Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Jenjang SD di Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1060Abstract
Berdasarkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan motivasi terhadap kinerja guru Metode penelitian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri di kecamatan Sukomoro kabupaten Magetan, dengan jumlah seratus tiga puluh lima guru. Pengambilan sampel dengan teknik Probability Sampling, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru . Komunikasi berpengaruh terhadap kinerja guru dan motivasi juga berpengaruh terhdap kinerja guru. Kesimpulan Untuk penilaiaan secara menyeluruh menunjukan nilai dari perhitungan secara menyeluruh tersebut berpengaruh terhadap kinerja guru. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja guru melalui gaya kepemimpinan, komunikasi dan motivasi.
Downloads
References
Adnan, I. M., & Hamim, S. (2013). Organisasi Dan Manajemen Edisi Revisi.
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.
Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1975
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Unpab. YUME : Journal of Management, 4(1), 4(2), 119–132.
Cahyono, A. (2012). Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(5), 283–298.
hasibuan Irwitadia. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Peluang, 6(2), 156. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.1029
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, & Suhono. (2017). Desain Pembelajaran Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi Asean Instit Ut Agama Islam Ma ’ Arif Nu ( Iaim Nu ) Metro Lampung. Iqra’ : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403–432.
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving creativity room to students through the friendly school’s program. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 1–7.
Maryati, E., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 127–139. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i2.38
Rahawarin C, Arikunto S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.
Rahayu, B., Idris, F., & Herawati, T. (2019). Effect of Principal’s Transformational Leadership Style on Teacher Performance. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 392–395. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1614
Rorimpandey, L. (2013). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Transaksional, Situasional, Pelayanan Dan Autentik Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Di Kecamatan Bunaken Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2233–2244.
Ruslan, Lian B, F. H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(1), 27. https://doi.org/10.31958/jaf.v10i1.6007
Sukmawati, J. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (The Influence of Headmaster Leaders hip Style on Teacher Performance). Jurnal Office, 5(1), 91.
Werang, B. R. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Moral Kerja Guru, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sdn Di Kota Merauke. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1869
Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013
ZAMEER, H., Alireza, S., NISAR, W., & AMIR, M. (2014). The Impact of the Motivation on the Employeeâs Performance in Beverage Industry of Pakistan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 4(1), 293–298. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v4-i1/630
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siti Aminah, Mochammad Nursalim, Erny Roesminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).