Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1051Abstract
Pendidikan yang ideal salah satunya ditentukan oleh lingkungan belajar yang merupakan bagian dari proses belajar yang menciptakan tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasi atau hubungan antar variabel penelitian. Jenis penelitian menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari sampel suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan yang diwakili empat SMP Negeri. Jumlah populasi pada penelitian sebanyak dua ribu tiga ratus lima puluh siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah tiga ratus empat puluh dua siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang digunakan untuk variabel pengaruh lingkungan dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa terdapat hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Dan pastinya terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Alawiyah, S., Ghozali, S., & Suwarsito, S. (2019). Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 134–138. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1369
Asvio, N., & Batusangkar, I. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar In 2016. In Noble International Journal of Social Sciences Research ISSN (Vol. 2, Issue 2).
Aulia, V., & Haq, A. (2019). Effect of Learning Motivation and Learning Environment Against Student Learning Achievement. Early Chilhood Research Journal) ISSN Numbers: Print, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj
Bahrudi. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1).
Cahyana, Y. (2021). Pembekalan Penggunaan Software dan Pemahaman Teknologi Untuk Perangkat Desa Di Desa Pasirukem. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 72–75. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i2.11211
Govin. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal EcoGen.
Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
Heryyanti, D. A., Tanzeh, A., & Masrokan, P. (2021). Pengaruh Gaya, Minat, Kebiasaan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era New Normal. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3935–3945. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1331
Lailatul. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(1).
Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035
Ridho, M. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video Smk Muh. Kutowinangun Kebumen. http://finance.detik.com/read/
Sarnoto, A. Z., Romli, S., Dasar, S., Ainul, I., & Tangerang, Y. K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan (Vol. 1, Issue 1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Takdir, T., Sudiyono, S., & Putra, D. F. (2023). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 10(1), 88–100. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19452
Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Elisabet Dewi Sulistyowati, Nunuk Hariyati, . Amrozi Khamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).