Pengaruh Penggunaan Internet, Pemanfaatan Laboratorium Komputer, dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Violyta Dyah Puspitasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1066

Abstract

Berdasarkan situasi di lapangan menunjukkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan berbagai jenis informasi yang berasal dari berbagai sumber dan disajikan secara digital masih kurang, tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet, pemanfaatan laboratorium komputer dan literasi digital terhadap hasil belajar, metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, populasi dalam penelitian dengan jumlah 565 siswa dari 4 SMP Negeri di kabupaten Magetan, penentuan menggunakan perhitungan asumsi bahwa populasi lebih dari 100, sehingga dengan pengambilan sampel menggunakan 20 %, untuk itu sampel penelitian berjumlah 113 siswa. instrumen penelitian yaitu angket. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. uji prasyarat dengan uji normalitas, dan analisis regresi linier berganda. hasil perhitungan untuk melihat hasil penggunaan internet terhadap hasil belajar menunjukan 0,0240 kurang dari 05, laboratorium komputer terhadap hasil belajar nilai sig 0,018 kurang dari 0,05, sedangkan untuk literasi digital terhadap hasil belajar berdasarkan nilai sig menunjukkan 0,011 kurang dari 0,05, sehingga bisa disimpulkan ada pengaruh antar variable.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). Perkembangan Media Informasidan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 2, 400.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301

Ilyas, I. (2021). Pengelolaan Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMA Negeri 1 Banawa Tengah Kabupaten Donggala. IAIN Palu.

Indrasari, M., & Kartini, I. A. N. (2021). Karakteristik Sumber Daya Manusia Era Digital (Perspektif Kepemimpinan, Motivasi Dan Etos Kerja). Zifatama Jawara.

Kristiyanti, M., Kundori, K., & Hermawati, R. (2023). Membangun sumber daya manusia dan teknologi informasi sebagai dasar kejayaan maritim di Indonesia. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 23(2), 109–122.

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242–246.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182.

Murni, D. (2022). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa inggris di smkn 3 tanjungpinang. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 48–54.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43.

Sari, P. A. E., Inggritiya, S. E., Reza, M. D., Wijayanto, R., Mahardika, I. K., & Bektiarso, S. (2023). Peran Teknologi Dalam Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 437–442.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Suryanti, E. W., & Ikawati, A. (2020). Peningkatan Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah, 22(1), 22–29.

Yunisa, M. (2022). Problematika pembelajaran bahasa arab dalam aspek ilmu Nahwu dan Sharaf pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1), 63–79.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Puspitasari, V. D., Karwanto, K., Sumbawati, M. S., Hariyanti, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Internet, Pemanfaatan Laboratorium Komputer, dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Research, 5(3), 2687–2693. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1066

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>