Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu Buddha di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1070Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua , Karakter AnakAbstract
Pola asuh merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter anak. Dalam hal ini orang tua wajib memahami jenis pola asuh, karena hal ini menjadi faktor yang penting dalam pembentukan karakter anak. Implementasi pola asuh orang tua yang sesuai akan mempengaruhi pada tumbuh kembang anak baik secara mental dan sosialnya. Jika pola asuh yang digunakan orang tua tidak sesuai, maka hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak yang mengarah pada pembentukkan karakter yang buruk. Oleh karenanya implementasi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan harus memahami karakter anak terlebih dahulu, karena anak memiliki karakter yang berbeda sehingga tidak semua jenis pola asuh dapat di implementasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada orang tua di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading dalam mengimplementasikan pola asuh yang sesuai dalam upaya membentuk karakter positif pada diri anak yang berlandaskan pada nilai - nilai Buddhis. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk membentuk karakter anak supaya memiliki kepribadian yang baik atau sesuai harapan orang tuanya, maka orang tua perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan sehingga anak memiliki komitmen dan sebisa mungkin berusaha untuk dapat menyelesaikan permasalahannya.
Downloads
References
Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572.
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466.
Anguttara Nikaya (The Book of Gradual Saying) Vol. I. Terjemahan Wooward, F.L & Hare, E.M. 1955. London: The Pali Text Society.
Arikunto, S. 2015.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arumsari, A. D. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Motoric: Media of Teaching Oriented and Children, 4(2), 8.
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v7i3.2968 2958 | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2023 Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1323.
Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54.
Bahran Taib, dkk. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/download/2090/1557.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Elan, E., & Solihati, E. (2022). Potential transformation of baduy local wisdom values in civics education learning in elementary school. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 88. https://doi.org/10.25273/pe.v12i1.12492.
H, Saddatissa, Sutta Nipata. Klaten: Vihara Bodhivamsa, 1999.
Hidayat, N., Sutrisno, S., & Permatasari, T. (2023). Transformasi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda menjadi Institut Agama Buddha Nalanda: Tinjauan Studi Kelayakan dalam Konteks Sosial Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4174–4189. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5331
Ki B. Boentarsono, (2020), Taman siswa: Badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.
Koesnan, R.A. 2018. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia, Sumur, Bandung.
Mon, Mehm Tin, Dr. 2018. The essensi of Buddha Abhidhamma. Third Revised Edistion. Medan: Yayasan Catusaccasammāditthi.
Morris, A. S., Criss, M. M., Silk, J. S., & Houltberg, B. J. (2017). The Impact of Parenting
on Emotion Regulation During Childhood and Adolescence. Child Development Perspectives, 11(4), 233–238. https://doi.org/10.1111/cdep.12238.
Nurul Hidayat, W. N. (2023). Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 954-965.
Umagap, W. A. Z., & Laisouw, R. (2021). Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh Orang Tua Di Rumah. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 2, 263–283.
Walshe, Maurice. 1987. The Long Discourses of the Buddha A Translation of the Digha Nikaya. Sigalovada Sutta. Terj: Team Giri Mangala Publication. Surabaya: Team DhammaCitta Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Gustiya Gandha, Susijati Susijati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).