Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1064Abstract
Sebagai bagian integral dari sistem pendidikan, pendidik profesional menjadi kebutuhan esensial di institusi pendidikan. Guru, memiliki peran kunci dalam proses pembelajaran, baik itu dalam konteks pendidikan formal maupun nonformal. Oleh karena itu, guru diharapkan terus meningkatkan kualitas kerjanya agar mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif untuk menjelaskan pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Magetan. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen berupa budaya sekolah dan motivasi kerja. Variabel dependennya adalah kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMP di Kabupaten Magetan sebanyak 39 SMP Negeri dengan jumlah guru seribu enam orang. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari Guru SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan dua jenis teknik pengambilan sampel, yaitu probability sampling dan non-probability sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang dilakukan ada pengaruh antara budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Downloads
References
Ahmad, R., & Syukur, Y. (2021). Faktor Mempengaruhi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor Memberikan Bimbingan Karier. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 10–15.
Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Fatchurrohman, M., & Aisyanti, R. (2022). Peranan Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Guru Dan Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Improvement, 2(2), 136–143.
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13–22.
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2021). Determinasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Henriyani, E. (2018). Pemimpin dan budaya organisasi di era perubahan. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(2), 61–71.
Istianda, M., & Anthony, S. (2022). Budaya Organisasi dalam Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. JIAPI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Pemerintahan Indonesia, 3(2), 136–147.
Juliani, R., Santoso, G., Hana, Y. H. F., Ramadani, R. F., & Kusumadiniati, S. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Performa Mengajar Yang Tinggi dalam Mengajar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 202–211.
Munawir, M., Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 627–634.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Qurtubi, A., Rukiyanto, B. A., Rusmayani, N. G. A. L., Hita, I. P. A. D., Nurzaima, N., & Ismaya, R. (2023). Pengembangan Metode Penilaian Kinerja Guru Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3051–3061.
Rahmiati, R., & Azis, F. (2023). Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6007–6018.
Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.
Syam, A. R. (2017). Urgensi budaya organisasi untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Volta, A. S., & Nahdiyah, A. C. F. (2023). Transformasi Pendidikan di Era 4.0: Intelektualitas Guru Tercipta Kualitas Sekolah Terjaga. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 143–151.
Wildan, M. A., Lailatus, S., & SE, M. M. (2021). Pentingnya Motivasi untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Zahroh, M. N. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suparti Suparti, Yatim Riyanto, Muhamad Sholeh, Nunuk Hariyati, Karwanto Karwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).