Manajemen Sumber Daya Manusia pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1048Keywords:
Implementasi, manajemen sumber daya manusia, lembaga pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini membandingkan implementasi manajemen sumber daya manusia antara dua lembaga pendidikan anak usia dini di Magetan, yaitu TKIT Al Uswah Magetan dan TKN Unggulan Magetan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi multi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TKIT Al Uswah Magetan menonjol dengan prosedur rekrutmen dan seleksi yang ketat, program pelatihan yang berkelanjutan, kompensasi yang kompetitif, serta sistem evaluasi kinerja yang formal. Sementara itu, TKN Unggulan Magetan menghadapi keterbatasan dalam anggaran dan akses ke sumber daya pendidikan, yang mempengaruhi pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan. Kurangnya kompensasi yang memadai dan evaluasi kinerja yang kurang formal menjadi tantangan dalam mempertahankan kualitas SDM di TKN Unggulan Magetan. Kesimpulannya, peningkatan profesionalisme manajemen SDM, alokasi anggaran yang memadai, dan pelaksanaan program pelatihan yang berkelanjutan diperlukan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD.
Downloads
References
Alhempi, R. R. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Ketidakamanan Pekerjaan (Job Insecurity) Terhadap Intensi Turnover Tenaga Pengajar Di Sekolah Abc Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 26(2), 1-28.
Armadan, A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Mutu. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 129-139.
Bahri, S. (2019). Pendidikan madrasah berbasis 4.0 dalam bingkai manajemen mutu. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 115-154.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85.
Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369.
Gilbert, C. (2024). Strategi Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Peran Sumber Daya Manusia. JME Jurnal Management Education, 2(1), 31-41.
Gunawan, A. (2023). Strategi Rekrutmen dan Seleksi yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja. Global: Jurnal Lentera BITEP, 1(02), 60-65.
Lestari, S. P., & Soedarsono, D. K. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Smk Yasbu Al-Qomariah Di Tasikmalaya. eProceedings of Management, 1(3).
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Rosda Karya.
NAEYC. (2023). Global Search. https://www.naeyc.org/search/preschool institution
Nurjaman, K., Mustajam, A., Syaifuddin, S., Lubis, Y., Abadi, Y., & Rino, F. (2020). Meningkatkan Kinerja Perusahaan Dengan Menerapkan Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Dalam Menyongsong Persaingan Global. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 73-82.
Persada, N. M., Pramono, S. E., & Murwatiningsih, M. (2017). Pelibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak di SD Sains Islam Al Farabi Sumber Cirebon. Educational Management, 6(2), 100-108.
Prawira, I. (2020). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 28-40.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 18(3), 614-629.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agung Ariwibowo, Muhamad Sholeh, Andi Kristanto, Erny Roesminingsih, Nunuk Hariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).