Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1049Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru Sub Rayon satu Magetan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru di sub rayon dengan jumlah seratus delapan belas orang. Penentuan teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan menetapkan pertimbangan atau kriteria tertentu oleh sampel yang digunakan. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi. Hasil Penelitian menunjukkkan bahawa ada pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru. Dengan demikian, diharapkan memperhatikan kompetensi pedagogik dan motivasi masing-masing guru.
Downloads
References
Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.12
Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadis Dan Psikologi Perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01
Burnalis. (2019). The Effect Of Pedagogic Competence and Work Motivation To The Teacher Performance of SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 9.
Byrd-Blake, M., Afolayan, M. O., Hunt, J. W., Fabunmi, M., Pryor, B. W., & Leander, R. (2010). Morale of teachers in high poverty schools: A Post-NCLB mixed methods analysis. Education and Urban Society, 42(4), 450–472. https://doi.org/10.1177/0013124510362340
Fitriani, C, AR, M, U. N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan PEMBELAJARAN DI MTS MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. 88–95.
Govindarajan, K. (2012). Teachers morale. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences, 1(2), 57–61.
Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Disiplin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020
Murwati, H. (2012). Pengaruh Sertifikasi profesi Guru, terhadap kerja dan kinerja guru di SMK Negeri SE - Surakarta.
Nabila, N., & Adzima, K. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3011–3020.
Nurhafizah, N., Sripatmi, S., Subarinah, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.2
Rivai Ahmad. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22.
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Selvi, K. (2010). Teachers ’ Competencies. VII(1), 167–176.
Suciu, Andreia, I, M. L. (2015). Pedagogical Competences – The Key to Efficient Education. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411–423.
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017
Syakwanah. (2022). Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smp Negeri 1 Simpang Empat (Issue 8.5.2017).
Webb,O, D. (2017). The Relationship Between Principal Leadership And Teacher Morale In The Elementary Schools In A Northwest Georgia School District. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Widiastuti, K. W. S., Haris, I. A., & Suharsono, N. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Triatma Jaya Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anisa Rahmawati, Mustaji, Sri Setyowati, Nunuk Hariyati, Erny Roesminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).