Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Umi Yahyuni Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sekolah di delapan belas kecamatan di seluruh kabupaten Magetan yang dipilih dengan teknik purposive sampling menjadi sembilan kecamatan yang mewakili kabupaten Magetan, sebanyak dua ratus tujuh puluh tiga guru. Penentuan Sampel Kecamatan dengan Purposive Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan SPSS dua puluh delapan. Hasil penelitian menunjukkan nterdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru. Kemudian pada variabel iklim sekolah terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru. Pada variabel persepsi guru tentang kepemimpinan menunjukkan terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sekolah di 18 kecamatan di seluruh kabupaten Magetan yang dipilih dengan teknik purposive sampling menjadi 9 kecamatan yang mewakili kabupaten Magetan, sebanyak 273 guru. Penentuan Sampel Kecamatan dengan Purposive Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada variabel kompetensi adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru. Kemudian pada variabel iklim sekolah, nilai signifikansi 0.024 lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru. Pada variabel persepsi guru tentang kepemimpinan menunjukkan nilai signifikansi 0.043lebih kecil dari 0.05, yang artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Yahyuni, U., Sumbawati, M. S., Roesminingsih, E., Khamidi, A., & Hariyanti, N. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), 2546–2554. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1065

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>