Pengaruh Digitalisasi dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1063Abstract
Berdasarkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil digitalisasi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, jenispenelitian kuantitatif yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang berupa angka, dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi yaitu keseluruhan subyek yang terdiri dari manusia, dengan populasi penelitian tiga ratus empat puluh dua siswa, sampel penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel seratus tujuh puluh satu siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, hasil penelitian Berdasarkan perhitungan dengan SPSS tentang digitalisasi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar katakan bahwa digitalisasi pembelajaran, dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Kesimpulan bahwa ada pengaruh itu dilihat dari nilai signifikan pada data penelitian.
Downloads
References
Aisyah, R., & Susi, Y. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6.
Akhmad Suyono. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(1), 1–10.
Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom Dengan Video Tutorial Pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 20. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.772
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284.
Hasanah, I., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Di Smk Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12(2), 277–282. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8572
Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 180. https://doi.org/10.25126/jtiik.201633193
Holzberger, D., Philipp, A., & Kunter, M. (2013). How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, 105(3), 774–786. https://doi.org/10.1037/a0032198
Lestari, P., Siregar, N., Sujaya, K., Mulyani, D. A., & Syarifudin, M. T. (2021). Self-Determination and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): How Novice Teachers in Mathematics Education Surviving and Thriving in Disruption Era. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012017
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 1–10. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346
Pai, J. C., & Tu, F. M. (2011). The acceptance and use of customer relationship management (CRM) systems: An empirical study of distribution service industry in Taiwan. Expert Systems with Applications, 38(1), 579–584. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2010.07.005
Patmasari, L., Hidayati, D., Ndari, W., & Sardi, C. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Siswa Di Smk Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.3729
Pratiwi, Widya, R. (2020). THE PRACTICE OF DIGITAL LEARNING (D-LEARNING) IN THE STUDY FROM HOME (SFH) POLICY: TEACHERS’ PERCEPTIONS. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(4), 1–42.
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Saggaf, M. S., Salam, R., & Rifka, R. (2013). The Effect of Classroom Environment on Student Learning. Honors Theses, July, 1–22.
Sandybayev, A. (2020). The Impact of E-Learning Technologies on Student’s Motivation: Student Centered Interaction in Business Education. International Journal of Research in Tourism and Hospitality, 6(2). https://doi.org/10.20431/2455-0043.0601002
Saragih, D. K. (2017). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Pgri 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 29. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p29-41
Shiona, A. E. Y., Perdana, M. I., Aji, D. D., Waskito, W., & Lestari, F. I. (2022). Pemaknaan digitalisasi media pembelajaran menurut guru dan siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(7), 677–686. https://doi.org/10.17977/um063v2i7p677-686
Winulang, A., & Subkhan. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 185–193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suparmi Suparmi, Alim Sumarno, Karwanto Karwanto; Amrozi Khamidi; Nunuk Haroyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).