Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Paguyuban Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Supardi Supardi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1062

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi paguyuban kelas dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN satu Magetan. Berdasarkan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran krusial sebagai pemimpin dengan visi yang jelas terkait kurikulum merdeka. Kerja sama erat antara kepala sekolah dan paguyuban kelas tercermin dalam komunikasi terbuka dan koordinasi efektif dalam mengintegrasikan kebijakan pendidikan. Implementasi kurikulum merdeka menghasilkan pengembangan inovasi dan program pendukung yang relevan serta menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif dan berorientasi pada hasil. Kesimpulannya, kepala sekolah yang efektif mampu memotivasi komunitas sekolah, mengarahkan strategi pendidikan yang sesuai, dan memperkuat keterlibatan orang tua. Dengan kepemimpinan yang efektif dan kerja sama yang erat, sekolah dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik dalam konteks implementasi kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2019). Peran kepala sekolah perempuan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar muhammadiyah 01 pekanbaru. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 15–28.

Berlian, R. K., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk negara demokratis dan mewujudkan hak asasi manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 486–498.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 197–207.

Kinanti, D. A., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 9(2), 256–264.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Oktarina, M., & Rahmi, A. (2019). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru. Serambi Tarbawi, 7(1).

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301.

Suharmaji, S. (2018). Peranan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Di Sekolah Menengah Pertama Wahidiyah Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 4(1), 52–76.

Sulistyorini, S. (2011). Peranserta Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 18(2), 179–187.

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi orangtua untuk meningkatkan kualitas sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13.

Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Supardi, S., Hariyati, N., Rahmasari, D., Khamidi, A., Riyanto, Y., & Rifqi, A. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Paguyuban Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 3380–3384. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1062

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>