Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Anisa Rahmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1049

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru Sub Rayon satu Magetan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru di sub rayon dengan jumlah seratus delapan belas orang. Penentuan teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan menetapkan pertimbangan atau kriteria tertentu oleh sampel yang digunakan. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi. Hasil Penelitian menunjukkkan bahawa ada pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru. Dengan demikian, diharapkan memperhatikan kompetensi pedagogik dan motivasi masing-masing guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.12

Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadis Dan Psikologi Perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01

Burnalis. (2019). The Effect Of Pedagogic Competence and Work Motivation To The Teacher Performance of SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 9.

Byrd-Blake, M., Afolayan, M. O., Hunt, J. W., Fabunmi, M., Pryor, B. W., & Leander, R. (2010). Morale of teachers in high poverty schools: A Post-NCLB mixed methods analysis. Education and Urban Society, 42(4), 450–472. https://doi.org/10.1177/0013124510362340

Fitriani, C, AR, M, U. N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan PEMBELAJARAN DI MTS MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. 88–95.

Govindarajan, K. (2012). Teachers morale. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences, 1(2), 57–61.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Disiplin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020

Murwati, H. (2012). Pengaruh Sertifikasi profesi Guru, terhadap kerja dan kinerja guru di SMK Negeri SE - Surakarta.

Nabila, N., & Adzima, K. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3011–3020.

Nurhafizah, N., Sripatmi, S., Subarinah, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.2

Rivai Ahmad. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Selvi, K. (2010). Teachers ’ Competencies. VII(1), 167–176.

Suciu, Andreia, I, M. L. (2015). Pedagogical Competences – The Key to Efficient Education. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411–423.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Syakwanah. (2022). Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smp Negeri 1 Simpang Empat (Issue 8.5.2017).

Webb,O, D. (2017). The Relationship Between Principal Leadership And Teacher Morale In The Elementary Schools In A Northwest Georgia School District. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Widiastuti, K. W. S., Haris, I. A., & Suharsono, N. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Triatma Jaya Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1), 1–12.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Rahmawati, A., Mustaji, M., Setyowati, S., Hariyati, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi terhadap Kinerja Guru . Journal of Education Research, 5(3), 2500–2505. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1049

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>