Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Guru

Authors

  • Asmini Santi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1050

Abstract

Berdasarkan tujuan penelitian untuk melihat pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kualitas pembelajaran, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan untuk menguji teori objektif dengan menguji pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di SMP Negeri di Kabupaten Magetan dengan jumlah delapan ratus enam puluh enam guru. Untuk penentuan sampel menggunakan proportional random sampling, dengan penentuan sampel dua ratus tujuh puluh tiga guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes, yakni berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data dengan uji deskriptif statistic, uji prasyarat, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada supervisi kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran  menunjukan ada pengaruh antar variabel. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja  guru terhadap kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Rahmanto, S. H. (2022). MANAGEMEN, SUPERVISI, & KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH:(Dilengkapi Contoh Makalah Pendidikan Terkait dengan Manajemen Sekolah). Cahya Ghani Recovery.

Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223–236.

Dini, A. (2019). Supervisi Kepala Madrasah (upaya meningkatkan kinerja guru madrasah) (Vol. 1). Rinda Fauzian.

Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–1328.

Habibah, A. H., Julia, A. P., Lativah, H., Solih, M., Zulna, R. F., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Mts Al-Munawwarah Binjai Utara. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 219–231.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi akademik dan bagaimana kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112.

Kuncoro, R. A., & Roesminingsih, E. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya.

Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi kepala sekolah: peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431.

Mulyono, R. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Pada Supervisi Pendidikan Sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 122–136.

Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2).

Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(6).

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123

Ruhimat, A. (2023). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Mengajar Guru. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 142–156.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Santi, A., Roesminingsih, E., Khamidi, A., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Guru . Journal of Education Research, 5(3), 3306–3310. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1050

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>