, S. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Efektif dan efisien dalam pendidikan di era 5.0. Journal of Education Research, 5(2), 2066–2073. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1079

Issue

Section

Articles