Pengaruh Penggunaan Internet, Pemanfaatan Laboratorium Komputer, dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1066Abstract
Berdasarkan situasi di lapangan menunjukkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan berbagai jenis informasi yang berasal dari berbagai sumber dan disajikan secara digital masih kurang, tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet, pemanfaatan laboratorium komputer dan literasi digital terhadap hasil belajar, metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, populasi dalam penelitian dengan jumlah 565 siswa dari 4 SMP Negeri di kabupaten Magetan, penentuan menggunakan perhitungan asumsi bahwa populasi lebih dari 100, sehingga dengan pengambilan sampel menggunakan 20 %, untuk itu sampel penelitian berjumlah 113 siswa. instrumen penelitian yaitu angket. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. uji prasyarat dengan uji normalitas, dan analisis regresi linier berganda. hasil perhitungan untuk melihat hasil penggunaan internet terhadap hasil belajar menunjukan 0,0240 kurang dari 05, laboratorium komputer terhadap hasil belajar nilai sig 0,018 kurang dari 0,05, sedangkan untuk literasi digital terhadap hasil belajar berdasarkan nilai sig menunjukkan 0,011 kurang dari 0,05, sehingga bisa disimpulkan ada pengaruh antar variable.
Downloads
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). Perkembangan Media Informasidan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 2, 400.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Ilyas, I. (2021). Pengelolaan Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMA Negeri 1 Banawa Tengah Kabupaten Donggala. IAIN Palu.
Indrasari, M., & Kartini, I. A. N. (2021). Karakteristik Sumber Daya Manusia Era Digital (Perspektif Kepemimpinan, Motivasi Dan Etos Kerja). Zifatama Jawara.
Kristiyanti, M., Kundori, K., & Hermawati, R. (2023). Membangun sumber daya manusia dan teknologi informasi sebagai dasar kejayaan maritim di Indonesia. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 23(2), 109–122.
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242–246.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182.
Murni, D. (2022). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa inggris di smkn 3 tanjungpinang. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 48–54.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43.
Sari, P. A. E., Inggritiya, S. E., Reza, M. D., Wijayanto, R., Mahardika, I. K., & Bektiarso, S. (2023). Peran Teknologi Dalam Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 437–442.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Suryanti, E. W., & Ikawati, A. (2020). Peningkatan Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah, 22(1), 22–29.
Yunisa, M. (2022). Problematika pembelajaran bahasa arab dalam aspek ilmu Nahwu dan Sharaf pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1), 63–79.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Violyta Dyah Puspitasari, Karwanto Karwanto, Meini Sondang Sumbawati, Nunuk Hariyanti, Erny Roesminingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).