Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1050Abstract
Berdasarkan tujuan penelitian untuk melihat pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kualitas pembelajaran, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan untuk menguji teori objektif dengan menguji pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di SMP Negeri di Kabupaten Magetan dengan jumlah delapan ratus enam puluh enam guru. Untuk penentuan sampel menggunakan proportional random sampling, dengan penentuan sampel dua ratus tujuh puluh tiga guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes, yakni berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data dengan uji deskriptif statistic, uji prasyarat, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada supervisi kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran menunjukan ada pengaruh antar variabel. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Agung Rahmanto, S. H. (2022). MANAGEMEN, SUPERVISI, & KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH:(Dilengkapi Contoh Makalah Pendidikan Terkait dengan Manajemen Sekolah). Cahya Ghani Recovery.
Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223–236.
Dini, A. (2019). Supervisi Kepala Madrasah (upaya meningkatkan kinerja guru madrasah) (Vol. 1). Rinda Fauzian.
Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–1328.
Habibah, A. H., Julia, A. P., Lativah, H., Solih, M., Zulna, R. F., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Mts Al-Munawwarah Binjai Utara. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 219–231.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi akademik dan bagaimana kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112.
Kuncoro, R. A., & Roesminingsih, E. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya.
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi kepala sekolah: peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431.
Mulyono, R. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Pada Supervisi Pendidikan Sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 122–136.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2).
Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(6).
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123
Ruhimat, A. (2023). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Mengajar Guru. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 142–156.
Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Asmini Santi, Erny Roesminingsih, Amrozi Khamidi, Nunuk Hariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).