Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Paguyuban Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1062Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi paguyuban kelas dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN satu Magetan. Berdasarkan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran krusial sebagai pemimpin dengan visi yang jelas terkait kurikulum merdeka. Kerja sama erat antara kepala sekolah dan paguyuban kelas tercermin dalam komunikasi terbuka dan koordinasi efektif dalam mengintegrasikan kebijakan pendidikan. Implementasi kurikulum merdeka menghasilkan pengembangan inovasi dan program pendukung yang relevan serta menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif dan berorientasi pada hasil. Kesimpulannya, kepala sekolah yang efektif mampu memotivasi komunitas sekolah, mengarahkan strategi pendidikan yang sesuai, dan memperkuat keterlibatan orang tua. Dengan kepemimpinan yang efektif dan kerja sama yang erat, sekolah dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik dalam konteks implementasi kurikulum merdeka.
Downloads
References
Andriani, T. (2019). Peran kepala sekolah perempuan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar muhammadiyah 01 pekanbaru. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 15–28.
Berlian, R. K., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk negara demokratis dan mewujudkan hak asasi manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 486–498.
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 197–207.
Kinanti, D. A., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 9(2), 256–264.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Oktarina, M., & Rahmi, A. (2019). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru. Serambi Tarbawi, 7(1).
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301.
Suharmaji, S. (2018). Peranan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Di Sekolah Menengah Pertama Wahidiyah Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 4(1), 52–76.
Sulistyorini, S. (2011). Peranserta Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 18(2), 179–187.
Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi orangtua untuk meningkatkan kualitas sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13.
Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Supardi Supardi, Nunuk Hariyati, Diana Rahmasari, Amrozi Khamidi, Yatim Riyanto, Ainur Rifqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).