Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Anak

Authors

  • Cindy Fadilla Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.107

Keywords:

boneka tangan, speaking skills, early chilhood

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum bervariasinya penggunaan media dalam kegiatan menyampaikan cerita untuk mengembangkan keterampilan untuk bicara. Hal ini terlihat ketika anak belum dapat menangkap isi cerita, mengulang kembali isi cerita, media yang dipakai pada kegiatan menyampaikan cerita kurang memiliki daya tari untuk anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh metode menyampaikan cerita memakai boneka tangan akan keterampilan berbicara anak di TK Wahana Harapan Bangsa satu Kota Padang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre-test serta post-test berdistribusi normal dan homogen. Dari sini bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara metode bercerita dengan boneka tangan di kelas eksperimen dengan metode bercerita dengan gambar di kelas kontrol.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachri, S. B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Dhieni, N. Dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, N. dkk. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional

Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 152-163

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Hurlock., B,. Elizabeth. (1978). Child Development. Alih Bahasa oleh Meitasari Tjandrasa,

Muslichah Zarkasih. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi ke-6.Jakarta: Erlangga

Kartoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah Universitay Press

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenamedia Group.

Muryanti, E. (2019). Bercerita sebagai pendekatan humanistic dalam menstimulasi berbahasa anak. Padang: volume 07 Number 02 2019. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-teachr

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Safitri, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas Ii Sdn Keret Krembung Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254134.

Sari, E., L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita dengan Menggunakan Media

Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 26-31.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta CV

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sulianto, dkk. (2014). Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Positif kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang: vol.15, No.2. Http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/222.

Suradinata, N,.I dan Maharani, E,. A. (2019) Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER )

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Fadilla, C., & Yulsyofriend, Y. (2023). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Anak. Journal of Education Research, 3(4), 192–198. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.107

Issue

Section

Articles

Citation Check