Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1056Abstract
Pendidikan di Indonesia yang terus berkembang, ditandai dengan perubahan kurikulum yang terus menerus dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID sembilan belas. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, khususnya dengan fokus pada proyek penguatan profil siswa Pancasila di dua sekolah terpilih di Kabupaten Magetan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi dengan desain penelitian multi lokasi. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, yang dilakukan pada bulan Maret hingga Mei dua ribu dua puluh empat. Hasil penelitian mengungkapkan perencanaan yang komprehensif, pengorganisasian yang efektif, keberhasilan pelaksanaan, dan evaluasi proyek secara menyeluruh. Khususnya, proyek ini telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan pengembangan karakter. Kesimpulan yang diambil dari studi ini menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang cermat, organisasi yang kuat, strategi implementasi yang inovatif, dan evaluasi berkala dalam mencapai tujuan inisiatif pendidikan karakter dalam kerangka Merdeka Belajar.
Downloads
References
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006.
Baharuddin, B., & Hatta, H. (2024). Transformasi Manajemen Pendidikan: Integrasi Teknologi Dan Inovasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7355–7544.
Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65–76.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
Hapsari, Y. R. (2023). Manajemen Satuan Pendidikan: Konsep Dasar Dan Ruang Lingkup. Jurnal Ilmiah Promis, 4(1), 62–72.
Hernawan, A. H., & Mulyati, T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1290–1299.
Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen inovasi kurikulum: Karakteristik dan prosedur pengembangan beberapa inovasi kurikulum. MUNTAZAM, 2(01).
Lasmi, A., Bayhaqi, H., & Suhairi, S. (2022). Membangun Kerjasama Tim yang Efekti dalam Organisasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 35–45.
Nurrohmah, U., Prasiwi, S. E., Divta, Q. R., Kova, T. B., & Setyawan, R. (2023). Analisis kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa ( Studi Pada Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta ). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 114–129.
Purnawanto, A. T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 16(2), 103–115.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Santoso, G., Adam, A. S., & Alwajih, A. A. (2023). Kontribusi dan Internalisasi: Keterampilan Sosial Melalui Bergotong Royong dan Collaboration di SD Kelas VI. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 541–553.
Seknun, M. Y. (2014). Telaah kritis terhadap perencanaan dalam proses pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 80–91.
Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), 11327–11333.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Suranto, D. I., Annur, S., & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66.
Syam, A. R. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 33–46.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rahmad Wahyudi, Nunuk Hariyati, Neni Mariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).