Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1065Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sekolah di delapan belas kecamatan di seluruh kabupaten Magetan yang dipilih dengan teknik purposive sampling menjadi sembilan kecamatan yang mewakili kabupaten Magetan, sebanyak dua ratus tujuh puluh tiga guru. Penentuan Sampel Kecamatan dengan Purposive Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan SPSS dua puluh delapan. Hasil penelitian menunjukkan nterdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru. Kemudian pada variabel iklim sekolah terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru. Pada variabel persepsi guru tentang kepemimpinan menunjukkan terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Downloads
References
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sekolah di 18 kecamatan di seluruh kabupaten Magetan yang dipilih dengan teknik purposive sampling menjadi 9 kecamatan yang mewakili kabupaten Magetan, sebanyak 273 guru. Penentuan Sampel Kecamatan dengan Purposive Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada variabel kompetensi adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru. Kemudian pada variabel iklim sekolah, nilai signifikansi 0.024 lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru. Pada variabel persepsi guru tentang kepemimpinan menunjukkan nilai signifikansi 0.043lebih kecil dari 0.05, yang artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Umi Wahyuni, Meini Sondang Sumbawati, Erny Roesminingsih, Amrozi Khamidi, Nunuk Hariyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).