Implementasi Teknologi dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan: Tantangan dan Peluang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1071Keywords:
Implementasi Teknologi, Manajemen Pemasaran Pendidikan, Tantangan, PeluangAbstract
Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, sektor pendidikan menghadapi transformasi signifikan dalam berbagai aspek, termasuk manajemen pemasaran. Perubahan ini mendorong institusi pendidikan untuk mengadopsi teknologi guna meningkatkan efektivitas pemasaran dan mencapai audiens yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji implementasi teknologi dalam manajemen pemasaran pendidikan serta tantangan dan peluang yang terkait. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan dengan topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memainkan peran krusial dalam transformasi pemasaran pendidikan, memungkinkan institusi pendidikan untuk mencapai audiens yang lebih luas dan memperkuat hubungan dengan calon siswa. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, kurangnya keterampilan teknologi di kalangan staf pendidikan, dan masalah keamanan data juga perlu diatasi. Meskipun demikian, terdapat peluang besar untuk inovasi dalam pemasaran pendidikan melalui teknologi, dengan penggunaan analisis data dan kecerdasan buatan untuk personalisasi yang lebih baik. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya investasi dalam infrastruktur TIK, pelatihan keterampilan teknologi, dan perhatian yang lebih besar terhadap keamanan data
Downloads
References
Agustina, R., Nur’aini, S., Nazla, L., Hanapiah, S., & Marlina, L. (2023). ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM DUNIA KERJA. Journal of Economics and Business, 1(1), 1–8.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Al Aidhi, A., Harahap, M. A. K., Rukmana, A. Y., & Bakri, A. A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(02), 118–134.
Apriani, D., Azizah, N. N., Ramadhona, N., & Kusumawardhani, D. A. R. (2023). Optimasi Transparansi Data dalam Rantai Pasokan melalui Integrasi Teknologi Blockchain. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–10.
Asnawi, A. (2022). Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4131–4143.
Bariroh, Z. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Qita Kota Malang Sebagai Lembaga Pendidikan Baru. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3).
Budiarti, R. H. S. (2023). Manajemen Pemasaran Global Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Keberhasilan Bisnis. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 405–416.
Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853–6861.
Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2016). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–23.
Fajri, N. S., & Wiyani, N. A. (2019). Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 107–118.
Fajriyani, D., Fauzi, A., Kurniawati, M. D., Dewo, A. Y. P., Baihaqi, A. F., & Nasution, Z. (2023). Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 1004–1013.
Fitriyanto, F., Shinta, M. R., La Ode, Y., & Mutiah, T. (2021). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Di Smk Taruna Bhakti Depok. Jurnal Mitra Manajemen, 5(5), 312–324.
H Herman. Riady. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 1. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Halim, A. (2020). Manajemen Marketing Pendidikan Islam. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(1), 1–26.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hasanah, D., Syarifudin, E., & Qurtubi, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam dan Kepuasan Layanan Terhadap Peningkatkan Minat Peserta Didik Masuk Sekolah (Studi di MTS Jabal Rachmah Rajeg Dan MTS Sepatan). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6100–6113.
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN: PELATIHAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.
Malisi, M. A. S. (2017). Tantangan dan peluang pendidikan Islam di era MEA. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 1(1), 1–15.
Natanael, Y. A., Ilmi, B., & Jamaris, E. (2023). Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Proses Audit Keuangan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 6(1), 174–181.
Nurbawani, A. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di Lembaga Pendidikan Baru Pada Era Marketing 4.0 (Studi Kasus di SMK BP Subulul Huda). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 52–73.
Panani, Z., Mutohar, P. M., & Suijianto, A. E. (2024). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERORIENTASI LINGKUNGAN DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI KASUS DI MAN 1 TULUNGAGUNG). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3).
Pangestuti, D. C. (2019). Analisis pengalaman kerja, kompetensi, pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karir dengan intervening prestasi kerja. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 57–68.
Prawiyogi, A. G., & Anwar, A. S. (2023). Perkembangan Internet of Things (IoT) pada Sektor Energi: Sistematik Literatur Review. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 187–197.
Qurtubi, A., Ramli, A., Mahmudah, F. N., Suwarsito, S., & Nasril, N. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 285–293.
Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461
Rizal, A., Kahfi, S. N., & Prasetyono, H. (2023). Manajemen Perubahan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Adaptasi Organisasi. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 933–941.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75.
Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48–57.
Sari, D. N. (2023). Tantangan dan Peluang Implementasi Artificial Intelligence pada Perbankan. JMBA Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 1–8.
Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS DOSEN DALAM PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI: WORKSHOP DAN PELATIHAN MENDALAM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.
Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Nurmiati, A. S., Purba, I. R., & Sari, M. N. (2023). PENINGKATAN KUALITAS GURU: PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL DALAM PENDIDIKAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13441–13447.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480.
Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, N., Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., Anis Anshari, M., Herdiansyah, D., Supyansuri, C., & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
Sugiarso, B. A., Narasiang, B. S., Pranajaya, S. A., Gunawan, T., Fayola, A. D., Marzuki, M., & Arifianto, T. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004.
Sugiono, S. (2021). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Augmented Reality di Perangkat Mobile dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 1–12.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.
Sukana, S. (2024). Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3955–3965.
Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.
Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.
Wuisan, D. S. S., & Mariyanti, T. (2023). Analisa Peran Triple Helik dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 123–132.
Yahya, Z., & Hidayati, F. (2014). Analisis kompetensi terhadap penilaian kinerja dosen (studi kasus dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Kutubkhanah : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rezali Yandra, Mahfudnurnajamuddin Mahfudnurnajamuddin, Suriyanti Suriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).