Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.107Keywords:
boneka tangan, speaking skills, early chilhoodAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum bervariasinya penggunaan media dalam kegiatan menyampaikan cerita untuk mengembangkan keterampilan untuk bicara. Hal ini terlihat ketika anak belum dapat menangkap isi cerita, mengulang kembali isi cerita, media yang dipakai pada kegiatan menyampaikan cerita kurang memiliki daya tari untuk anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh metode menyampaikan cerita memakai boneka tangan akan keterampilan berbicara anak di TK Wahana Harapan Bangsa satu Kota Padang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre-test serta post-test berdistribusi normal dan homogen. Dari sini bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara metode bercerita dengan boneka tangan di kelas eksperimen dengan metode bercerita dengan gambar di kelas kontrol.
Downloads
References
Bachri, S. B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Dhieni, N. Dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Dhieni, N. dkk. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional
Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 152-163
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Hurlock., B,. Elizabeth. (1978). Child Development. Alih Bahasa oleh Meitasari Tjandrasa,
Muslichah Zarkasih. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi ke-6.Jakarta: Erlangga
Kartoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah Universitay Press
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenamedia Group.
Muryanti, E. (2019). Bercerita sebagai pendekatan humanistic dalam menstimulasi berbahasa anak. Padang: volume 07 Number 02 2019. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-teachr
Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Safitri, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas Ii Sdn Keret Krembung Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254134.
Sari, E., L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita dengan Menggunakan Media
Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 26-31.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta CV
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Sulianto, dkk. (2014). Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Positif kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang: vol.15, No.2. Http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/222.
Suradinata, N,.I dan Maharani, E,. A. (2019) Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER )
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Cindy Fadilla, Yulsyofriend Yulsyofriend

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).