Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter

Authors

  • Rinda Twin Utami Putri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri satu Maospati dan SMP Negeri satu Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen proyek P lima di kedua sekolah telah dilaksanakan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan manajemen proyek P lima antara lain: komitmen kepala sekolah dan guru, kerjasama tim, dukungan sumber daya, dan partisipasi aktif peserta didik. Faktor-faktor yang menghambat manajemen proyek P lima antara lain: kurangnya pemahaman tentang P lima, beban kerja guru yang berat, dan keterbatasan sumber daya. Implikasi penelitian ini adalah perlunya sosialisasi dan pelatihan tentang P5 bagi kepala sekolah dan guru, serta penyediaan sumber daya yang memadai untuk mendukung pelaksanaan proyek P lima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14 (1), 269-288. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260

Dasmana, A., Wasliman, I., & Yoseptry, R. (2022). Implementation of integrated quality management strengthening character education in realizing Pancasila student profiles. International Journal of Graduate of Islamic Education, 3 (2), 361-377. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/IJGIE/article/view/1342/1063

Desi Eri Kusumaningrum, Djum Djum Noor Benty, dan Imam Gunawan. Manajemen Peserta Didik: Suatu Pengantar. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019. Hal. 4

Dewi Sadiah, Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), h. 93

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (04), 553-559. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309

J. Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya mewujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621

Kurniastuti, R. N., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022, August). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 287-293). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2352

Lisnawati, L., Wahyudin, W., & Caturiasari, J. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 1(3), 48-78. file:///C:/Users/User/Downloads/VOLUME+1,+NO.+3,+AGUSTUS+2023+HAL+48-78-1.pdf

Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 13–33. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2522/2369

Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A study on interactive–based learning media to strengthen the profile of Pancasila student in elementary school. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283-291. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/5591/3692

Kadir, H. A. (2023). Application of the Pancasila Student Profile. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(3), 349-354.

Marsidin, S. (2022). Strengthening Pancasila student profiles in independent learning curriculum in elementary school. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6).

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Nudin, B. (2022). Manajemen Peserta Didik.

Oktarosada, D. (2017). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X: Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo (UIN Raden Intan Lampung).

Putri, Nikmah. S. E., Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 194-201. https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/5557/3493

Rifa'i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

Satria, R., Adiprima, P., & Wulan, K. S. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: GTK Kemendikbud.

Sibarani, W. S., Sibarani, L. A., Harahap, Y. A. A., Tanjung, A., & Akmalia, R. (2023). Kegiatan Manajemen Peserta Didik di Sekolah. Journal on Education, 5(3), 5849-5861.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/2075

Susanti, A., Darmansyah, A., Tyas, D. N., Hidayat, R., Syahputri, D. O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6 (2), 113-122. https://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/15474/pdf file:///C:/Users/User/Downloads/15474-54387-1-PB.pdf

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., Herutami, I. (2021). Penduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Triwiyanto. Teguh (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, h.25.

Wibiyanto, F. S., & Muhibbin, A. (2021). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah (Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Citrawan, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527-536.

Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Capnary, M. C. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 232-248.

Zakso, A., Agung, I., Sofyatiningrum, E., & Capnary, M. C. (2022). Factors affecting character education in the development of the profile of Pancasila students: The case of Indonesia. Journal of Positive SchoolPsychology, 6(2),2254-2273. https://www.journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/1804/1021

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Putri, R. T. U., Kristanto , A., Karwanto, K., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter . Journal of Education Research, 5(3), 2523–2529. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1058

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>