Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1054Abstract
Guru adalah bagian penting dari sumber daya manusia yang harus bekerja sama dengan komponen lain untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervise akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PNS SMP Negeri Kabupaten Magetan sejumlah tiga puluh sembilan SMP Negeri dengan jumlah total guru delapan ratus enam puluh enam orang. Sampel dalam penelitian ini dua ratus tujuh puluh lima orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner mengenai supervisi akademik, kuesioner motivasi kerja dan kuesioner kinerja. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik secara signifikan mempengaruhi kinerja guru, motivasi kerja guru secara signifikan mempengaruhi kinerja guru dan supervisi akademik dan motivasi kerja guru secara signifikan mempengaruhi kinerja guru PNS di SMP Negeri kabupaten Magetan.
Downloads
References
Aisyah, S., & Isma, A. A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 3 Sinjai. Jurnal Ilmiah Administrasita’, 13(2), 73–82.
Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119.
Alanny, K. M., & Fuad, N. (2024). Peran Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 611–618.
Choiriyah, N., & Hariyadi, A. (2024). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Motivasi Guru. Scientia, 3(2).
Darmadi, H., & MM, M. M. (2018). Membangun paradigma baru kinerja guru. Guepedia.
Firdianti, A., & Pd, M. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.
Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2).
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204–222.
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi kepala sekolah: peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431.
Muhsin, M., Sudadi, S., Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2023). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu. Journal of Education Research, 4(4), 2393–2398.
Ramadina, R., Siregar, N. S., Tantri, A., Daulay, N. A., Ubaydillah, M., & Maulana, M. R. (2023). Peran Supervisi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan Mengajar. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–16.
Sarifudin, S. (2019). Implementasi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah negeri (min) kota bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 49–70.
Tenriningsih, A. (2011). Supervisi Pengajaran, Motivasi Kerja, Kinerja Guru, dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(17), 425–428.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nunik Dwi Astuti, Bambang Sigit Widodo, Nunuk Hariyati, Amrozi Khamidi, Dewie Tri Wijayanti, Mohammad Syaidul Haq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).