Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Jenjang SD di Kabupaten Magetan

Authors

  • Siti Aminah Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1060

Abstract

Berdasarkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan motivasi terhadap kinerja guru Metode penelitian  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri di kecamatan Sukomoro kabupaten Magetan, dengan jumlah 135 guru. Pengambilan sampel dengan teknik Probability Sampling, Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa  kepemimpinan berpengaruh  terhadap kinerja guru dengan nilai sig  (sig) 0,00 < 0,05. Komunikasi berpengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai sig 0,002 < 0,05 dan  motivasi juga berpengaruh terhdap kinerja guru dengan nilai sig 0,003 < 0,05. Kesimpulan Untuk penilaiaan secara menyeluruh menunjukan nilai rata-rata untuk sig < 0,05 sehingga dari perhitungan secara menyeluruh tersebut berpengaruh terhadap kinerja guru. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja guru melalui gaya kepemimpinan, komunikasi dan motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, I. M., & Hamim, S. (2013). Organisasi Dan Manajemen Edisi Revisi.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1975

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Unpab. YUME : Journal of Management, 4(1), 4(2), 119–132.

Cahyono, A. (2012). Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(5), 283–298.

hasibuan Irwitadia. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Peluang, 6(2), 156. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.1029

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, & Suhono. (2017). Desain Pembelajaran Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi Asean Instit Ut Agama Islam Ma ’ Arif Nu ( Iaim Nu ) Metro Lampung. Iqra’ : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403–432.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving creativity room to students through the friendly school’s program. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 1–7.

Maryati, E., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 127–139. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i2.38

Rahawarin C, Arikunto S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Rahayu, B., Idris, F., & Herawati, T. (2019). Effect of Principal’s Transformational Leadership Style on Teacher Performance. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 392–395. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1614

Rorimpandey, L. (2013). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Transaksional, Situasional, Pelayanan Dan Autentik Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Di Kecamatan Bunaken Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2233–2244.

Ruslan, Lian B, F. H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(1), 27. https://doi.org/10.31958/jaf.v10i1.6007

Sukmawati, J. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (The Influence of Headmaster Leaders hip Style on Teacher Performance). Jurnal Office, 5(1), 91.

Werang, B. R. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Moral Kerja Guru, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sdn Di Kota Merauke. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1869

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

ZAMEER, H., Alireza, S., NISAR, W., & AMIR, M. (2014). The Impact of the Motivation on the Employeeâs Performance in Beverage Industry of Pakistan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 4(1), 293–298. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v4-i1/630

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Aminah, S., Nursalim, M., Roesminingsih, E., Hariyati, N., & Khamidi, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Jenjang SD di Kabupaten Magetan. Journal of Education Research, 5(2), 1869–1871. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1060

Issue

Section

Articles