Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1058Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri satu Maospati dan SMP Negeri satu Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen proyek P lima di kedua sekolah telah dilaksanakan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan manajemen proyek P lima antara lain: komitmen kepala sekolah dan guru, kerjasama tim, dukungan sumber daya, dan partisipasi aktif peserta didik. Faktor-faktor yang menghambat manajemen proyek P lima antara lain: kurangnya pemahaman tentang P lima, beban kerja guru yang berat, dan keterbatasan sumber daya. Implikasi penelitian ini adalah perlunya sosialisasi dan pelatihan tentang P5 bagi kepala sekolah dan guru, serta penyediaan sumber daya yang memadai untuk mendukung pelaksanaan proyek P lima.
Downloads
References
Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14 (1), 269-288. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260
Dasmana, A., Wasliman, I., & Yoseptry, R. (2022). Implementation of integrated quality management strengthening character education in realizing Pancasila student profiles. International Journal of Graduate of Islamic Education, 3 (2), 361-377. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/IJGIE/article/view/1342/1063
Desi Eri Kusumaningrum, Djum Djum Noor Benty, dan Imam Gunawan. Manajemen Peserta Didik: Suatu Pengantar. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019. Hal. 4
Dewi Sadiah, Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), h. 93
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (04), 553-559. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309
J. Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya mewujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621
Kurniastuti, R. N., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022, August). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 287-293). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2352
Lisnawati, L., Wahyudin, W., & Caturiasari, J. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 1(3), 48-78. file:///C:/Users/User/Downloads/VOLUME+1,+NO.+3,+AGUSTUS+2023+HAL+48-78-1.pdf
Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 13–33. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2522/2369
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A study on interactive–based learning media to strengthen the profile of Pancasila student in elementary school. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283-291. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/5591/3692
Kadir, H. A. (2023). Application of the Pancasila Student Profile. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(3), 349-354.
Marsidin, S. (2022). Strengthening Pancasila student profiles in independent learning curriculum in elementary school. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6).
Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Nudin, B. (2022). Manajemen Peserta Didik.
Oktarosada, D. (2017). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X: Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo (UIN Raden Intan Lampung).
Putri, Nikmah. S. E., Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 194-201. https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/5557/3493
Rifa'i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).
Satria, R., Adiprima, P., & Wulan, K. S. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: GTK Kemendikbud.
Sibarani, W. S., Sibarani, L. A., Harahap, Y. A. A., Tanjung, A., & Akmalia, R. (2023). Kegiatan Manajemen Peserta Didik di Sekolah. Journal on Education, 5(3), 5849-5861.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/2075
Susanti, A., Darmansyah, A., Tyas, D. N., Hidayat, R., Syahputri, D. O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6 (2), 113-122. https://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/15474/pdf file:///C:/Users/User/Downloads/15474-54387-1-PB.pdf
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., Herutami, I. (2021). Penduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Triwiyanto. Teguh (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, h.25.
Wibiyanto, F. S., & Muhibbin, A. (2021). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah (Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Citrawan, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527-536.
Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Capnary, M. C. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 232-248.
Zakso, A., Agung, I., Sofyatiningrum, E., & Capnary, M. C. (2022). Factors affecting character education in the development of the profile of Pancasila students: The case of Indonesia. Journal of Positive SchoolPsychology, 6(2),2254-2273. https://www.journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/1804/1021
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rinda Twin Utami Putri, Andi Kristanto , Karwanto Karwanto, Erny Roesminingsih, Nunuk Hariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).