Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu Buddha di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading

Authors

  • Gustiya Gandha Pendidikan Buddha Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda, Indonesia
  • Susijati Susijati Pendidikan Buddha Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1070

Keywords:

Pola Asuh, Orang Tua , Karakter Anak

Abstract

Pola asuh merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter anak. Dalam hal ini orang tua wajib memahami jenis pola asuh, karena hal ini menjadi faktor yang penting dalam pembentukan karakter anak. Implementasi pola asuh orang tua yang sesuai akan mempengaruhi pada tumbuh kembang anak baik secara mental dan sosialnya. Jika pola asuh yang digunakan orang tua tidak sesuai, maka hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak yang mengarah pada pembentukkan karakter yang buruk. Oleh karenanya implementasi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan harus memahami karakter anak terlebih dahulu, karena anak memiliki karakter yang berbeda sehingga tidak semua jenis pola asuh dapat di implementasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada orang tua di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading dalam mengimplementasikan pola asuh yang sesuai dalam upaya membentuk karakter positif pada diri anak yang berlandaskan pada nilai - nilai Buddhis. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk membentuk karakter anak supaya memiliki kepribadian yang baik atau sesuai harapan orang tuanya, maka orang tua perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan sehingga anak memiliki komitmen dan sebisa mungkin berusaha untuk dapat menyelesaikan permasalahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572.

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466.

Anguttara Nikaya (The Book of Gradual Saying) Vol. I. Terjemahan Wooward, F.L & Hare, E.M. 1955. London: The Pali Text Society.

Arikunto, S. 2015.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arumsari, A. D. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Motoric: Media of Teaching Oriented and Children, 4(2), 8.

Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v7i3.2968 2958 | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2023 Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1323.

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54.

Bahran Taib, dkk. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/download/2090/1557.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Elan, E., & Solihati, E. (2022). Potential transformation of baduy local wisdom values in civics education learning in elementary school. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 88. https://doi.org/10.25273/pe.v12i1.12492.

H, Saddatissa, Sutta Nipata. Klaten: Vihara Bodhivamsa, 1999.

Hidayat, N., Sutrisno, S., & Permatasari, T. (2023). Transformasi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda menjadi Institut Agama Buddha Nalanda: Tinjauan Studi Kelayakan dalam Konteks Sosial Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4174–4189. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5331

Ki B. Boentarsono, (2020), Taman siswa: Badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Koesnan, R.A. 2018. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia, Sumur, Bandung.

Mon, Mehm Tin, Dr. 2018. The essensi of Buddha Abhidhamma. Third Revised Edistion. Medan: Yayasan Catusaccasammāditthi.

Morris, A. S., Criss, M. M., Silk, J. S., & Houltberg, B. J. (2017). The Impact of Parenting

on Emotion Regulation During Childhood and Adolescence. Child Development Perspectives, 11(4), 233–238. https://doi.org/10.1111/cdep.12238.

Nurul Hidayat, W. N. (2023). Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 954-965.

Umagap, W. A. Z., & Laisouw, R. (2021). Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh Orang Tua Di Rumah. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 2, 263–283.

Walshe, Maurice. 1987. The Long Discourses of the Buddha A Translation of the Digha Nikaya. Sigalovada Sutta. Terj: Team Giri Mangala Publication. Surabaya: Team DhammaCitta Press.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Gandha, G., & Susijati, S. (2024). Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu Buddha di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading. Journal of Education Research, 5(2), 2113–2120. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1070

Issue

Section

Articles

Citation Check