Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Elisabet Dewi Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1051

Abstract

Pendidikan yang ideal salah satunya ditentukan oleh lingkungan belajar yang merupakan bagian dari proses belajar yang menciptakan tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasi atau hubungan antar variabel penelitian. Jenis penelitian menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari sampel suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan yang diwakili empat SMP Negeri. Jumlah populasi pada penelitian sebanyak dua ribu tiga ratus lima puluh siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah tiga ratus empat puluh dua siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang digunakan untuk variabel pengaruh lingkungan dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa terdapat hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Dan pastinya terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, S., Ghozali, S., & Suwarsito, S. (2019). Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 134–138. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1369

Asvio, N., & Batusangkar, I. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar In 2016. In Noble International Journal of Social Sciences Research ISSN (Vol. 2, Issue 2).

Aulia, V., & Haq, A. (2019). Effect of Learning Motivation and Learning Environment Against Student Learning Achievement. Early Chilhood Research Journal) ISSN Numbers: Print, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj

Bahrudi. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1).

Cahyana, Y. (2021). Pembekalan Penggunaan Software dan Pemahaman Teknologi Untuk Perangkat Desa Di Desa Pasirukem. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 72–75. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i2.11211

Govin. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal EcoGen.

Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Heryyanti, D. A., Tanzeh, A., & Masrokan, P. (2021). Pengaruh Gaya, Minat, Kebiasaan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era New Normal. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3935–3945. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1331

Lailatul. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(1).

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035

Ridho, M. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video Smk Muh. Kutowinangun Kebumen. http://finance.detik.com/read/

Sarnoto, A. Z., Romli, S., Dasar, S., Ainul, I., & Tangerang, Y. K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan (Vol. 1, Issue 1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Takdir, T., Sudiyono, S., & Putra, D. F. (2023). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 10(1), 88–100. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19452

Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Sulistyowati, E. D., Hariyati, N., & Khamidi, A. (2024). Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar . Journal of Education Research, 5(3), 2506–2514. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1051

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>